Sukses

Bangga Megawati Terima Gelar Honoris Causa Ke-10, Puan Berusaha Ikuti Teladan Sang Ibu

Puan menganggap prestasi sang ibu sekalian sebuah tantangan bagi dirinya. Sebab Megawati di umur sudah 76 tahun, masih mendapatkan penghargaan-penghargaan.

Liputan6.com, Jakarta Puan Maharani, Putri Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua DPR RI, menyatakan rasa bangganya atas raihan prestasi ibundanya yang baru saja meraih gelar doktor honoris causa yang ke-10 dari Universiti Tun Abdul Rahman (UTAR), Selangor, Malaysia, pada Senin (2/10/2023).

Oleh UTAR, Megawati dianggap perempuan yang memberikan teladan bagi dunia. Puan mengatakan jika dirinya yang mengatakan ibunya teladan, pasti banyak yang menganggapnya sebagai subyektivitas. Namun kata “teladan” bagi Megawati diberikan melalui penghargaan oleh dunia internasional setelah melampaui kriteria dan persyaratan yang memang diakui oleh mereka di universitas masing-masing.

“Saya berharap itu bisa diakui sebagai sesuatu yang obyektif dan sebagai hal yang memang pantas didapat Ibu Mega atas dedikasi dan apa yang sudah Ibu Mega lakukan selama ini,” kata Puan Maharani.

Puan Maharani, turut hadir di acara penganugerahan gelar kehormatan honoris causa yang ke-10 untuk Megawati kampus UTAR. Ia mengaku bangga dan termotivasi untuk jadi seperti ibunya.

"Saya atas nama pribadi dan tentu atas nama keluarga, mengucapkan selamat kepada Ibu Megawati Soekarnoputri atas penghargaan doktor honoris causa di UTAR Malaysia ini,” kata Puan.

“Ini suatu kebanggaan kami, selamat bagi Ibu Megawati Soekarnoputri, saya berharap tetap semangat dalam membangun bangsa dan negara, dan menjadi contoh bagi kami keluarga dan juga rakyat Indonesia," ucapnya.

Puan menganggap prestasi sang ibu sekalian sebuah tantangan bagi dirinya. Sebab Megawati di umur sudah 76 tahun, masih mendapatkan penghargaan-penghargaan.

“Jadi saya masih punya waktu, insyaallah 25 tahun lagi untuk mengejar, dan ini jadi tantangan buat saya insyaallah ini bisa jadi semangat bagi saya untuk jadi seperti Ibu Megawati," ujarnya.

Di acara penganugerahan, Megawati didampingi putranya M. Rizki Pratama, putrinya Puan Maharani, cucu, dan para sahabat dekatnya.

Mantan Menteri ESDM dan Menteri Pertahanan RI Prof.Dr. Purnomo Yusgiantoro hadir di acara. Selain itu, hadir juga Kepala BPIP, Prof. Yudian Wahyudi, dan Wakil Kepala BRIN Amarulla Octavian. Tampak juga Indera Hermono, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Petinggi PDIP

Dari jajaran partai, hadir Ketua DPP PDIP bidang luar negeri Ahmad Basarah dan Ketua DPP PDIP bidang kelautan dan perikanan Prof.Dr. Rokhmin Dahuri. Turut hadir pula sejumlah Anggota Fraksi PDIP di DPR, antara lain Diah Pitaloka, Charles Honoris dan Mufti Aimah Nurul Anam.

Jajaran UTAR sendiri dipimpin oleh Tun Dr. Ling Liong Sik, Canselor Universiti Tunku Abdul Rahman; Prof. Azlinda binti Azman yang merupakan Ketua Pengarah Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia; Tan Sri Dato’ Seri Dr. Ting Chew Peh yang merupakan Ketua Senat Guru Besar; hingga Prof. Dato’ Dr. Ewe Hong Tat, yaitu Presiden Universiti Tunku Abdul Rahman.

Puluhan mahasiswa UTAR, termasuk yang dari Indonesia juga hadir di lokasi penganugerahan.

Menurut Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, gelar doktor kehormatan dari UTAR ini adalah gelar yang kesepuluh.

"Ini menjadi gelar doktor kehormatan ke-10 bagi Ibu Megawati. Penganugerahan gelar doktor kehormatan ini merupakan pengakuan atas kontribusi Ibu Megawati di bidang sosial, pendidikan, inovasi dan penelitian. PDI Perjuangan sangat bangga dengan pemberian gelar doktor ke-10 kepada Ibu Megawati Soekarnomputri,” kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • UTAR

Video Terkini