Sukses

Kemenag Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Rp44,8 Miliar

Kemenag menyalurkan bantuan untuk Palestina senilai Rp44,8 miliar melalui LazisNU dan LazisMU. Bantuan kemanusiaan itu diberikan secara simbolik pada acara malam Untaian Doa dan Puisi untuk Palestina yang digelar Kemenag di Gedung Usmar Ismail, Jakarta, Selasa (2/1/2024) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menyalurkan bantuan kemanusian untuk Palestina sebesar Rp44,8 miliar melalui LazisNU dan LazisMU.

Bantuan ini terdiri atas sumbangan aparatur sipil negara (ASN) Kemenag seluruh Indonesia senilai Rp41.520.207.987 dan sumbangan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag se-Indonesia senilai Rp3.381.888.260,00.

Bantuan dari ASN Kemenag diserahkan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Sementara bantuan DWP Kemenag diserahkan oleh Eny Retno Yaqut selaku penasihat. Ikut mendampingi, Wakil Penasihat DWP Tanti Kristiani Saiful dan Ketua DWP Kemenag Farikha Nizar.

Kemenag menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina senilai Rp44,8 miliar. (Foto: Humas Kemenag)

Adapun penyerahan bantuan kemanusiaan ini dilakukan secara simbolik pada acara 'Untaian Doa dan Puisi untuk Palestina' yang digelar di Gedung Usmar Ismail, Jakarta, Selasa (2/1/2024) malam.

"Bantuan yang kita sampaikan malam ini merupakan bentuk kepedulian keluarga besar Kementerian Agama, termasuk DWP Kemenag, terhadap kepedihan yang saat ini dirasakan oleh saudara kita di Palestina," tutur Menag Yaqut, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (3/1/2024).

Turut menyaksikan penyerahan bantuan tersebut, Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa dan Puisi untuk Palestina

Gelaran Untaian Doa dan Puisi untuk Palestina ini juga dihadiri Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, para pejabat eselon I dan II Kemenag, pengurus DWP Kemenag, dan masyarakat umum.

Menag berharap bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi rakyat Palestina.

"Kita tentu amat prihatin dengan yang terjadi di Palestina. Sudah lebih dari 80 hari perang terjadi di sana, dan kita mendengar saudara-saudara kita kelaparan di Palestina. Semoga sedikit bantuan ini dapat meringankan rakyat Palestina," imbuh Gus Men, sapaan akrab Menag Yaqut.

 

3 dari 3 halaman

Rangkaian HAB ke-78

Untaian Doa dan Puisi untuk Palestina ini merupakan pembuka rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kemenag. Kegiatan ini dibuka dengan doa dari anak-anak Indonesia untuk Palestina.

Hadir pula para sastrawan Indonesia membacakan syair-syair indah untuk Palestina, yaitu KH Mustofa Bisri (Gus Mus), KH Zawawi Imron, Sutardji Calzoum Bachri, Sosiawan Leak, Ine Febriyanti dan Olivia Zalianty.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini