Sukses

Jokowi Groundbreaking Pabrik Pupuk di Fakfak Papua Hari Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kunjungan kerja hari keduanya di Provinsi Papua, pada Kamis (23/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kunjungan kerja hari keduanya di Provinsi Papua, pada Kamis (23/12/2023).

Jokowi diagendakan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama Proyek Strategis Nasional Kawasan Industri Pupuk Fakfak.

Jokowi akan mengawali kegiatannya dengan menghadiri Puncak Acara Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023 yang digelar di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Setelahnya, masih di Kabupaten Biak Numfor, Jokowi akan meninjau dan meresmikan Kampung Nelayan Modern. Pada siang hari, Jokowi dan rombongan akan bertolak menuju Bandar Udara Siboru, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Setibanya di sana, Presiden akan meresmikan Bandar Udara tersebut.

Usai peresmian bandara, dia dijadwalkan untuk melanjutkan perjalanan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU menuju PSN Kawasan Industri Pupuk Fakfak, Distrik Arguni, Kabupaten Fakfak untuk melaksanakan groundbreaking Proyek Strategis Nasional Kawasan Industri Pupuk Fakfak.

Sebelumnya, PT Pupuk Indonesia (Persero) akan memulai proyek pembangunan pabrik pupuk di Papua Barat pada akhir November tahun ini, setelah lebih dari 40 tahun tidak ada pembangunan industri pupuk baru di Tanah Air.

"Kita bangun pabrik satu lagi di Papua Barat, Insya Allah groundbreaking oleh Presiden tanggal 24 November 2024, sebagai tanda dimulainya proyek," kata Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi, usai acara Jambore Makmur di kawasan PT Pupuk Kujang, Karawang, Jabar, Sabtu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih dari 40 Tahun Tak Ada Pabrik Pupuk

Rahmad mengatakan, pembangunan industri pupuk di Indonesia sudah dimulai pada tahun 1958, kemudian tahun 1972, dan terakhir kali dilakukan pembangunan industri pupuk satu klaster pada tahun 1982.

Sejak tahun 1982 itu, pemerintah tidak membangun industri pupuk, dan baru akan dimulai lagi pembangunannya pada 24 November 2023.

"Setelah lebih dari 40 tahun tidak ada pembangunan industri pupuk baru, kita akan mulai membangun satu klaster di Papua Barat,” katanya.

Rahmad menyebutkan bahwa pabrik pupuk di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, menjadi yang pertama di wilayah Indonesia Timur.

 

3 dari 3 halaman

Suplai Kebutuhan Pupuk di Papua

Selanjutnya, pabrik tersebut diproyeksikan untuk menyuplai kebutuhan pupuk di kawasan pertanian di tanah Papua.

Pihaknya optimis keberadaan pabrik itu akan membantu Indonesia untuk mencapai swasembada pangan.

Menurut dia, Pupuk Indonesia menjadi salah satu investor dalam proyek dalam proyek pembangunan pabrik pupuk di Papua Barat tersebut. Ditargetkan akan selesai dan mulai produksi pada tahun 2028.

Untuk kapasitas produksi pabrik tersebut sebesar 3.500 ton pupuk urea per hari atau 1,2 juta ton per tahun.

Ia mengatakan, ke depan pangsa pasar dari pabrik pupuk di Kabupaten Fakfak, Papua Barat akan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, khususnya di wilayah Papua. Sebab selama ini petani di wilayah itu harus mengeluarkan biaya tinggi untuk mendapatkan pupuk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam/tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman.

    Pupuk

  • Papua

  • fakfak