Sukses

Sambangi Rumah Duka Rizal Ramli, Prabowo: Kita Sahabat dan Saling Menghargai

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyambangi rumah duka Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyambangi rumah duka Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli. Prabowo mengaku mengenal sosok Rizal Ramli sebagai sahabat yang memiliki banyak pemikiran.

Dari pantauan merdeka.com, Prabowo tiba di rumah duka Rizal Ramli di Jalan Bangka IX, Mampang Prapatan Jakarta Selatan, sekitar pukul 18.59 WIB. Kedatangannya disambut oleh perwakilan keluarga Rizal Ramli.

Prabowo yang mengenakan kemeja krem langsung masuk ke kediaman Rizal untuk memberikan doa serta penghormatan terakhir kalinya.

Dia menyebut, Rizal Ramli adalah sahabat yang memiliki intelektual hingga seorang aktivis. Meskipun mereka memiliki pandangan yang berbeda dalam sikap politik, namun keduanya tetap bersahabat.

"Kadang-kadang beliau waktu itu kurang sabar dan walaupun kita tetap bersahabat, tetapi waktu itu kita memilih jalan yang berbeda, dengan idealisme beliau, mungkin beliau ingin perbaikan cepat, tapi kita hargai, kita saling menghargai," kata Prabowo di rumah duka Rizal Ramli, Rabu (3/1/2023).

Menteri yang merangkap sebagai Capres nomor urut 2 itu juga mengungkapkan terakhir kali bertemu Rizal Ramli pada saat menghadiri acara ulang tahun Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan sekitar September 2023 lalu.

Pertemuan tersebut tidak disangkanya akan menjadi terakhir kalinya melihat sosok Rizal. "Jadi ya saya juga kaget beliau telah dipanggil," ucap Prabowo.

Hingga saat ini, Ketum Gerindra itu juga masih terngiang pesan Rizal Ramli agar tetap bersabar meskipun memilih jalan yang berbeda dalam politik.

"Saya kira beliau dari segi idealisme beliau jadi saya memilih jalan rekonsiliasi, saya memilih jalan kerukunan mencari titik-titik pertemuan dari titik-titik perpisahan itu jalan saya. Jadi beliau waktu itu bilang sabar," tandas Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jimly Asshiddiqie: Kita Perlu Orang Seperti Rizal Ramli Dimanapun Posisinya

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengenang mantan Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli sebagai pribadi yang selalu berpikir kritis untuk perbaikan pemerintahan.

Salah satu sikap yang patut diteladani bagi generasi selanjutnya, kata dia, Rizal tidak mengikuti arus situasi pemerintahan terkini.

"Dia tidak ikuti kezaliman. Dia berusaha menempatkan diri melalui helicopter view, jadi jangan terbenam ke kebiasaan," ucap Jimly di rumah duka Rizal, Rabu (3/1/2023).

Menurutnya, meskipun saat ini negara menerapkan sistem Republik, namun seakan-akan menerapkan budaya politik kerajaan.

Sementara sosok Rizal yang dikenalnya sebagai aktivis era 98 hingga reformasi tidak tergerus pada situasi politik saat ini.

"Negara kita sangat feodal. Negara kita itu republik tapi budaya politiknya kerajaan. Nah maka kalau tidak ada orang yang berpikir nyeleneh, tidak biasa kita rugi. Maka kita perlu orang seperti almarhum dimana pun posisinya," pungkas dia.

 

 

3 dari 3 halaman

Sambil Berkaca-Kaca, Sri Mulyani Cerita Kenangan Berkesan Bersama Rizal Ramli

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani turut menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli. Ia menyambangi langsung kediaman Rizal untuk bertemu terkahir kalinya di Jalan Bangka IX, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2023).

Ia mengaku sudah mengenal Rizal khususnya dengan istrinya, almarhum Herawati Moelyono sejak masih berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Perkenalannya pun semakin erat, ketika Sri mengundang para Menteri Keuangan, termasuk Rizal untuk berdiskusi seputar masalah ekonomi pada tahun 2019 lalu.

"Sebagai ekonom, ya Pak Rizal Ramli banyak sekali memberikan pandangan pendapat itu juga buat kami, kalau saya pas lagi di kemenkeu menjadi masukan untuk tentu melihat berbagai aspek kebijakan kenangan terakhir beliau secara fisik hadir di kemenkeu waktu hari ulang tahun 2019, Persis sebelum Covid," kata Sri di rumah duka Rizal, Rabu (3/1/2023).

Ia menceritakan pada saat pertemuan tersebut, dirinya sempat ditegur seraya bercanda oleh Rizal. Lantaran Sri pada saat itu menggunakan sepatu kets warna hijau yang sangat mencolok. Lantas, Sri tidak kuasa menahan air matanya ketika menceritakan hal tersebut.

"Pak Rizal Ramli hadir di acara itu, dan saya ingat banget komentar pak Rizal Ramli adalah satu, dia mengatakan begini 'saya itu orangnya pemberani, tapi saya tidak seberani Bu Sri Mulyani untuk pakai sepatu warna ijo stabilo' Jadi waktu itu saya menggunakan sepatu kets untuk olahraga warnanya ijo stabilo," ceritanya dengan mata berkaca-kaca.

"Jadi saya masih inget banget beliau mengomentari seperti itu. Jadi kenangan yang baik, beliau di Kementerian keuangan hadir sebagai mantan menteri keuangan," sambungnya.

Sosok Rizal, kata Sri sangat berjasa dalam menjaga perekonomian Indonesia. Ia mendoakan semoga jasa serta amal ibadah almarhum dapat diterima di sisi Yang Maha Kuasa.

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.