Sukses

Infografis Menlu Retno Desak 3 Tuntutan Dukung Palestina di DK PBB

Menlu RI Retno LP Marsudi mengajukan 3 tuntutan mendukung Palestina dalam Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB. Menlu Retno bahkan walk out saat Dubes Israel untuk PBB Gilad Erdan berbicara.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan mengambil semua langkah yang memungkinkan untuk terus mendukung Palestina. Pernyataan ini ditegaskan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi saat berbicara dalam Debat Terbuka Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau DK PBB mengenai situasi di Timur Tengah, termasuk Palestina di New York, Amerika Serikat.

"Pada tanggal 18 Januari, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu secara terbuka menyatakan dia tidak akan membiarkan negara Palestina ada. Indonesia menolak keras pernyataan tersebut. Pernyataan itu tidak dapat diterima. Hal ini menegaskan tujuan akhir Israel untuk menghapus Palestina dari peta dunia," ujar Menlu Retno, Selasa 23 Januari 2024.

Retno pun menekankan akankah DK PBB tinggal diam menghadapi niat tersebut? "Ancaman perang besar-besaran di Timur Tengah adalah bahaya yang nyata."

Lebih lanjut Menlu Retno menekankan 3 hal yang menjadi tuntutan Indonesia terkait konflik Israel-Palestina.

"Pertama, kami menuntut gencatan senjata segera dan permanen. Ini akan menjadi penentu segalanya. Yang paling penting, hal ini akan memberikan ruang untuk mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza, memulai upaya rekonstruksi pascakonflik, dan proses solusi dua negara," tutur Retno LP Marsudi.

Pada saat yang sama, menurut Menlu Retno, sangat penting mendukung pekerjaan koordinator senior kemanusiaan dan rekonstruksi PBB. Terutama, membuka jalan bagi pengiriman bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa ke Jalur Gaza.

"Kedua, Palestina harus segera diberikan keanggotaan penuh di PBB. Hal ini penting untuk memulai kerja yang adil dan seimbang dalam solusi dua negara dan menghentikan agresi brutal Israel," Menlu RI menjelaskan.

"Dan ketiga, menghentikan aliran senjata ke Israel. Setiap senjata yang dikirim ke Israel dapat digunakan untuk membunuh warga sipil yang tidak bersalah," ucap Menlu Retno, seraya menggarisbawahi Israel harus bertanggung jawab atas tindakannya, termasuk kekejaman di Jalur Gaza, karena tidak ada negara yang kebal hukum."

Bukan hanya mengajukan 3 tuntutan. Menlu Retno bahkan walk out atau meninggalkan ruang sidang saat Duta Besar atau Dubes Israel untuk PBB Gilad Erdan berbicara dalam Debat Terbuka III Dewan Keamanan PBB.

Debat Terbuka DK PBB yang membahas Palestina diwarnai adu argumen dari pihak-pihak yang bertikai, maupun keinginan tidak mengeskalasi konflik. Seperti apa cuplikan sesi panas di debat terbuka tersebut? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Menlu Retno Desak 3 Tuntutan Dukung Palestina di DK PBB

3 dari 3 halaman

Infografis Sesi Panas di Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.