Sukses

Top 3 News: PDIP Tanggapi Surya Paloh yang Sebut Revolusi Mental Tak Berjalan Baik

PDIP menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang mengatakan bahwa revolusi mental yang menjadi gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak berjalan dengan baik. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang mengatakan bahwa revolusi mental yang menjadi gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak berjalan dengan baik. Itulah top 3 news hari ini.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, lebih baik semua pihak melayangkan pernyataan politik secara tepat. Ia menyarankan agar lebih dahulu melihat kekurangan diri sebelum menuding pihak lain.

Hasto mengatakan, politisi harus bersikap objektif dan tidak ikut campur urusan pihak atau parpol lain. Hasto pun menyinggung soal gagasan Revolusi Mental milik Jokowi menuai hambatan karena penegakan hukum era Jaksa Agung terdahulu digunakan ke arah negatif.

Sementara itu, keberadaan kakek Idun Rohim Zen (87), jemaah haji hilang saat wukuf di Arafah pada 27 Juni 2023 lalu hingga kini masih misteri. Pada Selasa 18 Juli 2023, pencarian kembali difokuskan di rumah sakit hingga ruang jenazah di Kota Jeddah.

Kepala Bidang Perlindungan Jamaah (Kabid Linjam) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Harun Al Rasyid mengatakan, operasi pencarian pada Senin, 17 Juli 2023 kemarin telah dilakukan di sejumlah lokasi di Kota Makkah.

Harun menjelaskan, operasi pencarian jemaah hilang di Arafah ini dibagi dalam dua tim. Rencananya hari ini tim dua akan kembali bergerak menyisir rumah sakit dan ruang jenazah di Kota Jeddah.

Sementara tim satu masih tetap melanjutkan penyisiran di Kota Makkah, termasuk wilayah Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) tempat terakhir kali jemaah haji Indonesia asal Kloter 20 Embarkasi Palembang (PLM 20) itu hilang.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Polri yang memeriksa Direktur Perwasitan PSSI terkait kasus dugaan pungutan liar (pungli) pada proses seleksi wasit untuk BRI Liga 1 2023/2024. Pemeriksaan dilakukan di Bareskrim Polri, Senin 17 Juli 2023.

Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Nurul Azizah menerangkan, Bareskrim Polri sedianya mengundang Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Namun, ia menunjuk orang lain untuk hadir penuhi panggilan pemeriksaan.

Pada Juni 2023 lalu, PSSI mengumumkan sebanyak 18 wasit akan bertugas di Liga 1, 24 wasit bekerja di Liga 2, dan 40 wasit bakal ditugaskan di Liga 3.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 18 Juli 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Surya Paloh Sebut Revolusi Mental Tak Berjalan Baik, PDIP: Memukul Air di Dulang, Terpercik Muka Sendiri

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan bahwa revolusi mental yang menjadi gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak berjalan dengan baik.

Menanggapi hal ini, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, lebih baik semua pihak melayangkan pernyataan politik secara tepat.

Ia menyarankan agar lebih dahulu melihat kekurangan diri sebelum menuding pihak lain.

"Seharusnya sebelum menyampaikan kepada publik, melakukan auto-kritik terlebih dahulu, melihat ke dalam, dan itulah yang biasa dilakukan oleh PDI Perjuangan. Tetapi PDI Perjuangan, kan, tidak mencampuri urusan partai lain. Hanya ketika ini sudah menyentuh presiden Jokowi, ya, kami memberikan tanggapan," ujar Hasto dalam keterangannya, dikutip Selasa 18 Juli 2023.

Menurut Hasto, politisi harus bersikap objektif dan tidak ikut campur urusan pihak atau parpol lain.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Keberadaan Satu Jemaah Haji Masih Misteri, PPIH Sisir ICU hingga Ruang Jenazah di Jeddah

Keberadaan kakek Idun Rohim Zen (87), jemaah haji hilang saat wukuf di Arafah pada 27 Juni 2023 lalu hingga kini masih misteri. Hari ini, Selasa 18 Juli 2023, pencarian akan kembali difokuskan di rumah sakit hingga ruang jenazah di Kota Jeddah.

Kepala Bidang Perlindungan Jamaah (Kabid Linjam) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Harun Al Rasyid mengatakan, operasi pencarian pada Senin, 17 Juli 2023 kemarin telah dilakukan di sejumlah lokasi di Kota Makkah.

"Kita telah laksanakan kembali proses penyisiran di berbagai tempat termasuk kita datangi kembali Tsalajah (ruang penyimpanan jenazah) Mu'aisyim dan juga kamar-kamar jenazah yang di rumah sakit di sekitaran Makkah," ujarnya saat ditemui di Makkah, Senin.

Dia menjelaskan, operasi pencarian jemaah hilang di Arafah ini dibagi dalam dua tim. Rencananya hari ini tim dua akan kembali bergerak menyisir rumah sakit dan ruang jenazah di Kota Jeddah.

"InsyaAllah besok (hari ini /red) tim dua pun akan bergerak kembali menyisir jemaah yang dirawat di rumah sakit, ICU, maupun di ruang jenazah rumah sakit di Jeddah," kata Harun.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Dugaan Pungli Seleksi Wasit, Bareskrim Periksa Direktur Perwasitan PSSI

Polri periksa Direktur Perwasitan PSSI terkait kasus dugaan pungutan liar (pungli) pada proses seleksi wasit untuk BRI Liga 1 2023/2024. Pemeriksaan dilakukan di Bareskrim Polri, Senin 17 Juli 2023.

Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Nurul Azizah menerangkan, Bareskrim Polri sedianya mengundang Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Namun, ia menunjuk orang lain untuk hadir penuhi panggilan pemeriksaan.

"Pada hari ini Bareskrim Polri mengundang Ketum PSSI namun yang ditunjuk beliau untuk menghadiri undangan tersebut adalah saudara A yang merupakan Direktur Perwasitan PSSI ke Bareskrim Polri," kata dia kepada wartawan, Senin 17 Juli 2023.

Pada Juni lalu, PSSI mengumumkan sebanyak 18 wasit akan bertugas di Liga 1, 24 wasit bekerja di Liga 2, dan 40 wasit bakal ditugaskan di Liga 3.

Dalam proses seleksi tersebut, PSSI bekerja sama dengan Japan Football Association (JFA) yang mengirimkan Yoshimi Ogawa (member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor and JFA Top Amateur Referees Manager) yang bertindak sebagai instruktur dan pengawas.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.