Sukses

Infografis Heboh Ledakan Suara PSI di Real Count KPU

Kenaikan drastis suara PSI dalam real count Pemilu 2024 yang dirilis KPU menuai sorotan sejumlah pihak. Sebab, hasil sejumlah quick count beberapa lembaga survei sebelumnya memperlihatkan suara PSI hanya kisaran 2 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Ada lonjakan signifikan suara Partai Solidaritas Indonesia atau PSI di real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam beberapa hari terakhir. Bagaimana tidak? Ledakan suara PSI mendekati ambang batas parlemen 4 persen.

Kenaikan drastis suara partai politik atau parpol berlambang mawar dalam real count Pemilu 2024 yang dirilis KPU itu pun menuai sorotan sejumlah pihak. Sebab, hasil sejumlah quick count atau hitung cepat beberapa lembaga survei sebelumnya memperlihatkan suara PSI hanya kisaran 2 persen.

Berdasarkan data real count KPU per Jumat 1 Maret 2024, dari total suara yang masuk sebesar 65,62 persen, suara PSI mencapai angka 3 persen. Suara partai yang diketuai Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, mengalami tren kenaikan sejak pekan lalu. Padahal, Kamis 22 Februari 2024, suara PSI masih berada di 2,55 persen.

Lonjakan berlanjut pada Minggu 3 Maret 2024 sekitar pukul 09.00 WIB. Data real count KPU menunjukkan suara PSI di angka 3,13 persen dengan data masuk 65,80 persen.

Kendati demikian, PSI meminta semua pihak agar tidak menyampaikan pernyataan tendensius. Terutama menyikapi rekapitulasi suara KPU yang hingga kini masih berlangsung.

"Penambahan termasuk pengurangan suara selama proses rekapitulasi adalah hal wajar. Yang tidak wajar adalah apabila ada pihak-pihak yang mencoba menggiring opini dengan mempertanyakan hal tersebut," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Sabtu 2 Maret 2024.

Menurut Grace Natalie, saat ini masih lebih dari 70 juta suara Pemilu 2024 belum dihitung. Ia pun mengeklaim sebagian besar suara tersebut berada di basis-basis pendukung Jokowi.

Bagaimana perbandingan suara Pemilu 2024 PSI dengan 17 parpol lainnya di real count KPU? Bagaimana pula ragam tanggapan perihal heboh ledakan suara PSI? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Suara Pemilu 2024 PSI dan 17 Parpol di Real Count KPU

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Heboh Ledakan Suara PSI di Real Count KPU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini