Sukses

5 Respons Partai NasDem Usai Mentan Syahrul Yasin Limpo Hilang Kontak, Bantah Kabur

Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni memastikan, Mentan Syahrul Yasin Limpo alias SYL tidak menghilang. Sahroni memastikan ada kegiatan SYL yang tidak bisa ditunda.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dikabarkan hilang kontak oleh Wakil Menteri Pertanian atau Wamentan Harvick Hasnul Qolbi usai kunjungan kerja ke Spanyol dan Roma, Italia.

Sebab, menurut Harvick, Mentan Syahrul Yasin Limpo seharusnya kembali ke Indonesia paling lambat Minggu, 1 Oktober 2023, usai kunjungan kerja ke Italia dan Spanyol.

Partai NasDem pun angkat bicara terkait kabar dugaan Mentan Syahrul Yasin Limpo hilang kontak usai ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni memastikan, Mentan Syahrul Yasin Limpo alias SYL tidak menghilang. Sahroni memastikan ada kegiatan SYL yang tidak bisa ditunda.

"Kagak ngilang kok, emang ada giat yang tidak bisa ditunda," ujar Sahroni kepada wartawan, Selasa 3 Oktober 2023.

Menurut dia, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah memerintahkan SYL untuk segera kembali ke tanah air. SYL diminta untuk kembali pada tanggal 5 Oktober.

"Tapi tanggal 5 Oktober Pak Mentan akan kembali ke tanah air karena Ketua Umum perintahkan untuk segera kembali ke tanah air," kata Sahroni.

Kemudian, dia mengatakan, elite NasDem itu mengidap penyakit prostat sehingga harus berobat.

"Karena ada problem prostatnya jadi pengobatan dahulu," kata Sahroni.

Partai NasDem mengakui sudah memperoleh kabar dari Syahrul Yasin Limpo. Namun, Sahroni enggan mengungkap lokasi Syahrul Yasin Limpo berobat.

Berikut sederet respons Partai NasDem usai Mentan Syahrul Yasin Limpo dikabarkan hilang kontak oleh Wamentan Harvick Hasnul Qolbi setelah kunjungan kerja ke Spanyol dan Roma, Italia dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Respons Menteri NasDem

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar ditanya mengenai isu reshuffle kabinet yang kembali berhembus dan keberadaan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

"Wah kamu nanya ke saya (soal reshuffle), jangan dong," kata Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa 3 Oktober 2023.

Isu reshuffle kembali berhembus setelah Menteri Pertanian yang juga politisi NasDem Syahrul Yasin Limpo diduga terlibat korupsi. Kini keberadaan SYL belum diketahui.

Siti pun mengaku juga tidak tahu keberadaan Syahrul. Apakah pihaknya ada koordinasi atau tidak dengan Syahrul, Siti juga tak menjawab spesifik.

"Gak tahu aku," ucap Siti.

"Koordinasi apa hayo," Siti menandaskan.

 

3 dari 6 halaman

2. NasDem Bantah Mentan Syahrul Yasin Limpo Hilang, Sudah Diperintahkan Kembali ke Indonesia

Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni memastikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL tidak menghilang atau kabur. Sahroni memastikan ada kegiatan SYL yang tidak bisa ditunda.

"Kagak ngilang kok, emang ada giat yang tidak bisa ditunda," ujar Sahroni kepada wartawan, Selasa 3 Oktober 2023.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah memerintahkan SYL untuk segera kembali ke tanah air. SYL diminta untuk kembali pada tanggal 5 Oktober.

"Tapi tanggal 5 Oktober pak Mentan akan kembali ke tanah air karena Ketua Umum perintahkan untuk segera kembali ke tanah air," kata Sahroni.

 

4 dari 6 halaman

3. Syahrul Yasin Limpo Disebut Berobat Sakit Prostat

Partai NasDem memastikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) tidak menghilang di Eropa. Sahroni mengatakan, elite NasDem itu mengidap penyakit prostat sehingga harus berobat.

"Karena ada problem prostatnya jadi pengobatan dahulu," kata Sahroni.

Partai NasDem sudah memperoleh kabar dari Syahrul Yasin Limpo. Namun, Sahroni enggan mengungkap lokasi Syahrul berobat.

"Sudah dapat kabar, tapi karena lagi sakit jadi enggak kontak," kata Sahroni.

Syahroni menyampaikan, Mentan SYL harusnya telah pulang ke Indonesia dari perjalanan dinasnya pada 1 Oktober 2023 lalu.

Namun, karena gangguan kesehatannya itu, Mentan SYL mesti memperpanjang masa tinggal di Eropa.

"Extend untuk check-up," ucap Sahroni.

 

5 dari 6 halaman

4. Sebut Sakit Prostat Kambuh Mungkin Karena Pemberitaan

Sahroni tidak menepis jika terganggunya kesehatan Mentan SYL kemungkinan juga disebabkan oleh informasi penggeledahan kantor serta rumah dinas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu belakangan.

"Kan Pak Mentan memang ada prostat, mungkin saja akhirnya karena berita itu beliaunya jadi kepikiran dan kambuh prostatnya," ujar dia.

Adapun Mentan SYL dijadwalkan bakal kembali ke tanah air pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Dia akan menghadap Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh.

 

6 dari 6 halaman

5. Situasi Terkini NasDem Tower Usai Mentan Syahrul Yasin Limpo Dikabarkan 'Hilang' di Eropa

Suasana Kantor DPP Partai NasDem tampak lenggang pasca mencuat isu Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) 'Hilang' kontak di Eropa usai dikabarkan menjadi tersangka korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Pantauan Liputan6.com, tidak terlihat penjagaan ketat di sekitar kantor NasDem atau NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 3 Oktober 2023. Namun, dua pos penjagaan yang berada di samping kiri dan kanan NasDem dijaga petugas keamanan.

Di halaman NasDem Tower, mobil merk Alphard dan Lexus terparkir rapi. Namun, berdasarkan keterangan resepsionis NasDem Tower, tak ada agenda atau giat khusus yang digelar NasDem hari ini.

Menurut salah satu resepsionis yang bertugas, aktivitas di kantor NasDem saat ini normal. Para kader berdatangan di NasDem Tower seperti biasa.

Sejauh ini, sejumlah kendaraan pun nampak telah meninggalkan NasDem Tower. Meski begitu, tak terlihat wajah-wajah para pimpinan Partai NasDem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.