Sukses

Peluncuran Buku Tetraloginya Dihadiri Banyak Pimpinan Parpol, AHY: Kita Tidak Bicara Koalisi

AHY menyebut, di acara ini, dia akan mengajak para tokoh membahas soal spirit transformasi Indonesia yang turut ditulis dalam bukunya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan buku tetralogi transformasi di Djakarta Theater XXI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Peluncuran bukunya ini dihadiri sejumlah pesohor mulai dari pimpinan partai politik (parpol), seperti Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo hingga Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Hadir pula, Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan, hingga akademisi Rocky Gerung.

"Saya senang sekali, berbahagia para sahabat, para tokoh juga berkenan hadir, tadi ada Mba Puan Maharani, walaupun tidak bisa mengikuti acara sampai dengan selesai tapi berkenan untuk menyampaikan langsung ucapan selamat, dan beliau ada kegiatan lain," kata AHY.

Meski begitu, AHY menegaskan tak ada obrolan koalisi dengan sejumlah ketum parpol tersebut. AHY menyebut, di acara ini, dia akan mengajak para tokoh membahas soal spirit transformasi Indonesia yang turut ditulis dalam bukunya.

"Yang jelas hari ini bukan acara politik walaupun banyak politisi yang datang, tidak bicara koalisi kita," ucap dia.

Adapun AHY, menulis pemikiran dan gagasannya dalam empat buku yang dia sebut sebagai tetralogi transformasi AHY. Buku-buku itu, bercerita tentang pengalamannya sejak jadi prajurit TNI hingga pimpinan parpol.

"Jadi ada empat buku yang berangkai, volume 1 itu pada saat saya di TNI, kemudian volume 2 pada saat saya masuk ke civitas academica," ucap AHY.

Kemudian buku ketiga, menceritakan pemikiran dan perjuangan AHY setelah menjadi seorang politisi, mulai dari pemilihan gubernur di DKI Jakarta, hingga menjadi Waketum Partai Demokrat.

"Jadi keempat buku itu saya harap bisa mengisi ruang diskusi termasuk berdemokrasi di negeri kita," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puan Enggan Komentar Demo Buruh 10 Agustus 2023

Ketua DPR RI Puan Maharani ogah mengomentari demo buruh yang berlangsung hari ini, Kamis (10/8/2023). Dia irit bicara saat dimintai tanggapan soal demo buruh yang berlangsung di kawasan DPR dan Monas tersebut.

"Waduh, entar dulu deh," kata Puan ditemui sebelum meninggalkan acara peluncuran buku Tetralogi Transformasi Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Djakarta Theater XXI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Usai melontarkan jawaban itu, Puan langsung masuk ke dalam mobilnya. Dia kemudian berlalu pergi meninggalkan lokasi peluncuran buku yang ditulis AHY.

Sebelumnya, massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menggelar aksi demo buruh pada 10 Agustus 2023, hari ini.

Koordinator Presidium Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) dan Ketua Umum DPPKSPSI Jumhur Hidayat memastikan bahwa aksi demo buruh yang digagas kelompoknya ini tidak ada kaitan dengan seruan pengamat politik Rocky Gerung.

Diketahui, Rocky Gerung sempat hadir dalam acara konsolidasi Akbar Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) pada 29 Juli 2023 di Islamic Center, Kota Bekasi.

Di sisi lain, Perwakian Federasi Serikat Pekerja Jakarta Raya KASBI, Ahmad Taufik menerangkan, mengajak massa untuk bertahan di jalan.

"Info terakhir sampai jam 9 malam. Kami mau ke arah MK, cuman pasti diblokade di Patung Kuda. Tapi aksinya bakal disatukan di sini, sepanjang jalan Sudirman-Thamrin," ujar dia.

Pada aksi kali ini, Ahmad turut mengajak pekerja kantoran untuk sama-sama turun ke jalan menolak Undang-Undang Ciptaker.

"Makanya kemarin dari temen temen buruh sudah mengirim selebaran ke kantor-kantor agar dapat terlibat aksi ini, karena mereka juga kena dampak UU Ciptaker," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini