Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Minggu 31 Desember 2023: Hujan Bakal Turun Siang hingga saat Malam Tahun Baru

Di akhir tahun hari ini, Minggu (31/12/2023), langit pagi Indonesia sebagiannya diprediksi berawan, cerah, cerah berawan, kabut, dan berawan tebal, kecuali Pontianak hujan ringan. Demikianlah prakiraan cuaca Indonesia hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Di akhir tahun hari ini, Minggu (31/12/2023), langit pagi Indonesia sebagiannya diprediksi berawan, cerah, cerah berawan, kabut, dan berawan tebal, kecuali Pontianak hujan ringan. Demikianlah prakiraan cuaca Indonesia hari ini.

Keseluruhan informasi cuaca ini seperti dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Berbeda pada siang hari nanti, sebagian cuaca Indonesia diprediksi berawan, cerah, cerah berawan, berawan tebal, hujan ringan, hujan sedang, hujan lebat, dan hujan petir.

Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di wilayah Gorontalo, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Pangkal Pinang, Kota Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan siang nanti.

Wilayah Serang, Yogyakarta, dan Bandar Lampung diprediksi BMKG bakal hujan sedan serta waspada hujan petir di Jambi, Bandung, Banjarmasin, Mataram, dan Palembang siang hari nanti.

Untuk malam hari nanti, langit Indonesia sebagianya diprakirakan berawan, cerah, cerah berawan, berawan tebal, hujan ringan, hujan sedang, dan hujan petir.

Sejumlah wilayah Indonesia yang diprediksi bakal diguyur hujan malam nanti yaitu Denpasar, Serang, Bandung, Semarang, Samarinda, Ambon, Mamuju, Padang, dan Medan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Denpasar  Cerah Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Serang  Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Bengkulu  Berawan  Hujan Lebat  Berawan
 Yogyakarta   Berawan  Hujan Sedang  Berawan Tebal
 Jakarta Pusat   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Gorontalo   Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jambi   Kabut  Hujan Petir  Hujan Petir
 Bandung   Cerah Berawan  Hujan Petir  Hujan Ringan
 Semarang   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Surabaya   Cerah  Cerah  Berawan
 Pontianak   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Banjarmasin   Cerah Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Palangkaraya  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Samarinda  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tarakan   Hujan Ringan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Pangkal Pinang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Tanjung Pinang   Berawan  Berawan  Hujan Sedang
 Bandar Lampung  Kabut  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Ambon   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Ternate   Cerah Berawan  Berawan  Cerah
 Mataram   Cerah Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Kupang   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Kota Jayapura  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Manokwari   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Pekanbaru   Kabut  Hujan Ringan  Berawan
 Mamuju   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Makassar   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Kendari   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Manado    Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Padang   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Palembang  Cerah Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Medan   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMKG Imbau Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Hujan intensitas lebat dan potensi suhu panas terik masih dapat terjadi di sebagian wilayah Indonesia," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dikutip dari Antara, Minggu, 24 Desember 2023.

Guswanto menjelaskan potensi hujan lebat dan suhu panas terik dipicu oleh beberapa fenomena dinamika atmosfer.

"Sirkulasi angin di Laut China Selatan (LCS) masih menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia, sehingga potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Pulau Sumatra dan Kalimantan Barat," kata Guswanto.

Sirkulasi angin di LCS tersebut juga secara tidak langsung memberikan dampak terhadap kurangnya potensi pertumbuhan awan di wilayah selatan ekuator.

Kondisi itu diperkuat juga dengan adanya fase kering fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) pada sebagian wilayah Indonesia, sehingga turut memicu kurangnya tutupan awan pada siang hari yang mengakibatkan pada siang hari kondisi suhu cukup panas dan terik dengan kisaran suhu dapat mencapai 35 hingga 37 derajat celcius.

Kondisi suhu terik pada siang hari diprediksikan masih dapat terjadi hingga tiga hari ke depan di sebagian wilayah Jawa hingga Nusa Tenggara. 

3 dari 3 halaman

Potensi Hujan di Sejumlah Wilayah

Berdasarkan analisis potensi dinamika atmosfer di atas dan adanya sinyal aktif fenomena gelombang Rossby di wilayah selatan ekuator dalam sepekan ke depan, maka potensi hujan sedang hingga lebat pada 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 dapat terjadi di sebagian wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi,  Bengkulu,  Sumatra Selatan.

Selain itu, Kepulauan Bangka Belitung,  Lampung,  Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah,  Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah,  Sulawesi Selatan dan Papua. 

Selain cuaca ekstrem, BMKG juga menyampaikan informasi tentang debu vulkanik yang berpotensi membahayakan aktivitas penerbangan.

Debu vulkanik itu bersumber dari Gunung Marapi di Sumatra Barat, Gunung Semeru di Jawa Timur, Gunung Dukono dan Gunung Ibu di Maluku Utara, serta Gunung Lewotobi di Nusa Tenggara Timur (NTT).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.