Sukses

Top 3 News: Paspampres Bantah Terlibat dalam Insiden Spanduk Jokowi di Gunung Kidul yang Viral

Seorang warga mencoba membentangkan spanduk bertuliskan Jokowi saat rombongan kepresidenan melintas di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warga mencoba membentangkan spanduk bertuliskan Jokowi saat rombongan kepresidenan melintas di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Itulah top 3 news hari ini.

Aksinya terekam video dan menjadi viral di media sosial sebab diduga ada aksi intimidatif yang dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Mengonfirmasi hal itu, Asintel Paspampres Kolonel Kav Herman Taryaman membantah anggotanya terlibat dalam dugaan aksi intimidatif tersebut. Dia meyakini, tindakan pengamanan spanduk warga itu bukan dilakukan oleh anggotanya.

Sementara itu, Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, rencana pengunduran diri Mahfud Md dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Indonesia Maju, telah direncanakan sejak lama oleh Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 tersebut.

Bahkan, rencana itu dirancang bersama-sama dengan Capres Ganjar Pranowo dan partai politik pengusung, yang dibahas dalam rapat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Md.

Namun demikian, menurut Hasto, pengunduran diri tersebut harus dilakukan dengan persiapan matang. Sebab, Mahfud sebagai 'pendekar hukum' tetap harus menempatkan skala prioritas kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait kabar duka datang dari Letjen TNI (Purn) R.Soeyono Soetikno. Mantan Pangdam IV/Diponegoro tersebut meninggal dunia di usia 80 tahun pada Rabu pagi 31 Januari 2024.

Almarhum Letjen TNI (Purn) R.Soeyono Soetikno ditempatkan di rumah duka purnawirawan TNI di RSPAD dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata setelah zuhur.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 31 Januari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Paspampres Bantah Terlibat dalam Insiden Spanduk Jokowi di Gunung Kidul yang Viral

Seorang warga mencoba membentangkan spanduk bertuliskan Jokowi saat rombongan kepresidenan melintas di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Aksinya terekam video dan menjadi viral di media sosial sebab diduga ada aksi intimidatif yang dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

Mengonfirmasi hal itu, Asintel Paspampres Kolonel Kav Herman Taryaman membantah anggotanya terlibat dalam dugaan aksi intimidatif tersebut. Dia meyakini, tindakan pengamanan spanduk warga itu bukan dilakukan oleh anggotanya. 

“Terkait kejadian adanya tindakan kekerasan dengan cara mendorong warga membentangkan spanduk pada saat kegiatan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke daerah Wonosari pada hari Selasa tanggal 30 Januari 2023 yang dilakukan oleh anggota Paspampres adalah tidak benar,” katanya melalui pesan terstulis, Rabu 31 Januari 2024.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Mahfud Sudah dapat Restu Megawati untuk Mundur Sebagai Menko Polhukam

Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, rencana pengunduran diri Mahfud Md dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) di Kabinet Indonesia Maju, telah direncanakan sejak lama oleh Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 tersebut.

Bahkan, rencana itu dirancang bersama-sama dengan Capres Ganjar Pranowo dan partai politik pengusung, yang dibahas dalam rapat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

"Dan ini merupakan momentum yang sangat baik, terlebih setelah ada sentimen negatif yang begitu besar, sampai ada gerakan unfollow terhadap sosial media dari Presiden Jokowi. Itulah yang kemudian kami cermati," kata Hasto di Jakarta, Selasa 30 Januari 2024.

Namun demikian, menurut Hasto pengunduran diri tersebut harus dilakukan dengan persiapan matang. Sebab, Mahfud sebagai 'pendekar hukum' tetap harus menempatkan skala prioritas kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Letjen TNI (Purn) R.Soeyono Soetikno Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari Letjen TNI (Purn) R.Soeyono Soetikno. Mantan Pangdam IV/Diponegoro tersebut meninggal dunia di usia 80 tahun.

"Telah berpulang ke rahmatullah Suami/Ayah/Eyang kami, Letjen TNI (Purn) R.Soeyono Soetikno di usia 80 tahun pada hari Rabu 31 Januari 2024 pada pukul 02:38 WIB di RS. Eka Hospital Cibubur," keterangan yang diterima Liputan6.com, Rabu pagi 31 Januari 2024.

Rencananya almarhum akan ditempatkan di rumah duka purnawirawan TNI di RSPAD dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata setelah zuhur.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.