Sukses

Pj Gubernur Kaltim Sebut Kota Samarinda Punya Obyek Wisata Menjanjikan

Bagi Akmal, potensi wisata olahraga jetski di Sungai Mahakam tak kalah bagus dengan yang ada di kota lain. Lokasinya sudah ada, yakni di kawasan teluk Sungai Mahakam Kota Samarinda. Hanya saja, tinggal bagaimana mengemasnya.

Liputan6.com, Samarinda Samarinda adalah Ibu Kota dari Provinsi Kalimantan Timur yang punya banyak obyek wisata, salah satunya yang akan menarik potensi wisatawan adalah Sungai Mahakam. Demikian dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Dr Akmal Malik, saat mencoba olahraga jetski di Sungai Mahakam Kota Samarinda. Setelah berolahraga, dia mengatakan jetski Sungai Mahakam akan maju menjadi potensi wisata Sungai.

"Objek wisata Kota Samarinda sangat menjanjikan, bahkan terus berkembang maju. Salah satunya permainan jetski atau olahraga jetski di Sungai Mahakam," katanya saat menghadiri Festival Mahakam Kota Samarinda Tahun 2023, di Dermaga Pasar Pagi Samarinda.

Bagi Akmal, potensi wisata olahraga jetski di Sungai Mahakam tak kalah bagus dengan yang ada di kota lain. Lokasinya sudah ada, yakni di kawasan teluk Sungai Mahakam Kota Samarinda. Hanya saja, tinggal bagaimana mengemasnya. Mulai keamanan, ketertiban dan kebersihan harus diperhatikan. Bahkan, terpenting lagi adalah mampu melibatkan masyarakat.

"Jadi, wisata yang bagus itu adalah, wisata yang mampu melibatkan masyarakat. UMKMnya bergerak, pertumbuhan ekonomi masyarakat membaik. Terutama, melalui wisata permainan jetski Sungai Mahakam," ujar Akmal. 

Pemprov Kaltim mengapresiasi Pemkot Samarinda yang sudah mengembangkan objek wisata di wilayahnya. Artinya, objek wisata yang bagus adalah mampu melibatkan masyarakat. Dengan begitu, maka akan mampu membangkitkan pertumbuhan UMKM. Bahkan, ketika Kota Samarinda ingin mengembangkan objek wisata di pinggiran Sungai Mahakam atau Tepian Mahakam, maka Pemprov menegaskan, kondisi tersebut harus ada kolaborasi.

"Maka dari itu, saya akan komunikasi dengan berbagai pihak di lingkungan Pemprov Kaltim, yakni Dinas Pariwisata Kaltim. Karena itu, pemprov siap mendukung. Karena, semua manfaatnya masyarakat yang menerima. Sebab, Kota Samarinda kita siapkan sebagai salah satu destinasi wisata bagi masyarakat  IKN nanti," ujarnya. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini