Sukses

Warga Padati Bundaran HI Saksikan Panggung Hiburan hingga Watermist Show

Banyak warga yang duduk membawa serta cemilan ringan yang disantap bersama-sama. Selain itu, terlihat warga yang menggunakan bando bertuliskan '2024' pertanda siap menyambut pergantian tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai dipadati ratusan warga yang akan menghabiskan Malam Tahun Baru 2024. Mereka memenuhi bagian depan panggung di depan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com Minggu (31/12/2023) pukul 20.03 WIB warga menunggu dimulainya 'Festival Malam Muda Mudi, Jakarta Kota Global' yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Diketahui, Malam Muda Mudi, Jakarta Kota Global berlangsung di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin dengan total 11 panggung. Panggung utama berada di Bundaran HI.

Nampak warga yang hadir sebagian memilih duduk beralaskan koran hingga karung yang dijajakan di sekitar lokasi. Sebagiannya lagi memilih berdiri.

Banyak warga yang duduk membawa serta cemilan ringan yang disantap bersama-sama. Selain itu, terlihat warga yang menggunakan bando bertuliskan '2024' pertanda siap menyambut pergantian tahun.

Dua pembawa acara juga sudah naik ke atas panggung menyapa kerumunan warga dari atas panggung utama. Pembawa acara juga memperkenalkan para pengisi acara meliputi Wulan KDI, Titiek Puspa, Cakra Khan, Nabila Idol, Raina Gumay, Albert Fakdawer, Jordan Basa, dan Sasvara Choir.

Di sisi lain, ada pula pertunjukkan watermist show di tengah air mancur Bundaran HI. Watermist show itu memperlihatkan refleksi monumen dan seni budaya khas DKI Jakarta.

Melihat hal itu warga nampak antusias. Mereka kagum dengan pertunjukkan watermist show tersebut.

"Keren, wah lihat itu," kata seorang warga.

"Tahun lalu kayaknya nggak ada ya," sahut warga lainnya.

Nantinya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dijadwalkan bakal menyapa warga yang menyaksikan malam pergantian tahun di Bundaran HI. Dia rencananya akan melakukan hitung mundur pergantian tahun 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satpol PP Kerahkan 1.640 Personel

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengerahkan 1.640 orang personel untuk mengamankan perayaan malam tahun baru 2024 di Jakarta, Minggu (31/12/2023).

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, sebanyak 930 personel akan mengamankan acara Malam Muda Mudi di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin.

Sementara itu, sebanyak 360 personel Satpol PP lainnya mengamankan acara hiburan tahun baru 2024 di tingkat kota/kabupaten administrasi Jakarta. Lalu, 350 personel akan mengamankan ruang publik pada libur tahun baru 1 Januari 2024.

"Jajaran Satpol PP Provinsi DKI Jakarta akan mengendalikan ketenteraman dan ketertiban umum pada perayaan malam tahun baru 2024 di titik-titik ruang publik," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, diterima Minggu (30/12/2023).

"Kami akan berupaya meminimalisir potensi pelanggaran Peraturan Daerah (Perda), seperti antisipasi terhadap adanya Pedagang Kecil Mandiri (PKM) dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS)," ucap Arifin.

 

3 dari 3 halaman

Satpol PP Menyiapkan 56 Pos Pengamanan

Selain itu, Satpol PP DKI Jakarta juga akan menyiapkan 56 pos pengamanan dan pengaduan masyarakat di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin untuk pengaduan. Warga bisa datang ke pos ini apabila salah satu anggota keluarga terpisah atau ada kehilangan barang berharga lainnya.

"Kami selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga dan mengamankan seluruh kegiatan di malam tahun baru. Kami berharap masyarakat dapat mematuhi aturan-aturan yang berlaku," kata Arifin.

Lebih lanjut, kata Arifin, sebagai antisipasi perkembangan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, masyarakat diminta untuk kembali menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.