Sukses

Alasan Yayuk Basuki Bergabung ke PAN

Beberapa mantan atlet nasional yang pernah berlaga mengharumkan nama bangsa dalam ajang olimpade Indonesia sejak olimpade 1984 hingga 2004 yang tergabung dalam Indonesia Olympians Assosiation (IOA) menyatakan diri bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN) dalam menyongsong Pemilu 2014 mendatang.

Salah satu atlet tenis Yayuk Basuki mengaku bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN) lantaran kondisi olahraga nasional semakin terperosok tak menentu arahnya. Ia pun mengaku senang bisa bergabung bersama partai besutan Hatta Rajasa tersebut, karena kesamaan visi dan misi untuk perbaikan prestasi olahraga nasional.

"Ini merupakan sisi keprihatinan kita sebetulnya, mengingat perkembangan olahraga di tanah air yang makin terperosok selama 13 tahun terakhir ini. Terutama kesejahteraan para atlet yang masih kurang mendapat perhatian," kata Yayuk saat konperensi pers di Kantor DPP PAN, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2013).

Yayuk yang mewakili kawan-kawan antara lain La Paena Masara (tinju), Nurfitriana (panahan), Krisna Bayu (dudo) dan Selvyana Sofyan Hosen (menembak) serta Emma Tahapary (atletik lari) merasa terpanggil untuk masuk ke sistem ini dengan harapan partai bernomor 8 itu bisa mengakomodir dirinya untuk perbaikan olahraga.

"Jadi kami punya visi dan misi yang sama," terangnya.

Yayuk menambahkan, keterpurukan prestasi olahraga nasional disebabkan sistem yang mengatur perkembangan olahraga tidak berjalan dengan benar. Olehnya cara paling efektif untuk memperbaiki sistem tersebut adalah dengan masuk ke dalam sistem politik dan terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan.

"Tujuan utamanya adalah bagaimana mewujudkan olahraga nasional dapat bangkit kembali dan menjadi kebanggaan bansa," ujar dia.

Dalam kesempatan secara simbolik, 6 mantan atlet itu memberikan cendramata berupa peralatan olah raga yang pernah dipakai saat berlagai di ajang Olimpade kepada Sekjend DPP PAN Taufik Kurniawan dan Ketua DPP PAN lainnya.

"Ini raket tenis saat terakhir menjadi atlet seagames. Saat itu saya meraih mendali emas," ucap Yayuk.

Selain Yayuk, 5 atlet lainnya juga memberikan cendramata, yakni baju judo oleh Krisna Bayu, sepatu oleh Emma Tahapary, sarung tinju oleh La Paene Masara, 3 buah anak panah milik atlet Nurfitriana. Sedangkan atlet menembak Selvayan memberikan tempat alat menembak.

Sementara itu, pengurus PAN sendiri secara simbolik menyematkan jaket PAN ke masing-masing atlet sebagai tanda kebesaran partai kepada para atlet tersebut. (Riz)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS