Sukses

Jokowi Jenguk Mantan Kepala BNPB Doni Monardo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjenguk mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (Purn) Doni Monardo di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Selasa (7/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjenguk mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (Purn) Doni Monardo di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Selasa (7/11/2023). Doni Monardo sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

"Pagi ini Selasa 7 November 2023 sekitar pukul 07.30 Bapak Presiden Joko Widodo berkunjung ke Rumah Sakit Siloam Semanggi untuk membesuk sekaligus mendoakan Letjen Purn DR HC Doni Monardo," kata Tenaga Ahli BNPB 2019-2023 Egy Massadiah dikutip dari siaran persnya, Selasa (7/11/2023).

Jokowi terlihat memasuki rumah sakit langsung masuk lift menuju lantai 29. Kedatangan Jokowi disambut Santi Monardo, istri Doni Monardo dan keluarga lainnya.

Jokowi mendoakan mantan Kepala BNPB 2019-2021 tersebut. Setelah itu Presiden menyempatkan berbincang dengan keluarga bersama tim dokter yang merawat Doni.

"Presiden berada di rumah sakit sekitar 30-an menit," ujar Egy Massadiah.

Sebelumnya, Doni yang tengah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letjen TNI (Purn) Doni Monardo dirawat intensif di rumah sakit.

Berita sakitnya Donny dikonfirmasi oleh mantan bawahannya di BNPB yaitu Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

"Ya Pak Doni dirawat sejak Rabu 20 September 2023 malam," ujar Abdul.

Namun, dia tak mengungkapkan sakit yang tengah diidap Doni. Dia mengatakan, hal tersebut hanya bisa diungkap oleh pihak keluarga Doni Monardo.

"Saya tidak bisa memberikan informasi dulu. Nanti menunggu konfirmasi keluarga ya," ujar Abdul.

Doni sendiri menjabat sebagai Ketua Umum PPAD untuk periode 2021-2026. Ia dikukuhkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada 8 Februari 2022 lalu di Mabesad, Jakarta Pusat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa untuk Doni Monardo

Sabtu (23/9/2023) Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) juga menggelar acara doa bersama untuk kesembuhan ketua umumnya. Doni Monardo adalah Ketua Umum PPAD periode 2021 – 2026. "Doa bersama bersama anak yatim dilakukan secara offline dan online (zoom meeting)," jelas Mayjen Purn DR Komaruddin Simanjuntak Sekjen PPAD.

Kegiatan offline dilangsungkan di Aula Soerjadi, Kantor PP PPAD, Jl Matraman, Jakarta Timur mulai pukul 14.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, tampak hadir dalam acara itu secara virtual, sesepuh PPAD yang juga mantan Wakil Presiden, Jenderal TNI Purn Try Sutrisno. Jenderal Try tampak memegang buku yasin dan tasbih serta khusuk mendoakan kesembuhan Doni Monardo, salah satu junior yang ia sayangi.

Hari yang sama, juga dilakukan kegiatan serupa di PPAD Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang dikoordinir oleh Brigjen TNI Purn Yudi Zanibar. Salah satu teman seangkatan Doni Monardo (AMN 1985).

Di tempat terpisah, kegiatan doa bersama juga digelar jajaran pimpinan dan karyawan MIND ID, Perusahaan holding tambang negara, di mana Doni Monardo adalah Komisaris Utama-nya.

3 dari 4 halaman

Kondisi Stabil

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Purn) Doni Monardo sedang menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit.

Kabar itu disampaikan langsung oleh adik kandungnya, Ogi Rulino lewat rekaman video, pada Jumat (22/9/2023).

"Benar bahwa Pak Doni Monardo sedang dirawat secara intensif di suatu rumah sakit dibawah pengawasan tim dokter," kata Ogi.

Ogi memyampaikan, kondisi kakak kandungnya saat ini dalam keadaan stabil. Dia pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut mendoakan supaya kembali seperti sediakala.

"Kami mengharapkan doa yang tulus dari seluruh masyarakat rakyat Indonesia untuk kesembuhan bapak Doni Monardo sehingga beliau bisa kembali pulih sehat seperti sediakala," ujar dia.

"Tentunya kepada rekan-rekan media kami mengharapkan dukungan yang luar biasa perhatian yang sangat sangat luar bisa kepada abang kami," Ogi menandaskan.

Kondisi Doni Monardo dalam keadaan stabil juga dibenarkan oleh Egy Massadiah, staf khusus BNPB 2019-2021 saat Doni Monardo menjabat Kepala BNPB.

4 dari 4 halaman

Usai Dioperasi

Kabar tersebut diterima Liputan6.com, Kamis (21/9/2023), dalam sebuah pesan singkat aplikasi percakapan. 

 Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) tersebut dirawat di rumah sakit pada tanggal 20 September 2023. 

"Pukul 04.01 WIB telah selesai menjalani operasi dan masuk ruangan ICU," tulis pesan tersebut.

"Iya, sedang sakit dan dalam perawatan. (Dirawat sejak) tadi malam," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Kamis (21/9).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.