Sukses

Top 3 News: Kata Jenderal Maruli soal Megawati Minta TNI/Polri Tak Intimidasi Rakyat

Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Maruli Simanjuntak meminta jika ada anggotanya yang melakukan intervensi dalam Pemilu 2024, apalagi mengancam masyarakat agar segera dilaporkan lengkap dengan buktinya. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Maruli Simanjuntak meminta jika ada anggotanya yang melakukan intervensi dalam Pemilihan Umum atau Pemilu 2024, apalagi mengancam masyarakat agar segera dilaporkan lengkap dengan buktinya. Itulah top 3 news hari ini.

Hal tersebut diucapkan Maruli untuk merespons pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan atau Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang meminta agar jangan mengintimidasi rakyat.

Jenderal Maruli menegaskan TNI netral dalam Pemilu 2024 dan akan menindak anggotanya yang terbukti melanggar pakta integritas. Ia mencontohkan, pihaknya tengah memproses salah satu anggotanya yang kedapatan mendukung salah satu calon presiden (capres).

Sementara itu, KPU telah menggelar debat terakhir Capres 2024 di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Minggu 4 Februari 2024. Debat capres itu bertemakan Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (INDOSTRATEGIC), Ahmad Khoirul Umam, debat pamungkas dari rangkaian debat Pilpres 2024 ini anti-klimaks dan mengisyaratkan spirit politik rekonsiliasi.

Dia menilai, tidak seperti debat-debat sebelumnya yang sarat dengan intensitas serangan panas, debat kelima ini justru menunjukkan sejumlah sikap yang cukup simpatik di antara para kontestan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediaman SBY, di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin pagi 5 Februari 2024.

Kedatangan Gibran, disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dari video yang diterima, terlihat Gibran yang mengenakan kemeja berwarna biru bersalaman dan cipika-cipiki dengan AHY yang telah menanti di depan gerbang. Lantas keduanya berjalan menuju rumah, di mana SBY sudah menanti kehadiran Gibran.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 5 Februari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Megawati Minta TNI/Polri Tak Intimidasi Rakyat, Jenderal Maruli: Anggota Kita yang Mana?

Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Maruli Simanjuntak meminta jika ada anggotanya yang melakukan intervensi dalam Pemilu 2024, apalagi mengancam masyarakat agar segera dilaporkan lengkap dengan buktinya.

Hal ini diucapkan Maruli untuk merespons pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang meminta agar jangan mengintimidasi rakyat.

"Kalau cuman kata-kata ya kita sulit yang mana nih, anggota kita yang mana mengancam," kata Maruli di Balai Kartini, Senin 5 Februari 2024.

"Tapi kalau ada bukti suara, foto, saksi dan segala macemnya mudah-mudahan kita akan cepet (proses laporan)," sambung dia.

Maruli menegaskan TNI netral dalam Pemilu 2024 dan akan menindak anggotanya yang terbukti melanggar pakta integritas.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Debat Pamungkas Capres 2024: Anti-Klimaks, Isyaratkan Spirit Politik Rekonsiliasi

KPU telah menggelar debat terakhir Capres 2024 di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Minggu 4 Februari 2024. 

Debat capres itu bertemakan Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (INDOSTRATEGIC), Ahmad Khoirul Umam, debat pamungkas dari rangkaian debat Pilpres 2024 ini anti-klimaks dan mengisyaratkan spirit politik rekonsiliasi.

Tidak seperti debat-debat sebelumnya yang sarat dengan intensitas serangan panas, debat kelima ini justru menunjukkan sejumlah sikap yang cukup simpatik di antara para kontestan.

"Memang ada serangan terkait politisasi distribusi bansos, isu ketimpangan dan ketidakadilan, serta isu konflik kepentingan. Namun takaran serangannya, tidak sekuat debat-debat sebelumnya. Karena itu, debat pamungkas ini seolah memberikan pesan tentang proses pendinginan (cooling down), sehingga politik pecah belah tidak berkembang jelang Pemilu 14 Februari nanti," ujar dia kepada wartawan, Minggu 4 Februari 2024.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Didampingi AHY, Gibran Bertemu SBY di Cikeas

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediaman SBY, di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin pagi 5 Februari 2024.

Kedatangan Gibran, disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dari video yang diterima, terlihat Gibran yang mengenakan kemeja berwarna biru bersalaman dan cipika-cipiki dengan AHY yang telah menanti di depan gerbang.

"Terima kasih sudah datang," kata AHY kepada Gibran.

Lantas keduanya berjalan menuju rumah, di mana SBY sudah menanti kehadiran Gibran.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.