Sukses

Jalan Arteri Palimanan Mulai Dipadati Oleh Pemudik

Sejumlah jalur arteri dilaporkan sudah mulai pada oleh pemudik pada Jumat (5/4/2024). Salah satunya di jalur arteri Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah jalur arteri dilaporkan sudah mulai pada oleh pemudik pada Jumat (5/4/2024). Salah satunya di jalur arteri Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

"Arteri sudah mulai padat tadi kami pantau di Palimanan," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan.

Selain itu, ada juga di jalur arteri Karawang yang mulai dipenuhi oleh pemudik yang didominasi dengan kendaraan roda dua.

"Kemudian di Karawang ini masih lancar cuma sudah mulai padat. Terutama untuk sepeda motor," ucap Aan.

Sementara itu untuk jalan arteri seperti  kawasan Gentong, Limbanan, Malangbong, kata Aan masih terbilang lancar dari pemudik.

Aan melanjutkan, sejumlah ruas jalan di kawasan pelabuhan juga dikatakannya mulai padat. Sehingga pembatasan terhadap kendaraan angkutan berat sudah mulai diberlakukan.

"Tadi malam memang ada mungkin truk tiga sumbu ini kan mulai hari ini sudah dibatasi ada volume yang meningkat sehingga harus antre menunggu kapal berangkat. Tapi sekarang masih normal masih longgar," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polri Prediksi Arus Mudik Lebaran 6 sampai 8 April 2024

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus mudik lebaran 2024 bakal terjadi pada Sabtu (6/4/2024) besok.

Hal itu sebagaimana yang terjadi pada hari ini mulai terjadi pergerakan masyarakat untuk bepergian ke luar kota.

"Hari ini prediksi ada peningkatan. Tanggal 6 dan 8 April prediksi puncak arus," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan kepada wartawan, Jumat (5/4/2024).

Berdasarkan hasil trafic counting di KM 57 Jakarta-Cikampek selama tiga jam terakhir sejak pukul 12.00 WIB, menunjukkan lalu lintas tol masih terpantau lancar. Dimana parameter angka masih di angka 3 ribu.

Sementara untuk dapat diberlakukan rekayasa lalu lintas seperti one way dan Contraflow serta ganjil-genap parameter harus berada di angka 5 ribu.

3 dari 3 halaman

Masih Normal

Pemantauan lainnya, kata Aan juga dilakukan di ruas tol Rorotan, Cawang, Jati Asih. Hasilnya juga menunjukkan masih normal.

"Jadi mengingat hasil trafic counting kemudian hasil pantauan CCTV, laporan dari anggota di lapangan untuk pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini termasuk penerapan gage ini kita masih nunggu perkembangan lalu lintas," ucap Aan.

Alhasil untuk rencana pemberlakuan rekayasa lalu lintas hari ini, masih belum diberlakukan oleh Polri. Namun untuk pembatasan terhadap angkutan berat sudah diberlakukan hari ini.

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini