Sukses

Top 3 News: Yenny Wahid Pastikan Tak Akan Dukung Anies-Cak Imin Karena Masih Terluka Gus Dur Dikudeta

Kudeta terhadap Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dalam Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berlangsung di Ancol, Jakarta Utara pada 2008 menyisakan luka bagi putrinya Yenny Wahid. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kudeta terhadap Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dalam Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berlangsung di Ancol, Jakarta Utara pada 2008 menyisakan luka bagi putrinya Yenny Wahid. Itulah top 3 news hari ini.

Rupanya, peristiwa tersebut menyisakan konflik menahun antara Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan keluarga mendiang Gus Dur.

Bahkan, kata Yenny Wahid, sampai Gus Dur mengeluarkan surat serta wasiat yaitu agar untuk mengganti posisi Cak Imin.

Perseteruan antara keluarga Gus Dur dan Cak Imin ini pun mewarnai dinamika politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Yenny memastikan tak akan mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 karena telah berpasangan dengan Cak Imin.

Sementara itu, kualitas udara di wilayah DKI Jakarta mulai membaik pada Rabu pagi 6 September 2023. Meski masih masuk kategori tidak sehatm namun dilihat dari situs IQAir pukul 06.10 WIB, indeks kualitas udara Jakarta masih berada di angka 152 US Air Quality Index (AQI US).

Dari angka tersebut, Jakarta menjadi kota dengan kualitas udara terburuk nomor sembilan di dunia. Konsentrasi polutan tertinggi dalam udara DKI Jakarta hari ini adalag PM2.5 dengan konsentrasi 57 µg/m³.

Msyarakat pun direkomendasikan untuk tetap mengenakan masker, menyalakan penyaring udara, menutup jendela, dan menghindari aktivitas di luar ruangan lantaran polusi udara Jakarta tersebut.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto yang memerintahkan Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardhana untuk memeriksa anggotanya, Bripka Mochamad Nuril Huda beserta istrinya Luluk Sofiatul Jannah alias Luluk Nuril buntut ngamuk ke siswi magang di sebuah toko swalayan di Probolinggo.

Kabidhumas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan, ada pun pemeriksaan terhadap Bripka Nuril Huda dilakukan sebagai proses dugaan pelanggaran disiplin maupun kode etik terkait tingkah laku istrinya.

Polisi juga sudah menindak lanjuti perilaku Luluk Nuril yang membentak salah satu siswa magang di sebuah toko saat sedang berbelanja. Dan sikap angkuh Luluk saat menaiki mobil Toyota Alphard sambil dikawal Patwal bersama teman-temannya.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 6 September 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Masih Terluka Gus Dur Dikudeta, Yenny Wahid Pastikan Tak Akan Dukung Anies-Cak Imin

Kudeta terhadap Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dalam Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berlangsung di Ancol, Jakarta Utara pada 2008 menyisakan luka bagi putrinya Yenny Wahid.

Peristiwa ini menyisakan konflik menahun antara Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan keluarga mendiang Gus Dur.

"Muktamar Ancol kurang apa terang benderangnya. Di situ Gus Dur diganti, di situ Gus Dur dikudeta. Kok Masih klaim menyatakan sebaliknya. Saya rasa publik juga sudah dewasa, bisa lihat banyak kok saksinya yang ikuti proses politik terjadi," ujar Yenny Wahid di Jakarta, Selasa 5 September 2023.

Bahkan, kata Yenny, sampai Gus Dur mengeluarkan surat serta wasiat yaitu agar untuk mengganti posisi Cak Imin.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Kualitas Udara Jakarta Membaik, Kini Peringkat 9 di Dunia

Kualitas udara di wilayah DKI Jakarta mulai membaik Rabu pagi 6 September 2023. Meski masih masuk kategori tidak sehatm namun dilihat dari situs IQAir pukul 06.10 WIB, indeks kualitas udara Jakarta masih berada di angka 152 US Air Quality Index (AQI US).

Dari angka tersebut, Jakarta menjadi kota dengan kualitas udara terburuk nomor sembilan di dunia. Konsentrasi polutan tertinggi dalam udara DKI Jakarta hari ini adalag PM2.5 dengan konsentrasi 57 µg/m³.

"Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 11,4 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," tulis situs tersebut.

Untuk itu, masyarakat direkomendasikan untuk tetap mengenakan masker, menyalakan penyaring udara, menutup jendela, dan menghindari aktivitas di luar ruangan.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kapolda Jatim Minta Bripka Mochamad Nuril, Suami Seleb TikTok Luluk Nuril Ikut Diperiksa

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Toni Harmanto memerintahkan Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardhana untuk memeriksa anggotanya, Bripka Mochamad Nuril Huda beserta istrinya Luluk Sofiatul Jannah alias Luluk Nuril buntut ngamuk ke siswi magang di sebuah toko swalayan di Probolinggo.

"Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto sudah memerintahkan Kapolres Probolinggo untuk memeriksa yang bersangkutan (Luluk) dan (Bripka Nuril Huda) suami yang bersangkutan," kata Kabidhumas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto saat dihubungi, Rabu 6 September 2023.

Adapun, kata Dirmanto, pemeriksaan terhadap Bripka Nuril Huda dilakukan sebagai proses dugaan pelanggaran disiplin maupun kode etik terkait tingkah laku istrinya.

"Terkait pelanggaran disiplin maupun kode etik," sebutnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.