Sukses

Yenny Wahid: Anak Tukang Parkir hingga Anak Presiden, Harus Sama Setara di Mata Hukum

Dewan Penasihat TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Yenny Wahid mengingatkan, pentingnya menjaga demokrasi di Indonesia. Di negara demokrasi, ia menegaskan semua orang harus mendapat hak dan kesetaraan sama di mata hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Penasihat TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Yenny Wahid mengingatkan, pentingnya menjaga demokrasi di Indonesia. Di negara demokrasi, ia menegaskan semua orang harus mendapat hak dan kesetaraan sama di mata hukum.

Hal itu disampaikan Yenny dalam sambutannya pada acara deklarasi dukungan ke paslon 03, oleh para purnawirawan dan pensiunan aparatur negara, di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/1/2024).

"Demokrasi itu memastikan bahwa anaknya tukang parkir, anaknya tukang cilok, dan anak presiden seperti saya ini sama dan setaranya di mata hukum," kata Yenny.

Putri dari Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu menegaskan, demokrasi Indonesia harus dijaga bersama-sama, bukan hanya sekelompok orang saja. “Karena itu demokrasi harus dijaga. Yang bisa menjaga itu adalah kita semua," ujarnya.

Dengan mendukung Ganjar-Mahfud, lanjut Yenny, adalah satu cara untuk mempertahankan demokrasi di tanah air

"Ganjar dan Mahfud mereka adalah alat-alat kita untuk mempertahankan demokrasi di Indonesia," kata dia

Oleh karena itu, Yenny mengajak para pendukung untuk tidak berdiam diri, namun ikut berjuang bersama memenangkan paalon nomor urut 03 itu.

"Jangan biarkan mereka keliling kampung sendiri, kita harus memastikan kita itu berjuang bersama mereka," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjar Singgung Relawan Kerap Diintimidasi

Sebelumnya, Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan, seluruh tim pemenangan pasangan calon (paslon) Ganjar-Mahfud MD mempunyai kekuatan yang berbeda dari yang lain.

“Kekuatan kita selalu “gremetnya, gelindingnya” kawan-kawan bersatu dengan rakyat, rasanya tidak dimiliki oleh yang lain,” kata Ganjar, dihadapan relawan pemenangan Ganjar-Mahfud di Surabaya, Sabtu (13/1/2024).

Ganjar berharap, kekuatan mental itu bisa terus bergerak di sisa waktu kampanye satu bulan ke depan. Untuk itu, tambah dia, tim pemenangan harus menyiapkan langkah-langkah jauh lebih strategis.

“Orang bijak mengatakan kepada saya, jangan pernah berhenti ketika kita belum sampai. Maka kita akan berhenti dengan lelah kita, sampai pada saat kita mendapatkan kemenangan itu,” tegasnya.

Ganjar mengatakan selama dirinya berkeliling ke Indonesia, selain menemui rakyat, tak lain juga bertemu partai pengusung dan relawan. Dna para relawan ini kerap mengadu mendapat intimidasi

“Ada yang masuk, Pak Ganjar sudah ada yang telepon kami, “jangan kencang-kencang”. Model intimidasi ecek-ecek gini harus kita lawan,” tegasnya.

3 dari 3 halaman

Punya Keberanian Lawan Ancaman

Ganjar meyakini, tim pemenangan dan relawan di Jawa Timur (Jatim) khususnya di Surabaya pasti punya keberanian melawan ancaman seperti itu.

“Kenapa saya sampaikan, karena sudah banyak sekali kemarin kawan-kawan jalannya kencang-kencang, kok tiba-tiba diam, saya bilang pasti ada sesuatu,” imbuhnya.

Ganjar menyampaikan, bahwa Tim Pemenangan Nasional (TPN) dan Tim Pemenangan Daerah (TPD) telah menyiapkan tim untuk menghadapi tekanan-tekanan. Kalau ada intimidasi-intimidasi, ia memastikan akan ditindaklanjuti.

“Kita akan melawan dan tidak akan pernah berhenti. Naik turunnya situasi demokrasi kita harus tetap tercatat secara baik dalam sejarah. Itulah kenapa kita harus terus belajar,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.