Sukses

Mobil Rombongan Anies Baswedan Kecelakaan Beruntun di Aceh, Tidak Ada Korban Jiwa

Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy mengatakan, kecelakaan beruntun mobil rombongan Anies Baswedan terjadi pada pukul 13.40 WIB. Saat itu, insiden terjadi di Jalan Lintas Medan - Banda Aceh Ds Paya Demam Dua, Pante Bidari, Aceh Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Rombongan mobil Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengalami kecelakaan beruntun ketika tengah melakukan kegiatan kampanye di wilayah Aceh, pada Minggu (17/12/2023).

Anies dipastikan selamat dari insiden kecelakaan beruntun yang terjadi di Desa Paya Demam Dua Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur itu. Polisi menyebut, usai kejadian tersebut, rombongan utama dapat melanjutkan kegiatan kampanye di Aceh dengan lancar.

"Untuk rombongan utama tidak terlibat kecelakaan dan tetap menuju lokasi melaksanakan kegiatan di Masjid Ba'alawa Aceh Timur. Saat ini, rombongan telah tiba di Langsa untuk kegiatan selanjutnya," kata Dirlantas Polda Aceh Kombes M Iqbal Alqudusy saat dikonfirmasi.

Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy mengatakan, kecelakaan beruntun terjadi pada pukul 13.40 WIB. Saat itu, kecelakaan terjadi di Jalan Lintas Medan - Banda Aceh Ds Paya Demam Dua, Pante Bidari, Aceh Timur.

"Kendaraan yang terlibat Mobar Isuzu Doble Cabin Nopol 14679-1 dengan Mobar Mitsubishi Tronton BK 8440 XE Serta Mopen Toyota Kijang Innova BK 1694 NR," ujar Iqbal.

Meski begitu, Iqbal menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan rombongan Capres nomor urut satu itu. Namun, ia menyebut, kerugian materil mencapai Rp 25 juta.

Iqbal menjelaskan, mulanya kendaraan rombongan Anies Baswedan terbagi menjadi dua rombongan. Dengan rincian rombongan Capres Anies Baswedan merupakan rombangan utama. Total, dua kendaraan iring-iringan yang mengalami kecelakaan.

Menurutnya, insiden bermula saat mobil Mitsubishi tronton bernomor polisi BK 8440 XE melaju dari arah Medan menuju arah Banda Aceh. Bersamaan, pada arah berlawanan juga melaju kendaraan pengawalan milik Polri.

"Setiba di lokasi kejadian, mobil jenis Toyota Kijang Innova yang ikut rombongan yang berada di iringan belakang mengerem tiba-tiba," kata Iqbal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Anies Baik

Buntut hal ini, mobil rombongan lain yang ada di belakang otomatis ikut mengerem mencoba berbelok ke kanan untuk menghindari tabrakan dengan Toyota Kijang Innova yang ada di depan. Namun, mobil pengawalan menabrak Mitsubishi tronton dari arah berlawanan.

"Pada saat bersamaan dari arah berlawanan melaju mobil barang jenis Mitsubishi tronton. Dikarenakan jarak yang sudah sangat dekat, mobil pengawalan terhempas dan menabrak pada bagian depan sebelah kanan mobil barang Mitsubishi tronton tersebut," ucap Iqbal.

Terpisah, Juru bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Indra Charismiadji, ikut mengonfirmasi kondisi Anies dan rombongan pasca insiden tabrakan beruntun di Aceh. Indra mengatakan saat ini kondisi Anies dan rombangan baik-baik saja.

"Kondisi semua baik-baik saja," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.