Sukses

2 Ribu Umat Kristiani di Gereja Katedral Saksikan Drama Tablo

Lebih dari 2 ribu umat Kristiani merayakan Jumat Agung dalam perayaan Hari Raya Paskah di Gereja Katedral, Jakarta. Dalam rangkaian pekan suci itu, umat Kristiani disuguhi drama penyiksaan Yesus Kristus atau yang dikenal Tablo.

Rasa haru itu terlihat saat pemeran Yesus Kristus mendapat penyiksaan dan diarak oleh tentara Kerajaan Romawi di sekitar ruang gereja. Hampir semua umat Kristiani yang memadati ruang berasitektur Itali itu terlihat khidmat dan haru, baik kalangan anak-anak hingga dewasa.

Rasa haru semakin terlihat di setiap wajah jemaat saat pemeran Yesus Kristus ditelanjangi dari jubahnya dan disalib hingga terlihat jelas luka-luka di sekujur tubuhnya. Bahkan, di antara jemaat tak kuasa meneteskan air mata saat Ibunda Maria menangisi putra Yesus di pangkuanya usai penyaliban.

Suasana haru tidak hanya terlihat di dalam gereja, di pelataran gereja yang jumlahnya melebihi jemaat di ruang utama Katedral itu pun tak jauh berbeda. Selain antusiasme tinggi, mereka juga terlihat haru meski hanya melihat pementasan Tablo melalui layar televisi dan layar lebar (big screen).

Pementasan drama penderitaan Yesus Kristus yang berlangsung sekitar 1 jam itu berakhir sekitar pukul 11.00 WIB dan diakhiri dengan doa Suci Agung. (Frd)