Sukses

Dipuji Jokowi, Ganjar Pranowo Akan Coba Bawa Sekola Gratisan Rintisannya ke Skala Nasional

Presiden Joko Widodo meninjau kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Semarang, Jawa Tengah. Jokowi pun memuji lantaran konsep sekolah gratis itu dipandang sebagai sebuah solusi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo meninjau kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Semarang, Jawa Tengah. Jokowi pun memuji lantaran konsep sekolah gratis itu dipandang sebagai sebuah solusi.

Terkait hal tersebut, Gubernur Jateng yang juga bakal calon presiden Ganjar Pranowo berterima kasih atas apresiasi Jokowi. Dia pun menyatakan siap mengaplikasikan program tersebut ke tingkat nasional sebagaimana harapan Presiden Jokowi.

“Saya akan membawa program ini ke level nasional, karena saya percaya akses atas pendidikan bagi semua kalangan adalah langkah yang paling penting untuk mengangkat harkat hidup manusia Indonesia, membuka akses pada pekerjaan, penghidupan yang lebih layak dan pada akhirnya mendorong simpul-simpul akselerasi perekonomian Indonesia,” kata Ganjar dalam keterangannya, Rabu (30/8/2023).

Dia menyatakan, SMKN Jawa Tengah adalah wujud komitmennya mendukung penuh langkah dan keberlanjutan akselerasi ekonomi pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui penguatan sumber daya manusia.

“Maka yang dibutuhkan adalah pendidikan yang berkualitas, yang dapat memperluas perspektif anak didik terhadap Indonesia dan dunia, serta berorientasi pada pengembangan diri, pendidikan yang terjangkau dan menjamin keterbukaan akses bagi semua kalangan,” kata Politikus PDIP ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuai Pujian Jokowi

Presiden Joko Widodo meninjau kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Semarang, Jawa Tengah. Menurut Jokowi, SMK yang dia kunjungi terasa berbeda karena ada sentuhan inisiatif dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Sebuah inisiatif yang sangat bagus, dari Pak Gubernur Jawa Tengah, dulunya ini balai latihan kerja (BLK) bisa digeser jadi SMK dan khusus untuk keluarga keluarga yang tidak mampu," kata Jokowi di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/8/2023).

Dia menyatakan, keluarga tidak mampu harus dibantu dan tidak boleh dipungut biaya. Nantinya pemerintah provinsi yang wajib menanggung kebutuhan logistik belajar para murid. Mulai dari buku pelajaran, tas, sepatu, seragam hingga uang saku.

"Jadi itu bagus semuanya dari pemprov, seragam sepatu, lain lain, makan, itu bagus," tutur Jokowi.

Meskipun gratis, Jokowi juga menilai infrastruktur yang dibangung di SMK tersebut tidak murahan. Sebab, demi menunjang keahlian para murid SMK dibekali mesin praktikum yang bermutu.

"Saya lihat juga sarana prasaarana juga jauh lebih bagus mesin-mesinnya mesin dasar sampai Computer Numerical Control (CNC) untuk menyingkirkan/memotong material dari benda kerja secara akurat juga ada," kagum Jokowi.

Selanjutnya, keunggulan SMK hasil inisiatif Ganjar adalah output murid-murid yang sudah langsung terkoneksi ke dunia kerja. Bahkan mereka tidak hanya diberdayakan di dalam negeri tetapi sampai Negeri Sakura.

"Kemudian me-link-kan dengan industri di sini juga sudah di-link-kan dan tadi juga ada kursus bahasa Jepang, untuk mendapatkan beasiswa di college yang ada di Jepang, juga banyak yang bekerja di sana, ini bagus,” bangga Jokowi.

Jokowi yakin, inisiatif dari Ganjar Pranowo terkait SMK dapat menjadi solusi dari pengentasan masalah kemiskinan. Kepala negara ingin, apa yang dilakukan Ganjar bisa dicontoh oleu menteri pendidikan untuk diterapkan secara nasional.

"Nanti akan saya perintah Mendikbud datang ke sini untuk dievaluasi lagi agar bisa diperluas ke provinsi yang lain untuk warga yang tidak mampu. Ya nanti biar Mendikbud ke sini. Kalau saya, bisa. Setelah Mendikbud ke sini nanti baru bisa kita putuskan. Ini saya melihat bagus," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini