Sukses

Cak Imin Sebut Gus Dur Perintis Apel Akbar, Habib Rizieq Hanya Mencontoh

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan berbagai prestasi Gus Dur, salah satunya sebagai penggagas apel akbar.

Liputan6.com, Jakarta - DPP PKB menggelar Haul Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat (4/8/2023).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan berbagai prestasi Gus Dur, salah satunya sebagai penggagas apel akbar.

"Bersyukur para tokoh-tokoh yang hadir ini K.H Manarul merangkap menjadi tangan kanan Gus Dur, salah satunya K.H Manarul ini yang paling terkenal. Belum ada yang namanya apel akbar, Gus Dur dan K.H Manarul ini lah yang merintis apel akbar di Parkir Timur (Senayan)," kata Cak Imin, Jumat (4/8/2023).

Cak Imin menyebut apel akbar pertama tersebut sangat sukses dan ramai, bahkan belakangan ditiru oleh Habib Rizieq Shihab dalam kegiatan yang digelarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sarana Kritik Presiden

Menurut Cak Imin, apel akbar itu juga turut menjadi sarana mengkritik presiden kala itu, yakni Soeharto. Sehingga ia masih sangat ingat detail apel akbar tersebut.

"Mungkin ada yang belum lahir waktu, tapi saya ingat betul apel akbar pertama di Republik ini, setengah protes lah kepada Pak Presiden Soeharto. Ada protesnya, ada penunjukkan kekuatan NU itu di apel akbar," pungkas Cak Imin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.