Sukses

HEADLINE: Prabowo-Gibran Pidato Kemenangan Pilpres 2024 dari Hasil Quick Count, Respons Anies dan Ganjar?

Berkemeja kotak-kotak dengan warna biru langit yang khas, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menemui mendukungnya di Istora Senayan, Jakarta pada Rabu 14 Februari malam.

Liputan6.com, Jakarta - Berkemeja kotak-kotak dengan warna biru langit yang khas, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menemui mendukungnya di Istora Senayan, Jakarta pada Rabu 14 Februari malam. Di sana, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 itu merayakan kemenangan Pemilu 2024 berdasarkan hasil Quick Count atau hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Tak hanya bersuka cita, Prabowo dan Gibran masing-masing juga menyampaikan pidato kemenangannya. Dalam pidatonya, Prabowo mengklaim paslon nomor urut 2 menang satu putaran dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berdasarkan hasil Quick Count sejumlah lembaga survei.

"Saudara sekalian, atas nama tim Prabowo-Gibran dan Indonesia maju kita bersyukur atas hasil hitung cepat yang sudah ada. Semua penghitungan semua lembaga survei termasuk lembaga lembaga yang berada di pihak pihak paslon lain, menunjukkan angka-angka yang memang paslon Prabowo-Gibran menang 1 putaran," ungkap Prabowo.

Sedangkan Gibran, dalam pidatonya mengaku ingin bertemu dengan pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 lainnya yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. "Saya juga secara pribadi ingin segera sowan ke paslon nomor 1, paslon nomor 3."

Pernyataan Gibran ini disambut meriah pendukung dan relawan yang menghadiri deklarasi kemenangan. "Karena sekali lagi bapak ibu kita semua bersaudara, kita semua bersaudara," ucap putra sulung Presiden Jokowi ini.

Salah satu lembaga survei yang melakukan Quick Count Pemilu 2024, CSIS x Cyrus Network mencatat perolehan suara Prabowo-Gibran sebesar 58.22%, diikuti pasangan Anies-Muhaimin yang mendulang 24.97%, dan pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan 16.81%. Hasil Quick Count ini berdasarkan suara masuk 99.90% yang datanya diperbarui pada Kamis (15/2/2024) pukul 20.35 WIB.

Sementara, hasil Real Count yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) lewat aplikasi Sirekap, pada Kamis (15/2/2024) pukul 20.30 WIB, suara masuk sudah terekaputalasi sebanyak 366.797 TPS dari 823.236 TPS atau 44.56%. Hasilnya sebagai berikut:

  1. Anies-Muhaimin: 25.43%
  2. Prabowo-Gibran: 56.72%
  3. Ganjar-Mahfud: 17.85%

Menurut Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khoirunnisa Agustyati, hasil hitung cepat, exit poll, dan juga yang di aplikasi Sirekap itu bukan hasil resmi KPU. Hasil resminya adalah yg dihitung secara manual dan berjenjang yang maksimal dalam waktu 35 hari.

"Walaupun ketiganya bisa memberikan gambaran hasil pemilu tapi itu belum hasil resmi. Hasil resminya tetap menunggu dari KPU. Informasi ini perlu diketahui oleh publik," katanya kepada Liputan6.com.

Setelah nanti KPU mengumumkan hasil resminya, jelas dia, akan ada waktu selama 3x24 jam bagi paslon yang ingin mengajukan sengketa hasil ke Mahkamah Konstitusi (MK). Di sana setiap pihak yang bersengketa bisa memaparkan temuan kecurangan yang terjadi.

"Namun jika di proses rekapitulasi ini sudah menemukan kecurangan pun juga bisa dilaporkan ke Bawaslu. Untuk itu publik perlu tetap mengawal jalannya proses rekap penghitungan suara ini, ikut serta foto dan download C1 di web KPU supaya kita juga bisa kontrol jalannya proses ini dan tetap menunggu hasil resmi yang diumumkan oleh KPU," ungkap Khoirunnisa.

Komandan Fanta Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Arif Rosyid Hasan mengatakan, sejak Pemilu 2014 dan 2019 ikut kontestasi pilpres sebagai Wakil Direktur Milenial Jokowi-Ma'ruf, hasil Quick Count tidak banyak berubah dari Real Count KPU.

"Tapi tetap kita harus sabar menghargai proses di KPU sebagai penyelenggara." ucapnya kepada Liputan6.com.

Jubir TKN Prabowo-Gibran, Cheryl Tanzil menambahkan, secara teori Quick Count sudah sangat tipis margin of error-nya dan sangat mendekati hasil Real Count. "Tapi kami tetap menghormati sampai selesai hasil Real Count KPU. Kami juga mengapresiasi ucapan selamat dari berbagai pemimpin dunia untuk pasangan Prabowo-Gibran," katanya saat dihubungi Liputan6.com.

Hingga Kamis (15/2/2024) malam, Prabowo mengklaim telah mendapat ucapan selamat dari 5 pemimpin negara, yakni:

  1. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese
  2. Wakil Perdana Menteri Australia, Richard Marles
  3. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong
  4. Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim
  5. Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe.

Terkait pidato kemenangan, Cheryl menilai apa yang disampaikan Prabowo adalah pesan kesatuan dan perdamaian untuk bangsa Indonesia. "Pesan itu penting mengingat dalam pemilu di berbagai belahan dunia sering terjadi konflik antar-paslon usai pemilu."

Sedangkan Arif Rosyid menganggap, Prabowo sejak awal memiliki komitmen keberpihakannya kepada orang muda yakni dengan memilih Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya. Karena itu, dukungan anak-muda kepada Prabowo-Gibran, tak hanya melihat figur orang muda Gibran, melainkan keberpihakan dan kecintaan Prabowo terhadap agenda regenerasi.

"Tanpa jalan yang dibuka oleh seorang presiden dan pemimpin negeri di segala lini, saya kira mustahil anak muda di Indonesia ini bisa punya kesempatan. Saya optimistis banyak orang muda akan memperoleh kesempatan untuk mewujudkan Indonesia Maju di kepemimpinan Prabowo-Gibran," ujar Arif.

Menurutnya, di tangan Prabowo Subianto, lima tahun mendatang akan banyak anak-anak muda yang memperoleh kesempatan untuk mendorong atau mengakselerasi kemajuan menggapai Indonesia maju dan Indonesia Emas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanggapan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

Sekjen TPN Ganjar-Mahfud Hasto Kristiyanto menilai Prabowo-Gibran terlalu terburu-buru menyampaikan pidato kemenangan berdasarkan hasil Quick Count. "Yang melakukan pidato kemenangan, tidak memahami suatu tahapan-tahapan pemilu, karena menang-tidaknya ditentukan proses rekapitulasi KPU yang dari bawah, bukan dari hasil quick count."

Sedangkan Ganjar Pranowo menyatakan, pihaknya tak ingin terburu-buru menyatakan sikap soal Quick Count Pilpres 2024. Ganjar menyebut akan menunggu hasil Real Count Pilpres 2024 dari KPU.

"Kita sudah sepakat kita akan menunggu keputusan KPU, sesuai dengan apa yang disampaikan KPU sambil teman-teman bekerja," kata Ganjar di Gedung High End, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Ganjar memastikan pihaknya akan menghormati apapun hasil resmi dari KPU nanti. "Sekali lagi prinsip kita, kita akan menunggu keputusan dari KPU dan apapun yang diputuskan oleh KPU nanti kita akan ikuti kita menghormati proses kok."

Dia juga menyebut terjadinya anomali atau keanehan terkait raihan suara Ganjar-Mahfud terutama di Jawa Tengah, dengan raihan Pileg dari PDIP. Dari hasil hitung cepat, PDIP berada di posisi teratas di angkat sekitar 17 persen. Sementara, Ganjar-Mahfud berada di urutan buncit atau ketiga dengan raihan sekitar 16 persen.

"Kan quick count itu, real count nya belum. Hasil dari quick count perolehan PDIP saya kira masih tinggi ya, kalau gak salah salah masih nomor satu ya. Agak anomali dengan suara saya," kata Ganjar.

Anomali tersebut, kata Ganjar, sedang diselidiki tim khusus yang bertugas menyelidiki laporan-laporan dari berbagai kecurangan pra dan pasca pencoblosan. "Maka hari ini sedang diselidiki oleh kawan-kawan, mudah-mudahan  nanti ketemu apa faktornya, sepertinya split tiketnya agak terlalu lebar," ia memungkasi.

Sementara itu, Anies Baswedan mengimbau kepada para pendukungnya untuk melanjutkan perjuangan. Dia meminta pendukung mengawal perhitungan suara pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Anies menilai perhitungan suara belum final. Menurutnya, proses perhitungan suara masih terus dikerjakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Dan kita semua, yang hari ini masih bertugas, terus jaga stamina, proses perhitungan belum selesai. Saat ini perhitungan partai, dan lain-lain masih terus dijalankan, teruskan fungsi ini," kata Anies Baswedan di Rumah Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menegaskan akan menghormati apa pun hasil akhir pilpres 2024. Namun, kata Anies, sesuai proses dan keputusan final dari KPU.

"Kami ingin tegaskan, saya adalah demokrat sejati. Kami akan menghormati hasil yang dimunculkan dari aspirasi rakyat, karena itu adalah kemauan rakyat, dan kita harus menghormati kemauan rakyat. Kita harus menghargai keputusan rakyat ini komitmen kita," kata Anies.

Oleh sebab itu, Anies meminta semua pihak untuk menghormati segala proses yang tengah berjalan di KPU selaku penyelenggara pemilu. "Saya sampaikan, berikan kewenangan total kepada penyelenggara pemilu yaitu KPU untuk menuntaskan tugasnya."

Sebab, kata Anies, tugas KPU bukan saja menyelenggarakan, tetapi menuntaskan perhitungan suara pemilu. "Tuntas proses perhitungan, kita semua akan hargai, hormati, taati, itu bagian dari prinsip kita demokrasi. Kami memliki komitmen itu," ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies meminta semua pihak untuk terus memantau dan mengikuti proses perhitungan suara yang masih bergulir di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Tanah Air. "Saya ucapkan terima kasih tak terhingga kepada mereka yang hari ini berjuang luar biasa, dari pagi hingga malam hari ini di TPS-TPS seluruh Indonesia," ucap Anies.

3 dari 5 halaman

Pidato Kemenangan Prabowo Subianto

Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto melakukan pidato politik di Istora Senayan Jakarta, Rabu (14/2/2024) malam. Prabowo mengawali pidatonya dengan menyapa sejumlah tokoh.

"Saudara sekalian marilah kita tidak hentinya memanjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT kita masih diberi kesehatan berkumpul di tenmpat bersejarah untuk menyambut hasil sementara dari pilpres yang baru dilaksanakan seluruh rakyat Indonesia di dalam dan luar negeri," kata Prabowo.

Dari hasil hitung cepat atau quick count Pemilu 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul atas paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Prabowo-Gibran memperoleh perolehan di atas 50 persen suara.

Prabowo juga menyapa sejumlah tokoh penting di Istora Senayan. Diawali dari Gibran dan istrinya Selvi Ananda. Kemudian para ketum parpol seperti Airlangga Hartarto (Golkar), Zulkifli Hasan (PAN), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat).

Kemudian Prabowo juga menyapa sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir dan para pimpinan parpol, termasuk Titiek Soeharto (Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra). Nama populer lain yang disapa adalah Gus Miftah dan Deddy Corbuzier.

Prabowo pun menyatakan, paslon nomor urut 2 menang satu putaran dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei usai pencoblosan.

"Saudara sekalian, atas nama tim Prabowo-Gibran dan Indonesia maju kita bersyukur atas hasil hitung cepat yang sudah ada. Semua penghitungan semua lembaga survei termasuk lembaga lembaga yang berada di pihak pihak paslon lain, menunjukkan angka angka yang memang paslon Prabowo-Gibran menang 1 putaran," ungkap Prabowo.

Meski begitu, Prabowo meminta pendukungnya untuk tidak sombong. "Saya bersama Mas Gibran berpesan menyampaikan walaupun kita bersyukur kita tidak boleh sombong, kita tidak boleh jumawa, kita tidak boleh euforia, kita tetap harus rendah hati."

Menurut Prabowo, kemenangan ini merupakan kemenangan untuk seluruh rakyat Indonesia. "Prabowo-Gibran dan seluruh Koalisi Indonesia Maju, kami akan merangkul semua unsur dan semua kekuatan," kata Prabowo Subianto. 

Prabowo mengatakan, semua patut bersyukur karena Pemilu di Indonesia yang diakui sebagai pemilihan umum terbesar di dunia, dilaksanakan dengan aman, tertib, sejuk, tidak ada ketegangan dan kekisruhan. Atas nama Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran dan atas nama Koalisi Indonesia maju, Prabowo menyampaikan terima kasih karena pemilu berjalan lancar dan sukses.

"Kita melihat rakyat di seluruh pelosok Tanah Air datang berbondong-bondong ke TPS melaksanakan pemilu dengan riang dengan tenang dengan suasana kekeluargaan dan dengan penuh kedamaian," ucap Prabowo.

Dalam pidatonya, Prabowo juga menceritakan dirinya mengenal semua Presiden RI. "Hampir semua Presiden saya kenal. Bung Karno (Soekarno) saya tidak kenal, karena masih kecil, tapi saya pernah diangkat beliau. Kalau Presiden kedua (Soeharto), saya lumayan kenal juga, kenapa kalian ketawa? Kalian gak percaya?"

"Presiden kedua saya sering makan siang dengan beliau. Presiden ketiga (BJ Habibie) saya juga kenal. Presiden keempat (Gus Dur) juga kenal, saya dulu tukang pijitnya Gus Dur. Kalu enggak percaya tanya yang kenal Gus Dur," ujar Prabowo.

Prabowo pun menceritakan dirinya kenal baik dengan Presiden SBY hingga Jokowi. "Dulu sempat kawan masuk AKABRI sama-sama (bareng SBY), tapi karena akademi militer sangat sayang sama saya, saya ditahan, dikasih beasiswa tambah satu tahun."

"Presiden Jokowi juga saya sangat kenal. Beliau pekerja yang sangat keras. Tidak ada capeknya. Menteri-menterinya kewalahan ikut beliau," Prabowo memungkasi.

4 dari 5 halaman

Pidato Kemenangan Gibran Rakabuming Raka

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dirinya dan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikan Gibran dalam pidatonya di acara deklarasi kemenangan paslon nomor urut 02 Prabowo-Gibran yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024) malam. Dalam pidatonya, Gibran mengakui bahwa dirinya tiga bulan lalu bukanlah siapa-siapa. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku kerap diremehkan dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Tiga bulan lalu saya bukan siapa-sipa. Saya masih dikatain plonga-plongo, dikatain Samsul, dikatain takut debat, tapi yang jelas ini berkat dukungan doa bapak ibu semua, saya dan Pak prabowo saya sekarang sudah ada di sini," ujar Gibran dalam pidatonya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Prabowo karena telah memberi kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi pendamping di Pilpres 2024.

"Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Prabowo yang sudah memberikan ruang untuk anak-anak muda seperti saya. Memberikan ruang bagi kami menjadi bagian dalam perjalanan menuju Indonesia emas," ucap Gibran.

Dalam kesempatan ini, Gibran juga memohon maaf kepada para pendukungnya karena tidak bisa menghadiri semua kegiatan yang digelar. Namun dia kembali menyampaikan terima kasih atas dedikasi para pendukungnya memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Terima kasih sekali untuk bapak ibu semua yang sudah berkeringat, mungkin sudah berdarah-darah, yang sudah menghabiskan waktunya untuk konsolidasi, kampanye," kata Gibran.

Gibran mengatakan, dia ingin bertemu dengan pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 lainnya yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. "Saya juga secara pribadi ingin segera sowan ke paslon nomor 1, paslon nomor 3."

Pernyataan Gibran ini pun disambut meriah oleh pendukung dan relawan yang menghadiri deklarasi kemenangan. "Karena sekali lagi bapak ibu kita semua bersaudara, kita semua bersaudara," ucap dia.

Gibran pun mengingatkan para pendukungnya untuk jangan sombong dan jumawa atas kemenangan Prabowo-Gibran berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. "Sekali lagi bapak ibu, jangan jumawa, tidak perlu membully menjelekkan-jelekkan pasangan lain atau jelekkan pendukung paslon lain, kita semua bersaudara."

Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak mengira hasil quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menunjukkan kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 sangat tinggi. Sejumlah lembaga survei menunjukkan perolehan suara Prabowo-Gibran lebih dari 50 persen.

"Sekali lagi kami tidak mengira angka angka dari quick count setinggi ini, saya yakin angka tinggi karena anak-anak muda semua," ungkap Gibran.

Gibran pun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Prabowo Subianto yang memberi ruang untuk anak muda seperti dirinya menjadi bagian dalam perjalanan menuju Indonesia emas. Ke depan Prabowo-Gibran ingin melibatkan anak muda menyiapkan generasi emas untuk menuju Indonesia emas.

 

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Quick Count Lembaga Survei dan Real Count KPU di Pilpres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini