Sukses

Puji Indonesia Tahan Imbang Ekuador, Jokowi: Meskipun Mati-matian Jaga Gawang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menyaksikan pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 melawan Timnas U-17 Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 10 November 2023. Jokowi senang dengan hasil imbang yang diraih Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menyaksikan pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 melawan Timnas U-17 Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 10 November 2023. Jokowi senang dengan hasil imbang yang diraih Timnas Indonesia.

"Senanglah senang, karena 1-1 yang pertama berarti kita dapat satu poin meskipun mati-matian menjaga agar gawang kita enggak bobol lagi," kata Jokowi kepada wartawan usai menyaksikan pertandingan, Jumat malam.

Dia menyebut bahwa memang terdapat perbedaan peringkat antara Indonesia dengan Ekuador. Kendati begitu, Jokowi tetap mengapresiasi hasil kerja keras Garuda Muda dalam penampilan pertamanya di perhelatan pertandingan sepakbola internasional tersebut.

"Memang ranking-nya ini beda, Ekuador itu ranking ke-38 dan kita 145, jadi ini mohon juga dilihat, tapi tadi mati-matian tim U-17 kita," jelas Jokowi.

"Sangat bagus, sangat bagus, untuk tampilan yang pertama saya kira sangat bagus," sambung Jokowi.

Menurut Jokowi, pemain Timnas U-17 Indonesia masih terlihat gugup pada 10 menit pertama. Untuk itu, Jokowi pun berharap dalam pertandingan selanjutnya Indonesia dapat memperoleh skor yang lebih banyak.

"Ya nanti dengan Panama lah moga-moga tiga poin," ucap Jokowi.

Saat menyaksikan laga tersebut, tampak Jokowi duduk bersebelahan dengan Presiden Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) Gianni Infantino di sebelah kanannya dan sang cucu, Jan Ethes di sebelah kirinya.

Dalam pertandingan, gol pertama Garuda Muda berhasil dicetak oleh Arkhan Kaka pada menit ke-22 babak pertama dengan tendangan langsung di depan gawang lawan. Namun, pertahanan Timnas Indonesia berhasil ditembus dengan gol dari Timnas Ekuador di menit ke-28 yang menjadikan skor imbang.

Memasuki babak kedua, Timnas U-17 Indonesia bermain lebih defensif untuk mempertahankan gawang dari bola lawan dan berhasil mempertahankan skor pertandingan 1-1 hingga pertandingan selesai.

Dalam laga tersebut hadir pula Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Raih Poin Berharga di Laga Perdana

Timnas Indonesia mendapat poin berharga pada perjuangan di Piala Dunia U-17 2023. Pasukan Bima Sakti sukses menahan Ekuador 1-1 pada laga Grup A di Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023).

Arkhan Kaka membawa Timnas U-17 Indonesia memimpin di menit ke-22. Ekuador kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-28 melalui Allen Obando.

Usai seri melawan Ekuador, Timnas Indonesia akan melakoni laga kontra Panama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Senin (13/11/2023).

Hasil Lengkap Piala Dunia U-17, Jumat (10/11/2023)

Grup A:

Panama vs Maroko : 0-2

Indonesia vs Ekuador: 1-1

Grup B

Mali vs Uzbekistan: 3-0

Spanyol vs Kanada: 2-0

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Puji Pemain Timnas U-17 dan Suporter Indonesia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga mengapresiasi perjuangan Arkhan Kaka dan kawan-kawan. Menurut Erick, semangat Hari Pahlawan yang tepat jatuh Jumat, 10 November 2023, menjadi inspirasi untuk mencetak sejarah.

"Alhamdulillah tepat di Hari Pahlawan dan stadion yang memakai nama Bung Tomo, anak-anak menunjukkan semangat tak mau kalah. Hari bersejarah ini Alhamdulillah kita meraih hasil yang bersejarah bagi sepak bola Indonesia yang merebut poin pertamanya di Piala Dunia," ujar Erick Thohir usai pertandingan, Jumat (10/11/2023).

Erick pun menilai dukungan suporter timnas, termasuk Presiden Jokowi yang hadir langsung mampu membakar semangat pemain Timnas U-17. Menurut Erick hal ini merupakan kebanggaan karena Timnas Indonesia mampu tampil baik di laga yang disorot dan disaksikan tokoh sepak bola dunia.

"Terima kasih atas dukungan para suporter termasuk Presiden Jokowi yang telah menjadi pemain ke-12 bagi timnas. Hari ini kita buktikan kepada dunia Indonesia bisa! Sekali lagi terima kasih," ujar Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.