Sukses

Infografis Siap-Siap Layanan Vaksin COVID-19 Mandiri

Vaksinasi COVID-19 menjadi program imunisasi rutin efektif di seluruh Indonesia terhitung pada 1 Januari 2024. Namun, kelompok rentan masih bisa mendapatkan vaksin COVID-19 secara gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan atau Kemenkes menetapkan vaksin COVID-19 berbayar terhitung pada 1 Januari 2024. Kendati demikian, kelompok rentan masih bisa mendapatkan vaksin COVID-19 secara gratis. Sebab, kelompok rentan masih memiliki risiko fatalitas dan kematian akibat COVID-19 lebih tinggi.

"Nantinya ada dua kelompok yang menjadi sasaran imunisasi COVID-19 program dan mendapatkan imunisasi COVID-19 gratis," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu di Jakarta, Minggu 31 Desember 2023.

Maxi menjelaskan, kelompok pertama, yakni mereka yang belum pernah menerima vaksin COVID-19 sama sekali. Sedangkan kelompok kedua, mereka yang sudah menerima minimal satu dosis vaksin COVID-19.

Baik kelompok pertama maupun kelompok kedua dikhususkan bagi masyarakat lanjut usia, lanjut usia dengan komorbid, dan dewasa dengan komorbid. Selain itu, tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan, ibu hamil, serta remaja usia 12 tahun ke atas, dan kelompok usia lainnya dengan kondisi immunocompromised atau mengalami gangguan sistem imun sedang hingga berat.

Adapun bagi masyarakat yang tidak masuk dalam 6 kriteria di atas, imunisasi COVID-19 menjadi imunisasi pilihan secara mandiri. Vaksin bisa didapatkan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi COVID-19.

"Vaksin COVID-19 yang digunakan untuk imunisasi pilihan harus yang sudah memiliki NIE (nomor izin edar) dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan didapatkan dari distributor resmi yang ditunjuk oleh produsen," kata Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Lucia Rizka Andalusia.

Bagaimana ragam tanggapan siap-siap layanan vaksin COVID-19 secara mandiri atau berbayar? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Siap-Siap Layanan Vaksin COVID-19 Mandiri

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Siap-Siap Layanan Vaksin COVID-19 Mandiri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.