Sukses

Pangdam Jaya Pastikan Kebakaran Gudang Peluru TNI Sudah Padam

Pangdam Jaya, Mayjen Mohamad Hasanuddin memastikan, kebakaran di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, sudah padam.

Liputan6.com, Jakarta - Pangdam Jaya, Mayjen Mohamad Hasanuddin memastikan, kebakaran di Gudang Peluru atau Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, sudah padam.

"Pada jam 03.45 WIB tadi dapat kita pastikan titik api sudah bisa dipadamkan," kata Hasanuddin di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024).

Menurut dia, petugas sudah melakukan langkah-langkah untuk memadamkan api akibat ledakan yang menimbulkan kebakaran gudang nomor enam Gudmurah, Kodam Jaya, yang berisi munisi kedaluwarsa.

Hasanuddin mengatakan, saat ini petugas sedang dalam proses pendinginan untuk mengantisipasi adanya perambatan api, agar bisa dipastikan semua aman.

"Tadi kami sudah melakukan langkah-langkah penanganan pemadaman titik api dari gudang nomor enam," tuturnya. Dilansir dari Antara.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI, Satriadi Gunawan mengatakan pihaknya menurunkan dua robot khusus untuk memadamkan api di lokasi ledakan Gudmurah Kodam Jaya.

"Malam ini kita mengerahkan hampir sejuta 16 unit dengan dua unit robotik ditambah unit-unit mobil pompa," kata Satriadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sisir Lokasi Kebakaran

Satriadi menjelaskan, dua unit robotik itu nantinya akan menyisir lokasi gudang yang terdampak kebakaran.

Sedangkan unit mobil pompa yang lain akan memadamkan api di sekitar wilayah yang terdampak.

Satriadi melanjutkan, dua unit robotik yang dikendalikan oleh petugas dari jarak 200 meter itu bertugas untuk mendeteksi titik api yang ada di lokasi.

"Robot itu membaca lokasi itu masih ada titik apinya atau tidak? titik panasnya masih ada enggak? Kalau enggak ada berarti kita lihat keterangan, berarti sudah aman," kata Satriadi.

3 dari 3 halaman

Tak Ada Korban Jiwa

Sebelumnya, Mayjen Mohamad Hasanuddin memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden kebakaran di Gudang Munisi Daerah Paldamjaya Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor pada Sabtu (30/3/2024).

Hal itu diungkap Hasanuddin usai meninjau langsung ke lokasi. Dia mengatakan, bersama jajaran telah mengecek seluruh lokasi hingga satu kilometer ke depan ke arah pemukiman.

"Tidak ada korban jiwa. Itu kami tegaskan tidak ada korban jiwa," ujar dia.

Advertisement Hasanuddin mengatakan, walaupun saat ini kami tidak bisa masuk langsung ke lokasi karena masih ada kerawanan ledakan ledakan kecil. "Tapi dapat kami pastikan sistem di gudang Kodam Jaya ini sudah sangat aman," ujar dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.