Sukses

Momen Jokowi Didampingi Prabowo dan Aguan Saat Resmikan RS Tzu Chi di PIK Jakarta Utara

Dalam sejumlah momen, Aguan tanpak menyalami Jokowi. Prabowo juga sempat bersalaman dengan pemilik Agung Sedayu Group itu

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Rumah Sakit (RS) Tzu Chi Hospital di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (14/6/223). Menteri kabinet dan pejabat turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut.

Diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Selain itu, terlihat Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Medika, Sugianto Kusuma atau Aguan, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Tsai Liu Su Mei, dan Direktur Utama Rumah Sakit Tzu Chi Hospital, Gunawan Susanto.

Dalam sejumlah momen, Aguan tanpak menyalami Jokowi. Prabowo juga sempat bersalaman dengan pemilik Agung Sedayu Group itu. Mereka lalu berkeliling rumah sakit t untuk meninjau sejumlah fasilitas dan peralatan canggih yang tersedia.

Peralatan tersebut antara lain Advanced 4D Cardiac MRI 3 Tesla, 4D CT-Scan 512 Slices, 3D Mamografi, rehabilitasi robotik, Elekta Linac Versa HD, PET/CT dan SPEC/CT, serta kamar operasi _hybrid_ yang dilengkapi dengan CT-Scan dan Robotic C-Arm sehingga mempermudah jalannya operasi dan meningkatkan keselamatan pasien.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi pembangunan rumah sakit yang dinilainya memiliki peralatan yang modern dan canggih.

"Saya sangat menghargai pembangunan rumah sakit ini, rumah sakit dengan kapasitas 576 kamar, dengan sarana dan prasarana, peralatan rumah sakit yang begitu sangat canggih," ujar Jokowi.

Menurutnya, kehadiran rumah sakit canggih dan modern diharapkan dapat mengurangi jumlah masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri. Sebab, hampir 1 juta orang Indonesia pergi berobat ke luar negeri setiap tahunnya yang berimbas pada hilangnya devisa negara.

"Kita kehilangan devisa karena bayarnya ke luar negeri, kehilangan devisa 11,5 miliar US dollar, Rp170 triliun hilang gara-gara berobat ke luar negeri. Sekarang stop, pergi saja ke Tzu Chi Hospital," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tzu Chi Hospital Memiliki Lima unggulan

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama Rumah Sakit Tzu Chi Hospital, Gunawan Susanto, menjelaskan bahwa Tzu Chi Hospital memiliki lima unggulan yakni pelayanan sumsum tulang, pelayanan paliatif, pelayanan untuk kanker, pelayanan ibu dan anak, dan pelayanan penyakit stroke.

Selain itu, RS juga menyediakan fasilitas layanan satu atap (one stop service) untuk memudahkan pasien dan keluarga.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.