Sukses

Respons Menteri NasDem soal Keberadaan Syahrul Yasin Limpo

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar ditanya mengenai isu reshuffle kabinet yang kembali berhembus.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar ditanya mengenai isu reshuffle kabinet yang kembali berhembus dan keberadaan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

"Wah kamu nanya ke saya (soal reshuffle), jangan dong," kata Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/10).

Isu reshuffle kembali berhembus setelah Menteri Pertanian yang juga politisi NasDem Syahrul Yasin Limpo diduga terlibat korupsi. Kini keberadaan SYL belum diketahui.

Siti pun mengaku juga tidak tahu keberadaan Syahrul. Apakah pihaknya ada koordinasi atau tidak dengan Syahrul, Siti juga tak menjawab spesifik.

"Gak tahu aku," ucap Siti.

"Koordinasi apa hayo," Siti menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wamentan Hilang Kontak dengan Syahrul Yasin Limpo: Sampai Hari Ini Terus Kita Cari

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengatakan saat ini pihaknya juga mencari keberadaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yang dikabarkan menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Harvick mengatakan Kementan belum mendapat kabar dari Syahrul, yang melakukan kunjungan kerja ke Spanyol dan Italia sejak akhir September 2023.

"Jadi sampai hari ini kita terus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri sampai hari ini," jelas Harvick kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Dia menyampaikan Syahrul memang kunjungan ke Spanyol bersama beberapa pejabat eselon dan staf di lingkungan Kementerian Pertanian. Namun, kata Harvick, para pejabat dan staf tersebut kembali ke Indonesia lebih awal.

"Kembali ke Tanah Airnya ini memang masing-masing karena mungkin tiket juga terbatas. Akhirnya terpisah (dengan Mentan)," ujar Harvick.

Dia menuturkan komunikasi terakhirnya dengan Mentan yakni, sebelum Syahrul berangkat ke Spanyol untuk melanjutkan kunjungan kerja dari Roma, Italia. Setelah itu, Harvick sama sekali putus komunikasi dengan Syahrul dan masih belum mengetahui keberadaannya.

"Ini belum tahu kita ini posisi akhirnya (Mentan)," tutur dia.

"Belum. Belum ada kontak sama sekali," sambung Harvick.

3 dari 3 halaman

Berharap SYL Tidak Kabur

Dia berharap Syahrul Yasin Limpo tidak kabur, usai diduga terjerat kasus korupsi. Harvick meyakini instansi terkait sudah mencari tahu keberadaan Syahrul Yasin Limpo.

"Kelihatannya pemerintah, tentu instansi yang bertanggung jawab sama hal ini sudah mungkin sudah mulai mencari posisi keberadaan Pak M3enteri kita," pungkas Harvick.

Sumber: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini