Sukses

Pengamat Sebut Dukungan Budiman Sudjatmiko Rugikan Prabowo, Ungkit Lagi Tragedi 1998

Yunarto Wijaya menilai, dukungan tersebut hanya membawa dampak positif bagi Budiman Sudjatmiko karena mendapatkan kembali panggung politiknya. Sementara bagi Prabowo adalah blunder.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan politikus PDIP, Budiman Sudjatmiko memutuskan mendukung Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (Capres) 2024. Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Yunarto Wijaya menyebut dukungan Budiman justru bisa berpotensi blunder atau merugikan Prabowo.

"Kalau saya pribadi melihatnya ini blunder untuk Pak Prabowo kalau kita baca monitoring dari pemberitaan terkait Budiman. Hanya Budiman yang untung, Prabowo yang rugi," kata Yunarto seperti dikutip Senin (28/8/2023).

Yunarto menilai, keuntungan bagi Budiman adalah dengan mendapatkan kembali panggung politiknya. Sebab Budiman bersama PDIP tidak lagi bersinar setelah kalah nyaleg pada Pemilu 2019.

Sementara itu, terbentuknya kelompok relawan Prabu (Prabowo-Budiman) justru harus diantisipasi oleh Prabowo sendiri.

“Budiman disebut mendapatkan panggung atau perhatian publik dengan pembahasan tentang kasus ‘98’, sementara peran Prabowo juga terangkat kembali, termasuk fakta pemberhentiannya dari TNI karena dinilai bersalah oleh Dewan Kehormatan Kehormatan (DKP) ABRI,” tutur Yunarto.

Dalam berbagai forum, Budiman Sudjatmiko terlihat kerap menyampaikan kembali tentang kasus tersebut yang berkaitan dengan seputar penculikan aktivis dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

"Budiman mendapatkan panggung tetapi pembicaraan mengenai kasus 98, penculikan aktivis, itu malah menjadi bunyi kembali. Jadi, kalau ditanya siapa yang mendapatkan narasi positif di sini saya kira tidak ada," ujar Yunarto Wijaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaruh Budiman Sudah Tidak Kuat

Yunarto memperhatikan, pengaruh Budiman di PDI Perjuangan juga mulai redup. Selain itu, perannya makin tidak signifikan bagi partai meskipun telah menjadi anggota sejak lama.

Hal itu makin terlihat setelah yang bersangkutan gagal menjadi anggota legislatif dalam Pemilihan Legislatif 2019 dan diduga mulai mencari "tempat" baru untuk mengangkat namanya kembali.

"Dalam konteks mendapatkan panggung politik, kita tahu sinarnya sudah redup karena pada tahun 2019 dia kalah untuk maju dalam Pileg dan dia sekarang mendapatkan kendaraan baru dan panggung baru," tutur Yunarto.

Namun panggung baru Budiman ternyata Prabowo. Dia terbilang nekad memilih merapat ke kubu Prabowo bahkan dengan mengorbankan keanggotaannya di PDIP.

Yunarto kembali mengingatkan, keputusan Prabowo untuk menerima Budiman justru merugikan Prabowo lantaran pembahasan tentang kasus yang menyudutkannya malah membuat publik kembali sadar.

"Pak Prabowo justru malah mendapatkan tone negatif karena perbincangan yang selama ini menjadi beban buat Pak Prabowo, yang membayang-bayangi selalu Prabowo Subianto naik turun terkait dengan 98 yang penculikan aktivis karena adanya isu Budiman Sujatmiko itu kembali naik," ucap Yunarto menandasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini