Sukses

JLNT Casablanca Bakal Ditutup Setiap Tengah Malam Mulai 1 April 2024

Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca yang menghubungkan Kampung Melayu dan Tanah Abang akan ditutup saat malam hari. Uji coba penutupan ini akan dilakukan selama 15 hari mulai 1-15 April 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca yang menghubungkan Kampung Melayu dan Tanah Abang akan ditutup saat malam hari. Uji coba penutupan ini akan dilakukan selama 15 hari mulai 1-15 April 2024.

Ternyata penutupan jalan tersebut, merupakan hasil evaluasi antara Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya guna menekan angka pelanggaran lalu lintas.

“Jadi untuk Casablanca ini kan kita melakukan beberapa evaluasi dari kemarin saya melakukan kegiatan evaluasi itu,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman kepada awak media, Jumat (29/3/2024).

Menurutnya, JLNT Casablanca setelah pukul 21.00 WIB arus yang dari arah barat ke timur maupun timur ke barat itu sudah landai. Maka, pengendara seharusnya bisa melalui jalur bawah yang telah lancar tidak ada kepadatan.

“Sehingga pada malam hari ini tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab khususnya untuk yang melakukan balapan liar,” ujarnya.

“Melihat hal itu kemarin saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan lebih baik mulai jam 10 malam sudah kita lakukan penutupan. Untuk jalur yang kita gunakan adalah jalur bawah saja,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembali Dibuka Pukul 04.00 WIB

Setelah itu, Latif mengatakan JLNT Casablanca akan dibuka kembali pada pukul 04.00 WIB pagi untuk dapat dilalui para pengendara, khusus pekerja yang akan berangkat ke kantor.

“Jadi dari jam 10 sampa jam 4 karena kalau kita biarkan kemarin kita gunakan tutup dengan water barrier pun dibuka, malah banyak cairan apa, lebih baik kita tutup kita kunci. Jadi polisi setiap jam 10 ya kita kunci sementara demi keamanan,” ujarnya.

Sementara alasan dikunci, kata Latif, menjadi solusi setelah water barrier malah digeser dan memanfaatkan penjagaan petugas pun yang tidak efektif.

“Makanya sudah kita kunci, ada yang jaga juga. Udah kunci sudah kepegang, daripada kita jaga tiap hari gitu tidak efektif, kalau dikunci sekalian kan segi asas kemanfaatan,” tuturnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Imbau Warga Patuhi Aturan

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal menutup sementara Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca yang menghubungkan Kampung Melayu dan Tanah Abang pada 1-15 April 2024. Dishub mengimbau agar warga Jakarta mematuhi aturan yang baru.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan peraturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tulis Dishub melalui akun X @dishubjakarta.

Untuk JLNT Casablanca, Dishub akan melakukan penutupan pada pukul 00.00-04.00 WIB di sisi barat (Citywalk) dan sisi timur (Mall Kota Casablanca).

Sehingga rute alternatif bagi kendaraan dari arah barat maupun arah timur dapat melintasi jalur bawah yaitu Jalan Prof. Dr. Satrio.

Dishub menuturkan bahwa pengendara yang melaju dari arah timur (Casablanca) ke arah timur atau utara (Sudirman) dapat mengambil putaran Timur-Timur di depan Apartemen Cassadomaine.

Namun, bagi pengendara dari arah barat (Tanah Abang) yang menuju ke arah barat (Penjernihan) dapat menggunakan putaran Barat-Barat di depan Intiland dan bagi yang menuju ke arah selatan (Senayan) bisa memanfaatkan putaran Barat-Barat di depan Wihara Amurva Bhumi

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.