Sukses

Apkasi Apresiasi Kesuksesan Pelaksanaan Lake Toba Fashion Week and Agriculture 2023

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) atas kesuksesan menggelar Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) atas kesuksesan menggelar Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023 di Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, selama tiga hari 6-8 Oktober 2023 silam.

Apresiasi ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (12/10/2023).

“Selama saya mengikuti acara hingga acara penutupan, merasa tidak sedang berada di kota kabupaten tapi justru seperti di kota besar seperti Jakarta, karena gelaran fashion show tersebut sangat profesional, mulai dari tata panggungnya, lightingnya, LED backdrop, sound systmen-nya, kemudian juga penampilan para modelnya bahkan mendatangnya designer kondang Poppy Dharsono tentu ini sangat luar biasa,” imbuhnya.

Sarman merasa senang atas gelaran tersebut lantaran para penampilnya mampu mempromosikan kain-kain khas yang ada di sana dan sudah dimodifikasi secara modern. Gelaran ini, ujarnya telah membuat UMKM-UMKM yang bergerak di bidang batik, fashion di sekitar Danau Toba akan bisa berkembang.

Selain itu, Sarman juga merasa kagum atas rangkaian acara yang dilakukan mampu menggelar expo dengan menampilkan produk-produk unggulan UMKM dari kabupaten-kabupaten di kawasan Danau Toba.

“Ini merupakan bentuk kolaborasi antar daerah yang sangat baik sekali, sehingga masyarakat di sana juga mengetahui apa sih produknya dari Kabupaten Indrmayu dan apa produk unggulan dari Kabupaten Buru Selatan. Kita berharap pagelaran seperti ini bisa terjalin untuk saling mendukung antar kabupaten dengan kabupaten lainnya,” ujar pria kelahiran Dairi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berharap Ada Kolaborasi 9 Kabupaten di Sekitar Danau Toba

Sarman menambahkan, apa yang disuguhkan di Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023 dengan menghadirkan kategori SD, SMP, SMA dan juga umum, ternyata pesertanya sangat banyak dan para pemenangnya diakui memiliki talenta mengagumkan.

“Saya tidak menyangka fashion show yang digelar di kelas kabupaten ini muncul para talenta yang luar biasa. Diharapkan mereka nantinya mampu mempromosikan berbagai kain-kain wastra nusantara di tempat lokal tersebut ke jenjang yang lebih tinggi lagi, baik di tingkat nasional hingga internasional.” ucapnya.

Apkasi, masih menurut Sarman, memberikan apresiasi dan berharap agar kolaborasi antar 9 kabupaten se-kawasan Danau Toba ini nantinya semakin kuat.

“Ini untuk menjadikan Danau Toba menjadi destinasi super prioritas atau destinasi pariwisata unggulan di Indonesia dan salah satu forum yang mampu menyuarakan aspirasi bersama tersebut bisa melalui ajang Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023,” katanya.

3 dari 4 halaman

Respons Positif Pengunjung

Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini, imbuh Sarman, nyatanya sukses mendapat respon positif dari masyarakat dengan dihadiri ribuan pengunjung.

“Kami berharap siapa pun nanti yang akan menjadi tuan rumah di tahun mendatang, karena rencananya akan digilir per kabupaten, bisa melakukan evaluasi sehingga pelaksanaannya bisa lebih baik lagi. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu menggantikan Pesta Danau Toba yang selama tiga tahun terakhir absen," kata Sarman

"Kami dari Apkasi berharap agar lebih terjalin kerjasama yang makin solid, kolaborasi dan sinergi di antara pemkab yang ada di Kawasan Danau Toba sehingga mampu mendorong penyelenggaraan Lake Toba Fashion Week & Agriculture yang makin meningkat kulitasnya dari tahun ke tahun," lanjutnya.

Hal lain yang perlu menjadi catatan, imbuh Sarman, agar pemkab-pemkab dapat menjalankan fungsi pembinaan kepada masyarakat guna menumbuhkan jiwa melayani kepada para pengunjung maupun para tamu dari luar daerah.

“Karena kalau mau menjadi destinasi super prioritas, haruslah didukung dengan mindset masyarakatnya sebagai daerah pariwisata seperti halnya mindset wisata yang sudah dimiliki masyarakat di Bali. Mindset ini akan mendorong gaya hidup wisata sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka, sehingga dengan sendirinya mereka akan menjaganya dari berbagai aspek, baik itu sisi pelayanan, kebersihan, budaya, keramahan, kenyaman, keamanan dan lain-lainnya." kata dia.

4 dari 4 halaman

Suguhan Pemandangan Luar Biasa Danau Toba

Sementara itu Putri Otonomi 2023 Elisha Lumintang yang juga berkesempatan hadir dan tampil di acara Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023 mengaku sangat menikmati suguhan pemandangan Danau Toba dan ia sangat terkesan saat mengunjungi Makam Raja Sisingamangaraja yang pertama hingga yang ke-11.

Elisha juga mengakui pemandangan yang sangat elok ia jumpai saat mengunjungi Desa Simangulampe, Bakkara, Kabupaten Humbahas.

“Menurut saya ini tempat wisata baru, yang sangat keren dan potensinya sungguh luar biasa. Apalagi di Topi Ni Tao ada spot foto yang sangat bagus berlatarbelakang dermaga. Apalagi ada fasilitas berupa Paddle Board. Tadi aku udah nyobain standing paddle board, agak gemeteran. Tapi ternyata seru. Kalau cuman sejam atau dua jam di sini, saya rasa kurang cukup waktunya. Lebih bagus kalau camping di sini, bakar-bakar bisa, mancing juga bisa. Jadi kalau ke area Danau Toba jangan lupa datang ke Topi Ni Tao di Desa Simangulampe, Bakkara, Kabupaten Humbang Hasundutan,” kata gadis ayu kelahiran Minahasa Utara ini antusias.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.