Sukses

Turdes Kemerdekaan Gubernur Kalsel Hari ke-6 di Banjar: Datangi SMAN 2 Martapura hingga Ponpes Darussalam

Dalam kegiatan Turdes Kemerdekaan ke-9, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor membawa misi penanganan inflasi, stunting, dan perekaman e-KTP di sejumlah sekolah di 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

Liputan6.com, Martapura Turdes Kemerdekaan ke-9 “Berlintas Bergerak Beribu Sungai Banua” yang dipimpin Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor pada hari keenam, Selasa (8/8/2023) telah mendatangi SMA Negeri 2 Martapura, Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Martapura, dan Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an Martapura di Kabupaten Banjar.

Dalam kegiatan Turdes Kemerdekaan ke-9, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor membawa misi penanganan inflasi, stunting, dan perekaman e-KTP di sejumlah sekolah di 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

Sahbirin Minta Siswa Teladani Pangeran Antasari

Di lokasi pertama, Sahbirin menyapa para siswa dan civitas akademik SMA Negeri 2 Martapura. Dalam kesempatan itu, Sahbirin memuji semangat siswa siswi dalam menuntut ilmu yang menjunjung tinggi semangat Pangeran Antasari yakni Haram Manyarah, Waja Sampai Kaputing.

“Jadilah anak Banua yang berkualitas dan berdaya saing agar dapat menjadi pemenang kedepannya. Teruslah tanamkan semangat Pangeran Antasari Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing dalam menuntut ilmu di sekolah,” tegas Sahbirin, Martapura, Selasa (8/8/2023).

Sahbirin juga berpesan kepada para guru, untuk terus membina dan membantu para siswa-siswi dalam menuntut ilmu pengetahuan.

“Warna-warni di masa yang akan datang yaitu 2045 tergantung pemuda pemudi hari ini. Warna pada murid tergantung dari apa yang para guru berikan. Oleh karena itu, para guru harus terus menjaga dan beri ilmu dan perhatikan kepada anak didiknya,” kata Sahbirin.

Pada kesempatan itu, Sekda Kabupaten Banjar, Ade Setiana mengapresiasi gelaran Turdes Kemerdekaan yang diinisiasi oleh Gubernur Kalsel. Dia berharap Turdes ini dapat menyatukan tekad dan semangat masyarakat Banua untuk mencapai tujuan penting demi kemajuan Provinsi Kalsel.

“Saya sangat gembira bisa bersinergi dengan Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel) beserta jajarannya dalam membangun Kalsel maju, mandiri, dan sejahtera. Kita yakin sinergi yang terjalin melalui Turdes ini dapat meningkatkan optimisme kita dalam menghadapi berbagai tantangan kedepannya,” ujar Ade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Santri Meniru Akhlak Rasulullah SAW

Sementara itu, saat berada Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Martapura, Gubernur Kalsel Sahbirin mengajak ratusan santri untuk meniru akhlak dari Rasulullah SAW.

“Rasulullah SAW merupakan pemimpin yang sempurna sepanjang sejarah manusia, untuk itu mari kita tauladani akhlak beliau dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Sahbirin, Martapura, Selasa (8/8/2023).

Pada kesempatan ini, Sahbirin juga mengajak warga Ponpes Darussalam dan masyarakat Kalsel khususnya untuk menjaga dan memelihara sungai yang ada di sekitar lingkungannya.

“Mari kita anggap sungai sebagai Ibu Pertiwi yang harus dijaga dan pelihara, jangan sampai sungai menjadi tempat pembuangan sampah,” tutur Sahbirin.

Sahbirin mengungkapkan, bahwa pada tahun ini Pemerintah Provinsi Kalsel telah melakukan berbagai upaya pencegahan banjir salah satunya dengan pengerukan sejumlah sungai.

“Semoga dengan dikeruknya sejumlah sungai di Kalsel dapat mencegah terjadinya musibah banjir di musim hujan nanti” jelas Sahbirin.

Sahbirin Noor Disebut Bawa Banyak Perubahan

Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura, KH Hasanuddin Badruddin menganggap Sahbirin Noor merupakan pemimpin yang telah banyak membawa perubahan selama kepemimpinannya.

“Sudah banyak perubahan yang kita lihat selama kepemimpinan Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel). Bahkan selama kepemimpinannya, Paman Birin tidak pandang bulu dalam memberikan bantuan baik itu, masyarakat kecil, ulama, maupun guru,” ungkap Sahbirin.

Hasanuddin juga mengapresiasi gelaran shalawat dan tausiyah rutin yang diinisiasi oleh Gubernur Kalsel bersama jajarannya selama ini.

“Sebagai seorang ulama saya sangat mengapresiasi gelaran tausiyah dan sholawat rutin berapa guru maupun ulama di Banua, semoga kegiatan ini dapat membawa keberkahan bagi Banua kita,” pungkas Hasanuddin.

3 dari 4 halaman

Sahbirin Ajak Warga Menjaga dan Memelihara Sungai

Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an Martapura menjadi destinasi terakhir pada Turdes Kemerdekaan hari Selasa kemarin. Kedatangan orang nomor satu di Kalsel itu pun disambut antusias

Setibanya di lokasi, Gubernur Kalsel bersama Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an Martapura, KH Muhammad Wildan Salman menanam pohon di halaman setempat.

Dalam sambutannya, Sahbirin mengajak warga Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an Martapura dan masyarakat Kalsel khususnya untuk menjaga dan memelihara sungai yang ada di sekitar lingkungannya.

“Mari kita anggap sungai sebagai ibu Pertiwi yang harus dijaga dan pelihara, jangan sampai sungai menjadi tempat pembuangan sampah,” tegasnya, Banjar, Selasa (8/8/2023).

Dia mengimbau agar di musim kemarau ini, dimanfaatkan masyarakat untuk menata sungai yang ada di sekitar lingkungannya, baik itu dengan cara di keruk, dibersihkan, dan lainnya, mengingat sungai adalah salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat Banua.

“Jangan sampai aliran sungai kita menjadi aliran sampah yang besar, sehingga daya tampungnya berkurang dan menyebabkan banjir. Apalagi sungai merupakan salah satu sumber kehidupan masyarakat kita,” tuturnya.

Imbau Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilih Pemilu 2023

Dalam kesempatan itu, Sahbirin juga mengimbau untuk bisa memberikan hak pilihnya dengan sebaik baik pada pemilu 2024 mendatang.

“Bagi pemilih pemula yang sudah mendapatkan E-KTP tadi ulun harap bisa memberikan hak pilih dengan sebaik-baiknya pada tahun 2024 mendatang,” katanya. 

Guru Wildan mengucapkan syukur karena agenda turdes gubernur berjalan lancar. Menurutnya, turdes yang dilakukan Gubernur Kalsel bersama jajarannya sangat berarti bagi masyarakat di desa. 

“Karena ada desa yang belum pernah dikunjungi kepala daerah, dengan adanya turdes Alhamdulillah rombongan bisa datang langsung dan memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Sahbirin Bagikan Sembako hingga Bibit Tanaman

Selama pelaksanaan Turder Kemerdekaan ke-9, Gubernur Kalsel turut membagikan sejumlah bantuan berupa sembako, bendera merah putih, logistik kesiapsiagaan bencana, bantuan tanaman buah dan hortikultura, bantuan pencegahan dan penurunan angka stunting bagi balita dan ibu hamil serta bantuan suplemen bagi remaja putri di setiap destinasi yang dikunjungi.

Tidak hanya itu, Gubernur Kalsel juga menyerahkan bantuan pengembangan kopi robusta dalam bentuk benih kopi robusta, herbisida dan pupuk MPK senilai Rp118.871.000,00.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini