Sukses

Menko PMK Muhadjir Effendy Sebut Prediksi Lebaran Idulfitri Jatuh pada 10 April 2024

Menko PMK Muhadjir Effendy mengumumkan prediksi tanggal Idulfitri 2024 jatuh pada 10 April mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan atau Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut, pemerintah telah memprediksi Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah akan jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Menurut Muhadjir, prediksi tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta pada hari ini, Senin (25/3/2024).

"Idulfitri hampir bisa dipastikan jatuh tanggal 10 April 2024. Nanti kalau ada pertanyaan silakan ditanyakan kepada Pak Wakil Menteri Agama," ujar Muhadjir, Senin (25/3/2024).

Dia menjelaskan, prediksi Idulfitri itu memiliki dampak signifikan terhadap persiapan yang harus dilakukan pemerintah dalam mengawal arus mudik dan balik selama perayaan Lebaran.

"Arus mudik diperkirakan akan terjadi pada 5-8 April 2024, sementara arus balik diperkirakan terjadi pada 13 sampai 16 April 2024," terang Muhadjir.

Untuk memastikan kepastian tanggal Idulfitri, pemerintah akan menggelar sidang isbat pada 9 April 2024. Hal itu disampaikan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki.

Dia menjelaskan bahwa meskipun prediksi menunjukkan Idulfitri jatuh pada 10 April, sidang isbat tetap penting dilakukan untuk memastikan kesepakatan bersama dari seluruh umat Muslim di Indonesia.

"Dengan kondisi seperti itu, insyaallah di hari raya Idulfitri akan dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh umat muslim di Indonesia. Tapi kita konfirmasi kembali dengan sidang isbat pada 9 April di Jakarta," kata Wamenag Saiful.

Rapat koordinasi lintas sektoral ini dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan dihadiri oleh petinggi dari kementerian dan lembaga terkait.

Hadir pula Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, serta pejabat utama BNPB, BMKG, dan kementerian/lembaga terkait lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahas Persiapan Mudik Lebaran 2024

Dalam rapat tersebut, pemerintah membahas persiapan yang harus dilakukan untuk mengawal 193 juta orang yang diperkirakan akan melaksanakan mudik.

Persiapan tersebut meliputi peningkatan pengawasan di terminal dan stasiun, peningkatan pelayanan transportasi, serta penyebaran informasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan yang harus diikuti selama perjalanan.

Dalam menghadapi arus mudik dan balik yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal-tanggal tersebut, pemerintah juga akan meningkatkan koordinasi antara berbagai pihak terkait.

Hal ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan atau kecelakaan lalu lintas.

Prediksi tanggal Idulfitri 2024 yang disampaikan oleh Menko PMK ini memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai waktu yang tersisa untuk melakukan persiapan mudik.

Dengan mengetahui tanggal yang pasti, masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik dan mempersiapkan segala sesuatunya agar mudik dan balik dapat berjalan lancar dan aman.

Meskipun prediksi ini masih memerlukan sidang isbat untuk memastikan kepastiannya, pemerintah telah berkomitmen untuk melakukan segala persiapan yang diperlukan guna memastikan kenyamanan dan keamanan selama perayaan Idul Fitri.

3 dari 3 halaman

Kapolri Pimpin Rakor Lintas Sektoral, Persiapan Operasi Ketupat 2024

Sebelumnya, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri langsung rapat koordinasi lintas sekrtoral di Gedung Bidakara Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024). Pantauan di lokasi, Sigit tiba sekira pukul 09.00 WIB.

Sesaat Sigit hadir, rapat langsung bersiap dimulai. Rapat berjalan internal, awak media diminta menunggu di luar ruangan dan hanya dibolehkan meliput saat sesi doorstop atau konfrensi pers.

Sebagai informasi, rapat turut dihadiri sejumlah menteri seperti Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Diketahui, Pihak kepolisian sedang bersiap mengamankan arus mudik lebaran dalam Operasi Ketupat 2024 yang akan digelar pada 4-16 April mendatang.

Diperkirakan sekitar 76.192 personel polisi dan beberapa instansi terkait akan diterjunkan dalam operasi tersebut.

"Jumlah personel yang terlibat mencapai 145.161 orang, terdiri dari 76.192 personel polisi dan 68.969 personel instansi terkait," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Rabu 20 Maret 2024.

Trunoyudo memperkirakan sekitar 71,7 persen atau sekitar 193,6 juta orang akan melakukan perjalanan mudik lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.