Sukses

3.409 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan MotoGP Mandalika 2023

Sebanyak 3.409 personel gabungan ikut terlibat dalam pengamanan gelaran MotoGP 2023 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 3.409 personel gabungan ikut terlibat dalam pengamanan gelaran MotoGP 2023 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober 2023 mendatang.

"Memang jumlah ini yang kami siapkan saat ini, namun bisa berubah seiring dengan kondisi di lapangan," kata Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Djoko Poerwanto dilansir dari Antara, Senin (9/10/2023).

Djoko menjelaskan, personel gabungan yang terlibat pengamanan berasal dari TNI/Polri, Basarnas, dan unsur pemerintah daerah dengan jumlah mencapai 3.000 orang.

"Sisanya, 409 orang berasal dari perbantuan Mabes Polri, Polda Lampung, Polda Sumatera Selatan, dan Polda Jawa Timur," ucap dia.

Djoko mengatakan bahwa pengamanan akan berjalan selama sepekan terhitung sejak Selasa 10 Oktober 2023 hingga dengan Senin 16 Oktober 2023 mendatang.

Hal itu dilaksanakan untuk mengantisipasi keamanan sebelum hingga sesudah kegiatan yang berlangsung selama tiga hari terhitung sejak 13 sampai 15 Oktober 2023.

Untuk memastikan kesiapan personel, Kapolda NTB sebagai penanggung jawab pengamanan MotoGP Mandalika telah menyelenggarakan apel Pasukan Operasi Mandalika II Rinjani 2023 di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Senin (9/10/2023) pagi.

Kepada personel yang bertugas, Djoko mengingatkan untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan berharap agar menjadikan amanah tugas ini sebagai ladang ibadah.

"Tidak lupa laksanakan tugas secara profesional dan humanis. Tetap waspada, tetap koordinasi, antisipasi segala potensi gangguan," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa pola pengamanan masih menggunakan strategi pada gelaran sebelumnya, baik dalam menciptakan rasa nyaman dan aman pengunjung, pengaturan arus lalu lintas, pengawalan tamu VVIP, maupun pengamanan segala bentuk ancaman dan gangguan pelaksanaan.

"Pada prinsipnya pengamanan sudah siap dan keselamatan rakyat menjadi hal yang utama," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kargo MotoGP Mandalika 2023 Seberat 525 Ton Diangkut Melalui Laut dan Udara

MotoGP 2023 akan memasuki seri ke-16 balapan digelar di sirkuit Pertamina Mandalika pada 13-15 Oktober 2023. Kesuksesan gelaran MotoGP Mandalika 2023 tak hanya berlangsung di sirkuit, tapi juga ada peran perusahaan kargo yang memastikan perpindahan kargo peralatan balap tim MotoGP berlangsung lancar.

Semua persiapan telah dilakukan guna menyambut ajang balap motor paling bergengsi di dunia saat ini. Demikian juga penanganan kargo MotoGP baik saat kedatangan dan kepulangan race equipment.

Angkasa Pura Logistik (APLog) kembali dipercaya menangani kargo MotoGP Mandalika 2023. Ini mengulangi kesuksesan mereka usai menangani beberapa kargo event internasional sebelumnya.

Kedatangan logistik pembalap MotoGP dilakukan secara bertahap dimulai sejak 28 September 2023 – 9 Oktober 2023 dengan total kurang lebih 525 ton. Sebanyak 20 total kontainer asal negara Eropa dan Asia tiba dan diperiksa oleh pihak Bea Cukai di Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya.

Setelah itu, kargo kontainer melanjutkan perjalanan via laut kembali menuju Pelabuhan Lembar Lombok NTB, dan terakhir via darat menuju Mandalika Internasional Circuit.

Disamping melalui sea freight atau kapal laut, sejak awal pekan, kedatangan kargo MotoGP juga dikirimkan melalui logistik udara dengan menggunakan Nippon Cargo Airlines. Pesawat pertama yang memiliki nomor penerbangan KZ6231 mengangkut motor dan spare part serta alat pendukung MotoGP sudah tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) dengan muatan kurang lebih 111 ton.

Sedangkan pesawat kedua dengan flight number KZ2233 membawa muatan kurang lebih 93 ton yang berisi perlengkapan balap para tim di MotoGP Mandalika 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.