Sukses

Telat Ditangani, Pasien DBD di RSUD Bekasi Meninggal Dunia

Pasien yang meninggal dunia merupakan usia anak-anak yang sudah mengalami infeksi DBD atau Dengue Shock Syndrome (DSS).

Liputan6.com, Jakarta - Satu pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid (CAM) Kota Bekasi, Jawa Barat, dikonfirmasi meninggal dunia karena telat mendapat penanganan.

Direktur Utama RSUD CAM Kota Bekasi, Kusnanto mengatakan pasien yang meninggal merupakan usia anak-anak yang sudah mengalami infeksi DBD atau Dengue Shock Syndrome (DSS).

"Keterlambatan merujuk sehingga masuk ke ruang intensive care anak-anak atau PICU, dan satu yang meninggal tidak tertolong," kata Kusnanto kepada awak media, Kamis (24/8/2023).

DSS sendiri merupakan komplikasi DBD yang tak segera mendapatkan penanganan. Syndrome yang kerap menyerang anak-anak usia di bawah 10 tahun ini memiliki risiko kematian tinggi.

Kusnanto menyebutkan, gejala penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini nyaris serupa dengan penyakit lainnya. Hal ini yang kerap lambat disadari sehingga pasien DBD telat ditangani dan berujung kematian.

"Untuk DBD sama lah gejalanya seperti malaria, chikungunya, misalnya demam, sakit kepala hebat disertai mual. Kan ada masa inkubasi DBD. Nah untuk memastikan itu harus pemeriksaan laboratorium yang lengkap," jelasnya.

Kusnanto mengklaim, jumlah kasus DBD yang ditangani pihaknya tahun ini cenderung mengalami penurunan sebesar 33 persen, dengan mayoritas pasien usia anak-anak.

"Data dari bulan Mei sampai Agustus, baru sekitar 148 pasien DBD yang dirawat. Tahun lalu dari bulan Mei sampai Agustus sekitar 463 pasien. Mudah-mudahan ini penurunan terus, ini menjadi prestasi buat Kota Bekasi," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan

Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, Kusnanto mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. Terlebih di tengah cuaca panas ekstrem saat ini, perkembangbiakan nyamuk terbilang sangat cepat.

"Tempat-tempat lembab harus dibersihkan. Ini kan cuacanya juga mengalami panas yang cukup ekstrem sehingga ini menyebabkan nyamuk berkembang biak dengan baik. Apalagi Aedes Aegypti bisa dikatakan beraktivitas di pagi hari," tandasnya.

Kasus DBD di Kota Bekasi sebelumnya sempat mengalami tren peningkatan sejak memasuki musim penghujan atau tepatnya mulai Januari 2023.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi mencatat jumlah pasien DBD per Juni 2023 mencapai 749 orang, dengan satu pasien balita meninggal dunia.

Pada Januari 2023, tercatat ada 145 kasus DBD, Februari 134 kasus, Maret 123 kasus, April 119 kasus dan Mei melonjak menjadi 180 kasus. Mayoritas pasien DBD adalah remaja usia 18 tahun ke atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini