Sukses

Pemprov DKI Bakal Tambah Jalur Sepeda Tahun Ini

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan akan menambah jalur sepeda pada tahun ini. Ia mengatakan, jalur sepeda akan dibangun di permukiman sehingga dapat terhubung dengan jalan utama.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan akan menambah jalur sepeda pada tahun ini. Ia mengatakan, jalur sepeda akan dibangun di permukiman sehingga dapat terhubung dengan jalan utama.

Sebagai informasi, total anggaran yang dialokasikan untuk jalur sepeda tahun ini adalah Rp7,5 miliar. Rinciannya, sebesar Rp2 miliar untuk evaluasi jalur sepeda yang sudah ada, Rp5 miliar untuk pemeliharaan dan tindak lanjut evaluasi, serta Rp500 juta untuk sosialisasi hasil evaluasi.

"Tentu akan ada penambahan. Untuk Rp5 miliar kami peruntukkan untuk tindak lanjut evaluasi tahun ini. Jadi artinya jika ada efektivitas jalur yang kemudian harus ditambah ke jalur pemukiman, misalnya, kita akan tambah tahun ini," kata Syafrin saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (16/6).

Tak hanya itu, Syafrin juga memastikan tahun depan akan ada pemeliharaan jalur sepeda yang sudah dibangun sepanjang 301 km ini. "Tahun depan pun tentu kita akan lakukan dua hal untuk jalur sepeda. Yang pertama ada biaya pemeliharaan, yang tahun 2019 sudah dibangun, tentunya ini perlu dirawat," ujar Syafrin.

"Kemudian juga ada usulan penambahan jalur sepeda. Kami hitung untuk penambahan baru jumlah km yang akan dirawat baru sekitar 20 km. Kemudian untuk penambahannya sedang kami hitung berapa km yang bisa ditambahkan untuk jalur sepeda," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengguna Sepeda Meningkat

Lebih lanjut, Syafrin mengklaim bahwa pengguna sepeda akan meningkat jika jalur sepeda dihubungkan ke permukiman warga.

"Dari evaluasi kami, begitu dibangun jalur sepeda yang terintegrasi secara utuh secara jaringan, terjadi aktivitas masyarakat dalam melakukan kegiatan seharian," ujar Syafrin.

Bahkan, ia mencontohkan di kawasan Fatwamati. Di sana, ada sekolah yang jumlah pengguna sepedanya meningkat karena tersedianya jalur sepeda.

"Guru-gurunya pun melaporkan anak-anak kami sekarang menggunakan sepeda. Artinya, dengan upaya ini, kami harapkan yang harapannya Pak Gubernur ada koneksi dari jalur sepeda ke perumahan-perumahan setempat untuk kegiatan di sekitarnya bisa kita wujudkan," tambah Syafrin.

Sumber: Lydia Fransisca/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.