Sukses

8 Ucapan dari Para Menteri hingga Presiden Jokowi saat Momen Peringatan Idul Adha 1444 Hijriah

Pada hari ini, Kamis (29/6/2023), umat Islam di Indonesia merayakan Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah. Para menteri hingga Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun tak ketinggalan mengucapkan Selamat Idul Adha 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Kamis (29/6/2023), umat Islam di Indonesia merayakan Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah. Para menteri hingga Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun tak ketinggalan mengucapkan Selamat Idul Adha 2023.

Misalnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah untuk seluruh umat Islam di Indonesia.

Airlangga menuturkan, perayaan Idul Adha tahun ini menjadi momentum masyarakat untuk menunjukkan Bangsa Indonesia adalah bangsa yang rukun dan damai.

Dia mendoakan, momen Hari Raya Idul Adha sebagai khazanah dalam mengamalkan ajaran Islam di Indonesia, sehingga masyarakat terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan dan tetap hidup rukun.

"Perayaan Idul Adha juga kita berdo'a untuk Bangsa dan Negara Indonesia, dapat rukun, damai, adil, maju, dan sejahtera,” tutur Airlangga dalam keterangan, Rabu 28 Juni 2023.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md menjadi khatib pada shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Agung Jawa Tengah pada Kamis (29/6/2023).

Dalam khutbahnya, Mahfud mengajak, masyarakat mengutamakan persaudaraan dalam menghadapi tahun politik menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

"Saya sebagai khatib mengajak semua mengisi tahun politik dengan penuh persaudaraan dalam rangka menjaga keutuhan negara Indonesia, jangan bermusuhan secara berlebihan," kata Mahfud Md dilansir dari Antara, Kamis (29/6/2023).

Dan pada tahun ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, dia merayakan momen dengan menyapa masyarakat hingga momong kedua cucunya, Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution.

Jokowi melalui akun Twitter-nya @jokowi juga memaknai momen Idul Adha sebagai wujud rasa syukur, ikhlas, dan berkah kepada Sang Pencipta.

"Dengan berkurban kita mengejawantahkan rasa syukur dan ikhlas atas nikmat dan berkah dari Allah SWT. Semoga menjadi semangat untuk melangkah maju di bawah payung rida dan perlindunganNya," tulis Jokowi di akun @jokowi.

Berikut sederet ucapan Selamat Idul Adha 1444 Hijriah dari para menteri hingga Presiden Jokowi dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Sebut Momen Idul Adha Khazanah Bertoleransi dan Hidup Rukun

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah untuk seluruh umat Islam di Indonesia.

Airlangga menuturkan, perayaan Idul Adha tahun ini menjadi momentum masyarakat untuk menunjukkan Bangsa Indonesia adalah bangsa yang rukun dan damai.

Airlangga mendoakan, momen hari raya Idul Adha sebagai khazanah dalam mengamalkan ajaran Islam di Indonesia, sehingga masyarakat terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan dan tetap hidup rukun.

"Perayaan Idul Adha juga kita berdo'a untuk Bangsa dan Negara Indonesia, dapat rukun, damai, adil, maju, dan sejahtera,” tutur Airlangga dalam keterangan, Rabu 28 Juni 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menuturkan, ada makna keikhlasan yang diajarkan dari peristiwa kurban. Yakni, mengorbankan apa yang kita miliki untuk kepentingan yang lebih besar dari pengorbanan itu sendiri.

Airlangga mengaku, apa yang sudah dilakukan Nabi Ibrahim menunjukkan betapa peristiwa itu harus dilandasi rasa ikhlas karena ketaqwaan sebagai seorang hamba.

"Semoga makna kurban dan keikhlasan ibadah selalu merekat dalam diri kita sehingga dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan, serta rasa syukur kepada Allah SWT,” ujar Airlangga.

Airlangga bersama Partai Golkar dijadwalkan menggelar Shalat Idul Adha di Masjid Ainul Hikmah, Kompleks DPP Partai Golkar di Jakarta Barat, pada Kamis (29/6/2023).

Sholat Idul Adha di DPP Partai Golkar akan menghadirkan Imam Ustadz H Badrul Anwar dengan khotib H Bastian Zulyeno, Ph.D.

 

3 dari 9 halaman

2. Menkopolhukam Mahfud Md Ingatkan Jaga Persaudaraan di Tahun Politik

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md menjadi khatib pada sholat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Agung Jawa Tengah pada Kamis (29/6/2023).

Dalam khutbahnya, Mahfud mengajak, masyarakat mengutamakan persaudaraan dalam menghadapi tahun politik menjelang Pemilu 2024.

"Saya sebagai khatib mengajak semua mengisi tahun politik dengan penuh persaudaraan dalam rangka menjaga keutuhan negara Indonesia, jangan bermusuhan secara berlebihan," kata Mahfud Md dilansir dari Antara, Kamis (29/6/2023).

Menurut Mahfud, adanya perbedaan pandangan politik menjelang pesta demokrasi di Indonesia itu merupakan hal yang wajar.

"Boleh berbeda, tapi begitu pemilu selesai, itulah wakil kita di pemerintahan dan DPRD. Sesudah pemilu, mari kita rukun kembali dan membangun negara Indonesia bersama," ucap Mahfud.

Mantan Hakim Konstitusi itu menambahkan, hidup berbangsa dan bernegara harus kompak meskipun tidak harus sama persis.

"Caranya tidak harus sama, tapi tujuannya harus sama. Saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama," tambahnya.

Dia menyebut, Indonesia merupakan anugerah dan berkah Allah SWT, sehingga wajib dirawat serta dijaga.

"Mari kita rawat berkah Allah kepada kita yang memberikan Indonesia sebagai negara yang merdeka, yang memberikan kebebasan untuk beribadah. Kita jaga Indonesia sebagai bentuk syukur kepada anugerah Allah," ujar Mahfud.

Usai menyampaikan khotbah Shalat Idul Adha 1444 Hijriah, Mahfud menghadiri peresmian Agro Wisata MAJT dan melakukan petik kurma perdana serta menyerahkan sapi kurban secara simbolis.

 

4 dari 9 halaman

3. Menteri Perdagangan Zulhas Ingatkan soal Kurban

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menekankan pentingnya kesalehan sosial berbagi dalam momentum Idul Adha 1444 Hijriah/2023 M atau hari raya Kurban.

Zulkifli Hasan alias Zulhas menegaskan dengan mengedepankan kesalehan sosial berbagi dan pengorbanan maka Indonesia bisa menjadi negara maju.

Hal itu disampaikan Zulkifli Hasan seusai melaksanakan ibadah salat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 M di Masjid Al Husna, Komplek Cipinang Indah, Jakarta Timur, Kamis,(29/6/2023). Masjid Al Husna menggelar sholat Idul Adha 1444 Hijriah di taman Mawar, Komplek Cipinang Indah, Jakarta Timur.

"Kurban itu adalah kesalehan sosial, berbagi intinya. Tanpa pengorbanan tentu apa yang dicita-citakan oleh negeri ini menjadi negara maju 2045 tentu sulit tercapai," kata Zulkifli Hasan.

Menteri Perdagangan atau Mendag RI ini menambahkan untuk membuat Indonesia maju membutuhkan pengorbanan dari pemerintah dan juga masyarakat.

Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa pengorbanan untuk Indonesia maju juga membutuhkan kerja keras, pengabdian dan ikhlas dalam berbagi.

"Pengorbanan dari masyarakatnya, Pemerintah-nya, pengorbanan dalam bentuk kerja keras, pengorbanan dalam berbagi, mengabdi, semua itu baru kita bisa menjadi negara maju," ucap Zulkifli Hasan.

Dalam momentum hari raya Idul Adha 1444 Hijriah ini, Zulkifli Hasan juga mengingatkan, pentingnya untuk sepenuhnya ikhlas dan tunduk kepada Allah SWT.

"Ya ini memberi pelajaran agar kita sepenuhnya ikhlas dan tunduk pada Allah SWT," tandas Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 M bersama sang istri yakni Soraya Mohammad Ali. Zulkifli Hasan datang bersama sang istri datang ke Taman Mawar, Komplek Cipinang Indah, Jakarta Timur, sekitar pukul 06:41 WIB.

Diiringi kumandang takbir, Zulkifli Hasan memasuki shaf jemaah. Zulkifli Hasan yang menggunakan baju koko putih dengan sarung berwarna hijau dan peci hitam langsung menempati shaf paling depan.

 

5 dari 9 halaman

4. Menteri Keuangan Sri Mulyani Ingatkan Pengorbanan Mulia Nabi Ibrahim

Lewat akun Instagram Menteri Keuangan Sri Mulyani @smindrawati turut mengucapkan Selamat Iduladha 1444H melalui unggahan video seperti kartun.

Sri Mulyani menyampaikan, pengorbanan mulia yang dilakukan Nabi Ibrahim a.s telah mengajarkan arti ketulisan dan keikhlasan sesungguhnya. Ini merupakan wujud ketaatan yang amat besar kepada Allah SWT.

"Semoga apapun yang kita kurbankan pada momen Iduladha kali ini mendapatkan berkah dan rida-Nya, memberikan manfaat kepada saudara-saudara kita, serta menjadi ladang pahala bagi kita kelak.. aamiinn.. 🤲🏻," ucapnya.

"Dengan niat yang suci, tulus, dan ikhlas, kita beserah diri untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Sang Khalik," sambung dia.

Ia pun mengucapkan Selamat Merayakan Idul Adha dan memohon maaf.

"Selamat Iduladha 1444 H. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin.. ," tulis Sri.

 

6 dari 9 halaman

5. Menteri Bahlil dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Ucapan Selamat Idul Adha juga disampaikan Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia melalui akun instagramnya.

"Selamat Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah untuk saudara-saudaraku seluruh umat Islam," tulis Bahlil.

Ia menambahkan, dengan perayaan Idul Adha ini diharapkan dapat memperkuat solidaritas dan memberikan makna perenungan.

"Semoga perayaan ini memberikan makna perenungan dan menguatkan ikatan kebersamaan serta solidaritas antar sesama. Selamat menjalankan ibadah kurban, semoga kita semua diberkahi dengan kelimpahan, kesehatan, dan kebahagian," tulis Bahlil.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah juga mengunggah video singkat berisi ucapan Selamat Idul Adha 1444 H di akun Instagram resminya @idafauziyahnu.

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H. Semoga kita menjadi hamba yang mampu meneladani spirit Nabi Ibrahim dan keluarganya dalam hal ketaatan dan keikhlasan kepada Allah SWT," tulis Ida.

 

7 dari 9 halaman

6. Menteri BUMN Erick Thohir dan Menparekraf Sandiaga Uno

Demikian juga Menteri BUMN Erick Thohir. Ia mengunggah ucapan Selamat Idul Adha 1444 H.

"Di hari yang penuh berkah ini, semoga Allah menerima semua ibadah dan pengorbanan kita. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Adha 1444 H ❤️," tulis Erick.

Erick bersyukur di sela-sela aktivitas kunjungan kerja ke Hong Kong masih bisa melaksanakan sholat Idul Adha bersama WNI yang disana.

"Senang sekali bisa salat Eid bersama saudara-saudara WNI di Hong Kong, sekaligus melakukan kunjungan kerja. Toleransi di sini sungguh luar biasa. Alhamdulillah kami dapat beribadah dengan nyaman," ujar dia.

Ada pun sholat berjamaah bersama WNI di Hong Kong ini berlangsung di Indian Recreation Club 63 Caroline Hill Road Sookunpo Valley.

Meskipun matahari sedang terik, tapi hal itu tidak mengurangi kekhusyukan umat Islam Indonesia di Hong Kong untuk menunaikan ibadah sholat Idul Adha. Sebagian jemaah WNI yang sholat membawa payung untuk melindungi diri dari terik matahari.

Disisi lain, Erick menyoroti toleransi antar beragama di Hong Kong. Sebab Erick dan jajarannya bisa melaksanakan sholat Idul Adha dengan nyaman.

"Toleransi di sini sungguh luar biasa. Alhamdulillah kami dapat beribadah dengan nyaman," pungkas Erick Thohir.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menuturkan, Idul Adha menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perputaran ekonomi.

"Banyak peluang usaha dan lapangan kerja baru tercipta, menumbuhkan optimisme kebangkitan ekonomi umat yang dampaknya terasa dari kota hingga pelosok desa," tulis Sandiaga melalui akun instagramnya @sandiuno.

Sandiaga menulis, kurban merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada Allah SWT seperti layaknya kisah Nabi Ibrahim & Nabi Ismail AS yang tunduk dan taat terhadap perintah Tuhan nya.

"Semoga Allah SWT menjadikan kita semua hamba-hamba-Nya yang ikhlas, selalu bersyukur dan bisa bermanfaat bagi orang lain, serta senantiasa berbagi dengan sesama, terutama bagi mereka yang membutuhkan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H," tulis Sandiaga.

 

8 dari 9 halaman

7. Menhan Prabowo Tegaskan Hidup Harus Selalu Berkorban

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melaksanakan sholat Idul Adha 1444 H/2023 M berjamaah bersama warga di Stadion Gelora Mandalamukti Bersatu, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/6/2023).

Berdasarkan siaran pers Kemenhan, Menhan Prabowo tiba di stadion pukul 06.45 WIB dan terlihat mengenakan baju koko berwarna putih dan celana panjang hitam serta peci.

Pada salat Idul Adha ini bertindak sebagai imam H. Dadan Sadeli dan khatib Dr. KH. Asep Rifqi Fuad yang mengangkat tema 'Idul Adha sebagai Implementasi Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS'.

Pada hari Raya Idul Adha ini, Menhan Prabowo menyerahkan hewan kurban di Masjid Jami’ Al Kautsar Kemhan Cawang berupa satu ekor sapi.

Turut hadir mendampingi Menhan Prabowo saat melakukan sholat berjemaah di antaranya, anggota DPR RI Dedi Mulyadi, Komjen Pol Purn Mochamad Iriawan, dan Ketua MUI Kab. Bandung Barat KH. Muhamad Ridwan.

Dalam momen yang berharga tersebut, Menhan Prabowo menekankan pentingnya memaknai Idul Adha sebagai saat yang tepat untuk melaksanakan kurban sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Beliau menegaskan bahwa dalam kehidupan ini, kita harus memiliki keberanian untuk berkorban.

"Bahwa dalam hidup kita harus berani berkorban, apa saja yang bisa diberikan kepada masyarakat, bangsa, dan negara," ujar Prabowo.

Prabowo menjelaskan bahwa memaknai kurban pada Idul Adha dilakukan dalam rangka membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan. Dalam hal ini, melalui kurban, umat Muslim diingatkan untuk saling berbagi dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

9 dari 9 halaman

8. Wapres Ma'ruf Amin dan Presiden Jokowi

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Menyusul ibadah tersebut, dia pun menyerahkan hewan kurban miliknya dan titipan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, berupa sapi limousin kepada Plt. Ketua Harian Masjid Istiqlal Asep Saepudin.

Ma’ruf pun mengajak masyarakat yang berkecukupan untuk menyemarakkan Idul Adha dengan memberikan bantuan melalui penyembelihan hewan kurban, untuk warga kurang mampu.

"Semangat solidaritas membantu masyarakat juga sesuai dengan perintah agama, maka saya mengajak semuanya untuk mari kita meramaikan bukan hanya saja dengan takbir, tetapi juga dengan menyembelih kurban," tutur Ma’ruf di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Ma’ruf juga mengajak masyarakat untuk dapat merayakan Idul Adha dengan penuh kesederhanaan dan rasa syukur atas nikmat dari Tuhan, serta tidak lupa untuk membantu sesama.

"Mari kita rayakan Idul Adha tahun ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khidmat, seraya tetap menyalakan semangat untuk membantu sesama," kata Ma’ruf.

Saat Sholat Id, Wapres mengenakan pakaian bernuansa putih dan sorban senada, lengkap dengan dengan jas hitam. Peci hitamnya pun serasi dengan sarung kuning dan abu-abunya.

Sholat Id di Masjid Istiqlal sendiri dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB. Tampak hadir sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, serta sejumlah Duta Besar Negara Sahabat.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, dia merayakan momen dengan menyapa masyarakat hingga momong kedua cucunya, Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution.

Sekitar pukul 10.30 WIB, Jokowi bersama Sedah Mirah dan Al Nahyan keluar dari Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta. Dia mengajak kedua cucunya itu berjalan menuju halaman depan Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Selain itu, tampak juga kegembiraan mereka ketika berada di atas kereta kuda. Melihat banyak masyarakat yang ada di depan Istana Kepresidenan Yogyakarta, Jokowi melanjutkan dengan menemui dan menyapa masyarakat.

Jokowi melalui akun Twitter-nya @jokowi juga memaknai momen Idul Adha sebagai wujud rasa syukur, ikhlas, dan berkah kepada Sang Pencipta.

"Dengan berkurban kita mengejawantahkan rasa syukur dan ikhlas atas nikmat dan berkah dari Allah SWT. Semoga menjadi semangat untuk melangkah maju di bawah payung rida dan perlindunganNya," tulis Jokowi di akun @jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.