Sukses

Potret Andika Perkasa saat Muda: Salaman dengan Bill Clinton dan Rambut Mullet ala David Bowie

Belakangan ini santer muncul nama Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa digadang bakal jadi Ketua Tim Pemenangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini santer muncul nama Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa digadang bakal jadi Ketua Tim Pemenangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat. Djarot membenarkan jika Ketua Pemenangan capres Ganjar Pranowo belum ditentukan. Dia mengatakan, pihaknya masih menjaring tokoh-tokoh yang masuk dalam daftar kandidat.

"Belum. Tim kampanye nasional itu akan dibentuk disusun pasca-pendaftaran, pada saat pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden, itu dimasukkan juga susunan tim kampanye nasional," kata Djarot, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 4 Juli 2023.

Menurut dia, tim pemenangan nantinya akan dibentuk oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Prananda Prabowo, serta partai pengusung Ganjar.

Terkait dengan kabar yang menyebut posisi calon ketua timses Ganjar yang akan diisi oleh Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa atau Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid , Djarot mengaku pihaknya masih dalam tahap komunikasi dengan kedua tokoh tersebut.

Sementara itu, saat Idul Adha lalu, Andika Perkasa menunaikan salat id di bilangan Senayan, Jakarta. Kehadiran Andika Perkasa bersama istri dan anaknya menarik perhatian masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Andika berpesan, semua pihak yang terlibat dalam Pemilihan Umum atau Pemilu Serentak 2024 mulai dari peserta pemilu presiden dan legislatif, masyarakat pemilih dan penyelenggara pemilu tetap mengedepankan semangat persaudaraan dan persatuan.

Diketahui, Andika Perkasa belakangan memang kerap muncul di publik. Salah satunya, hadir di acara Bulan Bung Karno (BBK) di stadion utama Gelora Bung Karno Sabtu 24 Juni 2023.

Sebelumnya Andika Perkasa bersama istri, Hetty Andika Perkasa dan anaknya Andrew Malik Perkasa berziarah ke makam proklamator dan presiden pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur (Jatim).

Ziarah tersebut dilakukan bertepatan dengan hari wafatnya Bung Karno, sekaligus dalam rangkaian acara Haul Bung Karno yang ke-53.

Jenderal TNI (Purn.) Muhammad Andika Perkasa S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. lahir pada 21 Desember 1964 di Bandung, Jawa Barat. Dia sendiri merupakan Panglima TNI ke-21 yang menjabat sejak 17 November 2021 dan pensiun pada 1 Januari 2023.

Usai menamatkan sekolah menengah, Andika memutuskan untuk menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Bersenjata atau Akabri (sekarang bernama Akademi Militer). Dia lulus tahun 1987 dan menjabat sebagai Komandan Peleton Grup 2/Korps Baret Merah (Kopassus).

Andika menikahi Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati pada 1992 dan dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai 3 orang anak. Uniknya tak ada dari mereka yang mengikuti jejak sang ayah untuk menjalani karier di dunia militer.

Berikut sederet potret Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa saat masih muda hingga kini digadang bakal jadi Ketua Timses Capres Ganjar Pranowo dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Andika Perkasa saat masih duduk di kelas 1 Sekolah Dasar atau SD Pax, Jakarta pada tahun 1971.

3 dari 10 halaman

Pada tahun 1974, Andika Perkasa berfoto bersama teman-teman SD.

4 dari 10 halaman

Andika Perkasa saat kelas 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 1981.

5 dari 10 halaman

Andika Perkasa pada tahun 1982 saat masih SMA.

6 dari 10 halaman

Pada tahun 1990, Andika Perkasa berpangkat Letnan Dua sedang berada di Paris dalam rangka Intelligence Strategic Analysis Course.

7 dari 10 halaman

Pada tahun 1994, Andika Perkasa bersama kedua orang tuanya dan 7 bersaudara. Total anak ayah dan ibu Andika Perkasa ada 8.

8 dari 10 halaman

Andika Perkasa saat mengawal Presiden Bill Clinton di APEC 1994, Indonesia pada tahun 1994.

9 dari 10 halaman

Andika Perkasa pada tahun 2012 berpangkat Kolonel dan bertugas di Kodam Jaya.

10 dari 10 halaman

Andika Perkasa saat ini pada 2023 yang digadang bakal menjadi Ketua Timses Capres Ganjar Pranowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.