Sukses

Puan Maharani Pimpin Pengambilan Sumpah Pelantikan DPP Taruna Merah Putih

Surat keputusan (SK) pelantikan pengurus DPP Taruna Merah Putih ditandatangani basah oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani memimpin sumpah pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat Taruna Merah Putih (DPP TMP) periode 2019-2024. Diketahui, DPP TMP adalah organisasi saya partai yang dimiliki PDIP selain Banteng Muda Indonesia (BMI). 

"Apakah bersedia?" kata Puan saat mengambil aba-aba pelantikan di Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2024). 

"Bersedia," jawab pengurus DPP TMP kompak. 

Sebagai informasi, turut hadir dalam pelantikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, bersama sejumlah Ketua DPP PDIP. Yaitu Eriko Sotarduga, Sukur Nababan, Ahmad Basarah, Rokhmin Dahuri, Wiryanti Sukamdani, dan Ribka Tjiptaning. Hadir juga Wasekjen PDIP Utut Adianto. 

Surat keputusan (SK) pelantikan pengurus DPP TMP ditandatangani basah oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto. Sosok Hendrar Prihadi didapuk sebagai Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) periode 2019-2024, menggantikan Maruarar Sirait.  

DPP Partai juga melantik Rio Alexander Jeremia Dondokambey sebagai Sekjen DPP TMP 2019-2024 menggantikan Restu Hapsari. Tak hanya itu, DPP PDIP juga melantik Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari (Pinka) sebagai Bendahara Umum DPP TMP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Taruna Merah Putih Ingin Jadi Senjata PDIP Gaet Anak Muda di Pemilu 2024

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) bidang Keanggotaan dan Organisasi, Sukur Nababan meminta para pengurus organisasi sayap partai Taruna Merah Putih (TMP) masa bakti 2019-2024 yang baru dilantik, bisa ikut memperkuat partai menghadapi pemilu 2024.

Khususnya, untuk merangkul kelompok milenial dan Gen Z. Sebab, anggota TMP mayoritas adalah kelompok muda dari segi usianya.

"Organisasi sayap memiliki fungsi second layer jika partai tidak bisa menemukan jalan,” kata Sukur Nababan dalam pengarahannya di acara pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Taruna Merah Putih masa bakti 2019-2024 di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2023). 

Sukur meyakini, dengan sinergitas TMP sebagai sayap partai maka perjuangan PDIP bisa lebih besar lagi dan membangun soliditas yang lebih kuat. Mengingat pesan dari Ketua Umum PDIP Soekarnoputri, soliditas adalah 70 persen dari modal untuk menang.

"Ibu Ketua Umum selalu mengingatkan bahwa soliditas sudah 70 persen kemenangan,” kata Sukur.

3 dari 3 halaman

3 Arahan untuk Taruna Merah Putih

Sebagai informasi, terdapat tiga arahan yang disampaikan Sukur kepada DPP TMP, pertama meminta Taruna Merah Putih untuk loyal terhadap partai. Kedua, agar seluruh pengurus dan kader TMP untuk kompak. Meski ada perbedaan, namun jangan dijadikan alasan sebuah perpecahan. 

"Tujuan kita tak boleh berubah tentu perbedaan-perbedaan yang kita alami membuat partai kita lebih besar, jadi bukan untuk memecah belah kita. Jadi yang kedua itu adalah solid kompak," ujar Sukur. 

Terakhir, fokus dalam pengembangan dan membangun organisasi sesuai AD/ART mulai dari tingkat provinsi hingga ke pimpinan cabang.

Sebab, TMP diibaratkan sebagai laboraturium awal pendidikan agar anggotnya siap menjadi pengurus partai kemudian atau ditugaskan partai dimana mereka berada. 

"Taruna Merah Putih ini adalah sarana sebagai laboraturium pendidikan untuk siap nantinya bisa saja menjadi dewan pimpinan pusat partai atau dewan pimpinan daerah. Pesan Ibu ketum mengatakan turun ke bawah gaet anak-anak muda jelang Pemilu 2024,” dia menandasi. 

Sebagai informasi, acara ini turut dihadiri Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ahmad Basarah, Eriko Sutarduga.Rokhmin Dahuri, Ribka Tjiptaning, dan Wasekjen PDIP Utut Adianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini