Sukses

PDIP dan Ketua DPR Puan Maharani Absen saat KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Jadi Presiden-Wapres Terpilih

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melangsungkan rapat pleno penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan wakil terpilih 2024-2029.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melangsungkan rapat pleno penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan wakil terpilih 2024-2029. Rapat tersebut dilakukan hari ini, Rabu, (24/4/2024) di ruang sidang utama Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat.

Pantauan di lokasi, dalam rapat yang disiarkan langsung secara live di kanal youtube tersebut tampak para peserta Pemilu 2024 baik calon presiden dan wakil presiden dan para ketua umum partai. 

Tampak hadir di lokasi, calon presiden-wakil presiden nomor urut 1, Anies Bawedan dan Muhaimin Iskandar dan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Namun pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md absen sebab sedang tidak ada di Jakarta.

Terkait partai politik peserta Pemilu, hampir seluruhnya hadir diwakili oleh ketua umum atau sekjen partai. Terlihat Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai PAN Zulkifli Hasan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mewakili Prabowo Subianto, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Waketum PKB mewakili Zalilul Fawaid mewakili Ketua Umum PKB. 

Kemudian hadir juga perwakilan Partai Ummat, Partai Garuda dan Partai Prima dan Partai Gelora, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nasional (PKN).

Sedangkan yang tidak hadir, perwakilan dari Partai NasDem, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Perindo, Partai Hanura.

Selain itu dari perwakilan undangan yang tidak hadir seperti Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dari unsur menteri, mewakili pemerintah hadir di lokasi Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, KPU: Raih 58,59 Persen Suara Nasional

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari membacakan surat penetapan presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024. Berdasarkan hasil surat keputusan KPU RI, pasangan nomor urut 2 di Pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan secara sah sebagai presiden dan wakil presiden terpilih untuk masa kepemimpinan 2024-2029.

"KPU Republik Indonesia menetapan pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029," kata Hasyim di Ruang Rapat Pleno Gedung KPU RI di Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

Hasyim kemudian merinci, perolehan suara kemenangan Prabowo-Gibran secara nasional yaitu 96.214.691 atau setara dengan 58,59 persen. Memenuhi sedikitnya 20 persen suara dari 38 provinsi di Indonesia.

Dengan pengesahan dan penetapan tersebut, Prabowo-Gibran dinyatakan sah sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029.

"Selanjutnya akan dilakukan penandatangan berita acara oleh KPU RI," tandas Hasyim.

Sebagai informasi, kandidat pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024 lainnya seperti Anies-Muhaimin diketahui mengantongi 40.971.906 suara nasional atau 24,95 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 suara nasional atau 16,47 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.