Sukses

Food Vlogger Codeblu Diperiksa Sebagai Pelapor Hari Ini Jumat 29 September 2023

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Willian Anderson alias Codeblu datang ke Polda Metro Jaya pada pukul 14.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Food vlogger Codeblu atau William Anderson menjalani pemeriksaan sebagai saksi pelapor di Polda Metro Jaya, Jumat (29/9/2023). Codeblu dimintai keterangan terkait kasus pencemaran nama baik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkannya. Dia mengatakan, Willian Anderson datang ke Polda Metro Jaya pada pukul 14.00 WIB.

"Benar terkait kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Codeblu, penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya memeriksa saudara WA selaku saksi pelapor," kata Trunoyudo dalam keterangannya, Jumat (28/9/2023) malam.

Trunoyudo belum membeberkan secara gamblang. Dia mengatakan, hingga kini proses pemeriksaan masih berlangsung. "Masih diperiksa," ujar dia.

Perseteruan antara Farida Nurhan dengan Codeblu berawal dari perkara review makanan warung Nyak Kopsah. Codeblu mereview jujur warung Nyak Kopsah di akunnya. Warung tersebut mendapatkan review yang kurang baik. Seolah tak terima, Farida Nurhan pun menegur Codeblu.

"Jangan membawa-bawa nama review jujur, kalau itu ternyata bad review. Memberikan review jujur itu memberikan solusi supaya tidak mematikan bisnis yang sudah dibangun. Memberikan review jujur tujuannya agar penonton tidak kecewa,” ujar Farida Nurhan dalam videonya.

Tak cukup sampai di situ, dalam video lainnya Farida Nurhan justru dituding melakukan doxing dengan membongkar identitas Codeblu. Sayangnya video tersebut telah dihapus.

"Mana foto-fotonya Codeblu, pengin lihat aku Codeblu yang mana? Hah ya Allah ini? Hahhaha tak pikir kaya Chef Juna, makanya gak pakai video, gak pake foto, sok-sok bisa nge-review, sok-sok ngerti F and B," tutur Farida dalam video yang telah banyak diunggah ulang oleh warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Codeblu Tak Terima Identitasnya Diungkap Farida Nurhan

Setelah video tersebut viral, Codeblu pun tak terima identitasnya diungkap. Ia mengatakan bahwa akan melaporkan Farida jika tidak mau mengakui kesalahannya secara terbuka.

"Hallo selamat malam. Saya Codeblu, saya keberatan dengan doxing (menyebarkan identitas rahasia), penyebarluasan berita bohong, dan fitnah, serta pemecah belah dan perusak nama baik saya. Saya harapkan klarifikasi dan permohonan maaf anda secara tertulis dan melalui video TikTok (secara publik) mengakui bahwa Anda melakukan kesalahan tersebut diatas. Saya akan melaporkan secara resmi kepada pihak yang berwenang dalam 1×24 jam. Terima kasih," tulis Codeblu dalam DM kepada Farida Nurhan.

Alih-alih meminta maaf dan mengakui kesalahannya, Ibu satu anak itu malah menantang balik Codeblu. Dirinya mengaku tak takut jika mendapat panggilan dari pihak kepolisian.

"Tidak silakan laporkan saya ke pihak berwajib kalau menurut anda itu perlu. Sebagai WNI yang baik saya akan mengikuti peraturan dan panggilan dari pihak yang berwajib apabila saya dipanggil. Nggak usah nunggu 24 jam, tidak usah menggertak, langsung aja ya laporkan,” tulisnya.

Dalam caption yang diunggah Farida Nurhan bahkan menantan Codeblu untuk menunjukkan wajahnya. Seperti yang diketahui Codeblu sendiri kerap melakukan review makanan tanpa menunjukkan wajahnya.

"@Codebluuuu ditunggu episode selanjutnya, nggak usah nggertak, seujung kukupun aku nggak takut ke kamu, walaupun bad reviewmu di puja seluruh Indonesia, aku nggak gentar. Tunjukkan wajahmu kalau berani," tantang Farida Nurhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.