Sukses

Didampingi Prabowo, Jokowi Sambut Kunjungan PM Singapura di Istana Bogor

Jokowi mengajak Prabowo menuju ke beranda Istana untuk melakukan pembicaraan atau veranda talk dengan PM Singapura Lee Hsien Loong. Sementara Lee mengajak Wakil PM Singapura Lawrence Wong yang akan menggantikannya sebagai PM Singapura pada Mei 2024 nanti.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (29/4/2024). Pertemuan keduanya dilakukan dalam rangka Leader's Retreat Indonesia-Singapura.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, PM Lee tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Dia datang didampingi Wakil Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong.

Jokowi langsung menyambut PM Lee yang turun dari mobilnya, di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Keduanya pun saling menjabat tangan.

Selanjutnya, Jokowi dan PM Lee saling memperkenalkan delegasi masing-masing dari kedua negara. Jokowi tampak didampingi Capres terpilih periode 2024-2029 sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.

Selain Prabowo, ada juga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung,Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selanjutnya, Jokowi mengajak PM Singapura masuk ke dalam Istana Kepresidenan Bogor untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Keduanya lalu menuju beranda Istana untuk melakukan pembicaraan atau veranda talk.

Tak hanya berdua, Jokowi juga mengajak Prabowo. Sedangkan, PM Lee mengajak Wakil PM Lawrance Wong yang akan menggantikan dirinya pada Mei 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo dan Wakil PM Singapura Berbincang Berdua

Mereka tampak duduk di satu meja yang sama dan saling berbincang akrab. Prabowo dan Wakil PM Singapura juga sempat berbincang berdua.

Jokowi dan PM Lee akan melalukan pertemuan tatap muka dan bilateral. Setelah itu, kedua pemimpin negara akan menyampaikan keterangan pers bersama.

Sebagai informasi, kunjungan PM Lee ke Indonesia merupakan satu dari kunjungan yang paling terakhir sebelum PM Lee menyerahkan pemerintahan kepada perdana menteri yang baru.

 

3 dari 3 halaman

Peringati 10 Tahun Hubungan RI-Singapura

Untuk diketahui, PM Lee akan mengundurkan diri dari jabatannya pada 15 Mei 2024 mendatang dan menyerahkan jabatannya kepada wakilnya, Lawrence Wong.

"Ini menunjukkan pentingnya hubungan bilateral antara Singapura dengan Indonesia," ungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 26 April 2024.

Dalam pertemuan Leader’s Retreat tersebut, nantinya Indonesia dan Singapura akan merayakan 10 tahun kerja sama kedua negara sekaligus meningkatkan kerja sama yang ada.

Selain itu, Indonesia dan Singapura juga akan membahas sejumlah isu penting, mulai dari ketahanan pangan, transisi energi, hingga pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini