Sukses

Hadir di Peletakan Batu Pertama Museum BNPT, Sahroni DPR Harap 2024 Bebas Aksi Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Teroris bersama dengan Komisi III DPR RI, yang diwakili Ahmad Sahoni melakukan peletakan batu pertama sebagai simbol mulai dibangunnya Museum BNPT, hari ini, Rabu (23/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Teroris bersama dengan Komisi III DPR RI melakukan peletakan batu pertama sebagai simbol mulai dibangunnya Museum BNPT, hari ini, Rabu (23/2/2024).

Nantinya, museum yang terletak di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat ini bertujuan untuk menceritakan perjalanan dan sejarah terorisme di Indonesia.

Kepala BNPT Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengatakan, museum ini nantinya akan terbuka untuk umum. Fasilitasnya pun akan lengkap, seperti wall interaktif, mini studio, conference hall, dan sebagainya.

Sementara, Ahmad Sahroni menegaskan dukungannya pada kinerja penanggulangan teroris yang dilakukan oleh BNPT di bawah pimpinan Komjen Rycko.

Sahroni menyebut, Museum BNPT bisa menjadi wadah pembelajaran sekaligus cara pemaparan terkait kinerja hebat BNPT selama ini.

"Tentu sebagai mitra kerja BNPT, Komisi III menyambut baik inisiasi ini. Bagus dong, bisa jadi wadah pembelajaran bagi masyarakat luas. Masyarakat juga jadi bisa lebih mengenal dan tahu kinerja BNPT serta memahami betapa bahayanya radikalisme dan terorisme ini. Terlebih lagi, Indonesia punya rekam sejarah yang panjang dengan aksi pemberantasan terorisme. Jadi akan sangat edukatif kalau bisa di-recap semuanya di dalam museum ini. Terutama untuk anak muda, biar mereka tahu sejarah bangsanya," kata dia dalam keterangannya, Jumat (23/2/2024).

Lebih lanjut, Sahroni juga menyampaikan rasa terima kasihnya pada BNPT karena telah menjaga kondisifitas dan keamanan di masyarakat khususnya di tahun Pemilu.

"Apresiasi juga kami sampaikan pada BNPT karena sudah menjaga bangsa kita dari serangan teroris. Kan takutnya terutama pas Pemilu itu ada bom di sana, bom di sini, tapi Alhamdulillah kita aman. Malah BNPT di tahun 2023 berhasil membuat status zero terrorist atack. Ini hebat sekali,"kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BNPT Gandeng KPTIK Hadirkan Warung NKRI Digital

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK) melakukan inovasi dengan menghadirkan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (warung NKRI) Digital (Demi Indonesia, Gerakan Informasi & Teknologi yang Aman dan Lancar) yang melibatkan sebanyak 36 pengelola Warung NKRI secara online.

Kepala BNPT RI, Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahiel menyampaikan Warung NKRI Digital merupakan warung tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari yang dikombinasikan dengan perangkat digital dalam rangka meningkatkan penyebaran informasi, fasilitasi, edukasi dan komunikasi serta koordinasi.

"Warung NKRI Digital merupakan Warung Tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari dikombinasikan dengan warung digital. Melalui Warung Digital sinergi dapat terjadi dan meningkat kualitas warung itu sendiri," ujarnya ketika meresmikan Warung NKRI Digital pertama di Pawon N'Deso Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024).

3 dari 3 halaman

Jadi Mitra

Di hadapan 12 Mitra Deradikalisasi yang hadir, Mantan Kalemdiklat Polri ini juga menuturkan BNPT sebagai leading sector penanggulangan terorisme mengajak mitra deradikalisasi untuk memanfaatkan fasilitas ini agar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

"Setelah bebas (dari lembaga pemasyarakatan), negara hadir dalam meningkatkan kualitas kehidupan mitra derad ini terutama kualitas kesejahteraan mereka salah satunya melalui warung NKRI Digital," katanya.

Selain mendukung program deradikalisasi berbasis kesejahteraan, Warung NKRI Digital akan menjadi wadah penyebaran narasi dan wawasan kebangsaan dalam rangka meningkatkan, merajut dan mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa.

"Yang paling penting tujuan dari Warung NKRI Digital ini dapat merajut persatuan dan kesatuan, persaudaraan, pertemanan dan cinta tanah air antar sesama anak bangsa," harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini