Sukses

Penuhi Undangan Xi Jinping, Prabowo Sampaikan Salam dari Jokowi

Dalam pertemuan itu Xi Jinping juga sempat memberikan ucapan selamat kepada Prabowo sebagai presiden terpilih yang unggul di Pilpres 2024 dan menitipkan salamnya untuk Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memenuhi undangan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping, di the Great Hall of the People in Beijing, Senin (1/4/2024).

“Suatu kehormatan mendapat undangan dan diterima langsung oleh Presiden Xi Jinping di Beijing, RRT,” kata Prabowo dalam keterangannya, Selasa (2/4/2024).

Dalam pertemuan itu Xi juga sempat memberikan ucapan selamat kepada Prabowo sebagai presiden terpilih yang unggul di Pilpres 2024 dan menitipkan salamnya untuk Presiden Joko Widodo.

Prabowo pun menyampaikan terima kasih atas sambutan dan undangan untuknya dan salam hangat dari Jokowi.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi atas sambutan yang hangat kepada saya dan delegasi. Izinkan saya juga meneruskan salam hangat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” ujar Prabowo dalam pertemuan itu.

Dalam pertemuan ini, Prabowo juga berharap dapat terus mengimplementasikan secara progresif terkait rencana aksi penguatan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan Tiongkok.

Sementara Xi menyatakan komitmen Tiongkok untuk meningkatkan kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk pertahanan, ekonomi, dan keamanan.

Tiongkok juga menyatakan kesiapannya untuk memperdalam kerja sama maritim dengan Indonesia, sebagai langkah untuk memperkuat hubungan kedua negara di bidang kelautan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temui Presiden Xi Jinping Sore Ini, Prabowo Bahas Peningkatan Hubungan Indonesia-China

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba di Beijing, China dalam lawatannya menemui Presiden China XI Jinping, Minggu 31 April 204.

Setibanya di bandara, Menhan Prabowo langsung disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mr. Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Mr. Lu Kang dan Athan RI di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak.

Menhan Prabowo juga menerima satu buket bunga dari gadis kecil China sebagai simbol ucapan selamat datang.

“Thank you very much,” sapa Menhan Prabowo kepada anak tersebut.

“What is your name? How old are you?” sambung Menhan Prabowo.

Selanjutnya, Menhan Prabowo menuju hotel The Peninsula Beijing dan disambut ramah oleh Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun, Kabaranahan Kemhan, Kabainstrahan Kemhan, Dirjen Strahan Kemhan, dan Dirjen Renhan Kemhan.

Direncanakan sore ini, Senin (1/4) waktu setempat, Menhan Prabowo akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China.

Adapun pada Selasa, 2 April 2024, Prabowo akan bertemu Perdana Menteri China dan Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun.

Berdasarkan siaran pers resmi dari Kementerian Pertahanan, Prabowo memang sudah sampai China sejak Minggu (31/3). Kedatangannya disambut oleh beberapa pejabat seperti Wakil Menteri Luar Negeri Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Lu Kang dan Athan RI di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta menjelaskan kunjungan Menhan ke China untuk mempererat hubungan kerja sama Indonesia dan China utamanya di bidang pertahanan.

3 dari 3 halaman

Ucapan Selamat Untuk Prabowo

"Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog dan kerja sama strategis yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional,” kata Edwin Adrian Sumantha. Dalam pertemuan tersebut Prabowo akan membahas soal kerjasama antara Indonesia dan China di bidang pertahanan dan keamanan negara.

Sebelumnya, Xin Jinping sempat memberikan selamat kepada Prabowo lantaran telah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI berdasarkan hasil hitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ucapan itu disampaikan melalui surat resmi yang diantar langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, saat menemui Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Kamis (21/3).

"Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu, dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Jumat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Xi Jinping adalah politikus sekaligus sekretaris umum China.
    Xi Jinping adalah politikus sekaligus sekretaris umum China.

    Xi Jinping

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi