Sukses

Fisip UI Kembali Gelar Dies Natalis ke-56

Dekan FISIP UI, Profesor Dr. Semiarto Aji Purwanto mengatakan, perayaan ke-56 Dies Natalis ke-56 menjadi momen peneguhan dan apresiasi segala kiprah para civitas akademika FISIP UI.

Liputan6.com, Jakarta - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) kembali menggelar ke-56 Dies Natalis. Fakultas terbaik 2023 versi EduRank, mengangkat tema 56 Tahun Perjalanan FISIP UI untuk Negeri.

Dekan FISIP UI, Profesor Dr. Semiarto Aji Purwanto mengatakan, perayaan ke-56 Dies Natalis ke-56 menjadi momen peneguhan dan apresiasi segala kiprah para civitas akademika FISIP UI. Tidak hanya itu, momen tersebut dibarengi dengan usulan dan harapan FISIP UI kepada pemerintahan baru. 

Sebagai salah satu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terbaik di negeri ini, pihaknya bangga dan bersyukur FISIP UI telah menorehkan prestasi terbaik.

“FISIP UI turut berkontribusi melalui pemikiran, kepemimpinan, kerja, karya dan pengabdian kepada masyarakat luas melalui berbagai bidang,” ujar Semiarto Aji Purwanto, Selasa (20/2/2024).

Untuk memeriahkan Dies Natalis, FISIP UI telah melaksanakan sejumlah kegiatan sejak 29 Januari hingga 23 Februari mendatang. Kegiatan tersebut meliputi seminar riset unggulan, seminar kebijakan, orasi ilmiah, panggung gembira, dan pertandingan olahraga.

“Pada seminar riset unggulan, para peneliti dan dosen FISIP UI memaparkan berbagai riset unggulan mutakhir yang dilaksanakan berbagai departemen dan lembaga di FISIP UI,” ucap Semiarto Aji Purwanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Topik Seminar

Adapun topik yang disajikan pada seminar yakni kolaborasi komunitas dalam menangani penyebaran informasi palsu pasca pandemi Covid-19. Ada pula tentang memahami keterlibatan kaum muda dalam isu iklim dan lingkungan hidup di Indonesia oleh Wenny Wandasari.

“Untuk seminar Kebijakan dilangsungkan selama dua hari pada 21 dan 22 Februari 2024 di Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP UI,” terang Semiarto Aji Purwanto.

Seminar Kebijakan akan dibuka Dekan FISIP UI, Profesor Dr. Semiarto Aji Purwanto dengan opening remarks bertema Indonesia’s Narrowing Path to Prosperity: Tough Political & Economic Choices for Hard Times. Pada sesi 1 hari pertama, akan dibahas mengenai “Memerangi Kejahatan Dunia Maya di Ruang Digital” dengan para pembicara yaitu Brigjen Pol. Dr. Himawan Bayu Aji (Direktur Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri), Muhammad Arif (Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), Reni Kartikawati, M.Krim (Dosen Kriminologi FISIP UI), dan M. Zulkifli Salim, Ph.D (Deputi Direktur Digitalisasi Pusat Keuangan dan Transformasi Perbankan OJK).

Selanjutnya pada sesi kedua akan membahas mengenai Cyber Security: Ancaman Global Tahun 2024 dan Perlindungan Terhadap Kelompok Rentan, dengan para pembicara Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian (Kepala BSSN), Jamalul Izza (Ketua The Great Indonesia Internet Foundation), Prof. Adrianus Meliala (Guru Besar Kriminologi dari FISIP UI), dan Elysabeth Damayanti (OVP Cyber Security, PT Telkom Indonesia, Tbk).

 

3 dari 3 halaman

Orasi Ilmiah

FISIP UI akan menyelenggarakan orasi ilmiah ke-56 Dies Natalis FISIP UI pada jumat mendatang. Orasi Ilmiah akan dipaparkan oleh Prof. Dr. Donna Asteria yang merupakan guru besar ilmu komunikasi dari FISIP UI, dan Dr. Geger Riyanto dosen antropologi FISIP UI.

Rangkaian acara Dies Natalis FISIP UI akan ditutup dengan panggung gembira pada 23 Februari mendatang, akan diisi dengan pentas kesenian yang ditampilkan dari tiap departemen dan unit kerja di lingkungan FISIP UI. 

Sebelumnya FISIP UI telah menyelenggarakan pertandingan olah raga yang merupakan tradisi tahunan yang melibatkan warga FISIP UI. Tahun ini, cabang olahraga yang dipertandingkan yakni bola voli dan tenis meja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.