Sukses

1.682 Petugas Kebersihan Dikerahkan Selepas Malam Tahun Baru di Kota Tangerang

Dia pun menjelaskan, DLH Kota Tangerang juga menurunkan tim khusus di wilayah-wilayah yang berpotensi sebagai titik kumpul masyarakat merayakan pergantian tahun.

Liputan6.com, Tangerang - - Lepas perayaan pergantian tahun, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, mengerahkan 1.682 petugas untuk membersihkan sampah-sampah di 13 kecamatan di kota tersebut.

Kepala DLH, Kota Tangerang, Tihar Sopian mengatakan, kegiatan penanganan kebersihan selama libur Natal dan tahun baru atau akhir tahun tetap berlangsung seperti biasa. Oleh sebab itu, meski pergantian tahun jatuh pada hari libur, pasukan oranye DLH tetap bekerja seperti biasa.

“Tentunya, demi menjaga kebersihan dan kenyamanan Kota Tangerang. Karena memang, seluruh petugas ditugaskan untuk memastikan libur panjang akhir tahun di Kota Tangerang dapat berjalan dengan nyaman tanpa sampah,” katanya.

Dia pun menjelaskan, DLH Kota Tangerang juga menurunkan tim khusus di wilayah-wilayah yang berpotensi sebagai titik kumpul masyarakat merayakan pergantian tahun. Tim khusus ini terdiri dari 230 personel, yaitu 200 penyapu dan 30 pengawas. Serta, ditambahnya 50 armada pengangkut, 12 saber, tiga byson dan 100 bentor.

“Tim khusus ini diturunkan di titik-titik tertentu. Seperti, Taman Elektrik atau Kawasan Puspem Kota Tangerang, Alun-Alun Ahmad Yani, dan sejumlah alun-alun baru di Kota Tangerang. Seperti Cibodas, Periuk dan juga Pinang. Tak ketinggalan pasti wisata kuliner seperti Pasar Lama dan beberapa wilayah lainnya,” jelas Tihar.

Disamping itu, dia tetap mengimbau masyarakat Kota Tangerang atau para wisatawan untuk turut menjaga kebersihan lingkungan di mana pun berada.

“Menjaga kebersihan khusus sampah merupakan tugas kita semua, bukan sekadar para petugas saja. Jika, Kota Tangerang kita jaga bersama-sama, dipastikan semuanya akan lebih ringan, indah dan nyaman untuk kita semua,” kata Tihar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perayaan Malam Tahun Baru Berlangsung Aman

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengklaim secara umum persiapan pengamanan dan persiapan perayaan pergantian tahun 2023 di seluruh wilayah Indonesia berjalan aman dan lancar.

Hal itu dilaporkan Sigit bersama Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto yang hadir dalam agenda vicon untuk menerima laporan dari seluruh Polda untuk memastikan kesiapan.

“Jadi secara umum tadi disampaikan bahwa alhamdulillah semuanya masih berjalan aman dan lancar,” kata Sigit usai agenda laporan vicon, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (31/12/2023) malam.

Keamanan dan kelancaran itu, lanjut Sigit, berdasarkan laporan dari berbagai kegiatan mulai dari titik keramaian yang telah disiapkan Pemerintah Daerah (Pemda) sampai lokasi objek wisata yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Tercatat malam ini ada kurang lebih 984 titik kumpul yang sudah dilaporkan, dan ada 44.734 personel gabungan yang kita gelar untuk melaksanakan pengamanan khusus untuk kegiatan malam tahun baru ini,” kata dia.

“Total seperti yang sering saya sampaikan bahwa ada 49.676 objek pengamanan dengan 129.923 personel gabungan yang kita siapkan baik TNI Polri dan unsur lainnya,” tambah dia.

Selain itu, Sigit juga memastikan kondisi di beberapa wilayah yang mendapat pengamanan lebih kuat, seperti Papua yang aman terkendali. Dimana, para warga bisa merayakan malam pergantian tahun dengan lancar dan tenang.

“Masyarakat di sana juga malam ini ada yang melaksanakan kegiatan merayakan puncak akhir tahun di jembatan merah dan rotekam. Dan tentunya ini menjadi atensi kita untuk terus dijaga jangan sampai terjadi permasalahan baru,” ujarnya.

Sekedar informasi, monitoring ini dilakukan dalam rangka memantau kondisi wilayah Indonesia lewat laporan sejumlah Polda secara virtual. Lewat, 15.459 Titik pemantauan CCTV yang digelar oleh DIV TIK dan Polda jajaran untuk monitoring pengamanan pergantian malam tahun baru 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini