Sukses

6 Fakta Persiapan Jelang Debat Perdana Cawapres di JCC Hari Ini 22 Desember 2023

Terkait pengamanan debat cawapres yang akan berlangsung di JCC nanti malam, aparat kepolisian mengerahkan 2.464 personel yang bakal disebar ke sejumlah titik.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar acara debat kedua Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Kali ini debat para calon wakil presiden (cawapres) yang akan digelar hari ini di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Pada debat cawapres kali ini bakal membahas tema tentang Ekonomi (ekonomi kerakyatan serta ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)-Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Infrastruktur dan Perkotaan.

Ada 11 orang panelis yang bakal menyiapkan pertanyaan untuk debat cawapres dengan dipandu dua moderator yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. 

Sebelum diberikan ke moderator debat, pertanyaan akan diserahkan ke KPU terlebih dahulu setelah proses pembuatan pertanyaan selesai. Hal ini diungkap Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Gedung KPU, Kamis, 21 Desember kemarin. 

"Dan nanti setelah daftar pertanyaan selesai sebagaimana terjadi di debat pertama akan diserahkan ke KPU, dan hari H akan disampaikan ke moderator," kata Hasyim. 

Terkait pengamanan debat cawapres yang akan berlangsung di JCC nanti malam, aparat kepolisian mengerahkan 2.464 personel yang bakal disebar ke sejumlah titik. 

Sementara itu, demi menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas saat debat cawapres 2024 dilaksanakan, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan. 

Berikut sederet persiapan yang telah dilakukan jelang debat cawapres yang kali ini digelar Jakarta Convention Center (JCC) malam nanti dihimpun dari Liputan6.com: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tim Panelis sedang Bekerja Menyusun Daftar Pertanyaan untuk Cawapres

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menyatakan 11 panelis debat calon wakil presiden (cawapres) sudah berada di Jakarta.

Hasyim mengatakan ke-11 panelis tengah menyusun pertanyaan yang akan dilontarkan kepada ketiga cawapres dalam debat yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

"Tim panelis sebagaimana debat pertama, sudah hadir di Jakarta dan sedang bekerja menyusun daftar pertanyaan untuk bahan debat kedua untuk cawapres," ujar Hasyim Asy'ari di kantor KPU RI, Jakarta, Kamis, 21 Desember 2023.

Debat kedua yang diperuntukan bagi para cawapres dijadwalkan digelar mulai pukul 19.00 WIB. Ketiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming dan Mahfud Md akan menunjukkan kemampuan mereka dalam debat tersebut.

Berikut daftar nama 11 panelis debat cawapres 22 Desember 2023:

1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020),

2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember),

3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023),

4. Fausan Al Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung),

5. Handri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia),

6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN),

7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM),

8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025),

9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro),

10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), dan

11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS)

3 dari 7 halaman

2. KPU Siapkan Podium untuk Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyiapkan podium dalam debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Berbeda dengan debat pertama capres, podium akan digunakan mulai pada debat kedua antar-cawapres yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2023.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyatakan, pihaknya akan menyiapkan podium untuk debat capres-cawapres pada pilpres 2024. Hasyim Asy'ari mengatakan adanya podium ini berdasarkan evaluasi dari debat pertama capres yang digelar Selasa, 12 Desember 2023.

"Jadi mulai debat kedua (Jumat, 22 Desember 2023) sampai terakhir, masing-masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana, begitu untuk cawapres maupun capres, nanti yang selanjutnya kampanye melalui metode debat ini. Kalau kemarin kan sama sekali tidak ada podium kan, nanti akan pakai podium," ujar Hasyim di Gedung KPU RI, Senin, 18 Desember 2023.

Sementara untuk durasi debat cawapres, dia menyebut tak jauh berbeda dengan debat capres yang diselenggarakan di KPU pada Selasa 12 Desember 2023 lalu. Hasyim menyebut, durasi yakni 150 menit. Sedangkan untuk durasi khusus debatnya sepanjang 120 menit.

"Dan kemudian durasi waktu debat juga masih sama persis, 150 menit. Dan dengan durasi khusus untuk debatnya 120 menit dengan 6 segmen. Jadi durasinya sama persis, seperti misalkan ketika diajukan pertanyaan oleh panelis, maka calon wakil presiden yang akan menjawab diberikan kesempatan untuk menjawab sekitar 2 menit," kata Hasyim.

Pakar telematika, Roy Suryo, menyarankan agar podium yang digunakan dalam debat capres-cawapres nanti dibuat dengan bahan transparan. Hal ini penting untuk menghindari kecurangan di balik podium.

"Untuk menghindari cheating (curang) adanya hidden atau remote prompter, saya mendesak agar podium dibuat transparan seperti ini (gambar podium transparan_red). Murah dengan harga akrilik cukup," ujar Roy Suryo kepada Liputan6.com, Rabu, 20 Desember 2023.

4 dari 7 halaman

3. Panelis Siapkan 18 Pertanyaan untuk Ketiga Kandidat Cawapres

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) Hasyim Asy'ari menyatakan pihaknya menyiapkan 18 pertanyaan yang tengah disusun oleh 11 panelis untuk debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat, 22 Desember 2023.

"Panelis menyiapkan 18 pertanyaan, ada 6 sub tema," ujar Hasyim di Gedung KPU, Kamis (21/12/2023).

Hasyim menyebut nanti pihaknya akan mengundi pertanyaan yang akan diberikan moderator kepada ketiga cawapres yakni, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. Kata Hasyim, pertanyaan yang akan diberikan kepada ketiga cawapres diundi semata demi keadilan.

"Pertanyaan dalam sub tema masing-masing ada 3 itu kan, soal undian. Dalam pandangan kami itu lebih fair daripada KPU yang menentukan karena pastilah ada tuduhan di-setting," kata Hasyim.

"Jadi, dari masing-masing sub tema sudah ada pertanyaan dan sudah terambil," Hasyim menambahkan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka akan menjadi kontestan pertama yang akan menyampaikan visi misi dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat, 21 Desember 2023.

"Perlu diketahui bahwa pada debat pertama kemarin pada 12 Desember 2023 urutan penyampaian visi misi debat dimulai nomor urut 01. Debat kedua dari cawapres dimulai nomor urut 02. Debat selanjutnya akan dari nomor urut 03 dan seterusnya," ujar Hasyim Asy'ari di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

 

5 dari 7 halaman

4. Ada Podium, KPU Larang Cawapres Pakai Teleprompter dan Ponsel Dalam Debat

Komisi Pemilihan Umum (KPK) menyebut para calon wakil presiden (cawapres) tak menggunakan teleprompter atau alat bantu baca dan telepon seluler dalam debat cawapres yang akan digelar di JCC, Senayan, Jumat (22/12/2023). 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyebut, meski nantinya ada podium dalam debat, namun benda terlarang tersebut tak boleh digunakan oleh Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

"Semua pasangan calon mengusulkan agar dalam perdebatan nanti disiapkan podium untuk masing-masing capres maupun cawapres yang akan debat. Di Podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, bolpoin dan kertas," ujar Hasyim di Gedung KPU, Kamis (21/12/2023).

"Hanya saja alat bantu yang lain, teleprompter atau ipad atau yang lain-lain tidak diperbolehkan," Hasyim menambahkan.

Hasyim menyebut yang boleh disiapkan oleh cawapres hanya alat tulis berupa kertas kosong dan bolpoin. Dia memastikan hal tersebut juga dilakukan dalam debat perdana capres pada Selasa 12 Desember 2023 kemarin.

"Jadi alat bantu yang diperbolehkan yang disepakati adalah alat tulis berupa kertas dan bolpoin. Dan debat pertama juga kemarin tidak ada alat bantu yang digunakan oleh masing-masing capres, dan bahkan pada debat pertama kemarin tidak menggunakan podium," kata Hasyim.

6 dari 7 halaman

5. 2.464 Polisi Diterjunkan untuk Amankan Debat Cawapres Hari Ini

Polri mengerahkan sebanyak 2.464 personel untuk mengamankan debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

"Total (personel pengamanan) Polri 2.464 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya.

Ribuan personel itu terdiri dari 166 personel Satgaspus, 298 Satgasres, dan sisanya merupakan personel Satgasda yang akan disebar ke beberapa titik sekitar JCC.

Untuk antisipasi kemacetan jelang debat cawapres, kata Trunoyudo, pihaknya masih menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar JCC. Namun demikian rekayasa lalu lintas yang akan disiapkan nantinya masih bersifat situasional.

7 dari 7 halaman

6. Ada Debat Perdana Cawapres, Ini Rencana Pengalihan Arus Lalu Lintas

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mengalihkan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan menuju ke Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada hari ini Jumat (22/12/2023).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, pihaknya ingin mewujudkan Kamseltibcarlantas yang kondusif pada saat pelaksanaan kegiatan debat perdana cawapres 2024.

"Kami menjamin Kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman bagi warga yang akan melintas obyek pada kegiatan debat cawapres 2024," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (22/12/2023).

Latif membeberkan rekayasa lalu lintas dilakukan di dua titik. Adapun, arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.

Sedangkan, arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

Sementara itu, hanya empat pintu yang menjadi akses bagi para tamu dan undangan.

Adapun, pintu lima menjadi pintu keluar, pintu tujuh menjadi pintu masuk dan keluar, pintu delapan menjadi pintu keluar, terakhir pintu 10 menjadi pintu masuk dan keluar

Sebanyak 80 personel lantas dikerahkan. Latif berharap pelaksanaan rekayasa lau lintas debat cawapres di JCC, Senayan Jakarta Pusat dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.