Sukses

Pegiat Lingkungan Nyatakan Indonesia Perlu Sosok Gus Imin

Keberpihakkan lingkungan bagi calon pemimpin nasional, merupakan syarat mutlak. Saat ini ancaman terhadap kelestarian alam semakin nyata. Utamanya dari dampak perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Kaum muda Pegiat Lingkungan di Banyuwangi mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) untuk maju sebagai calon presiden (capres) tahun 2024. Mereka menilai sosok Gus Imin dan PKB mempunyai rekam jejak kuat terkait keberpihakkan terhadap kelestarian lingkungan.

Pegiat lingkungan yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Pegiat Lingkungan Blok M tersebut mendeklarasikan dukungan terhadap Gus Imin di tepi sungai Congrong, Kecamatan Rogojampi. Sebelum deklarasi mereka melakukan giat bersih-bersih di salah satu sungai besar di Kabupaten Banyuwangi tersebut.

"Saat ini, kami yang tergabung sebagai Pegiat Lingkungan Banyuwangi terus melakukan konsolidasi kepada komunitas-komunitas pecinta alam, dan akan menggaungkan nama Gus Imin sebagai Presiden 2024, terutama di Banyuwangi," tutur Koordinator Komunitas Pemuda Pegiat Lingkungan Blok M, Sutikno di Banyuwangi, Jumat, (9/6/2023).

Di mata Sutikno, Gus Muhaimin adalah sosok tepat memimpin Indonesia. Pasalnya Wakil Ketua DPR RI itu selain sarat pengalaman politik, juga diyakini punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

"Kita semua tahu Gus Muhaimin ini begitu peduli terhadap lingkungan. Banyak program dan gagasannya tentang lingkungan yang menjadi acuan nasional, seperti misalnya Nusantara Menanam, beliau juga menggagas politik hijau yang tentu baik untuk masa depan Indonesia," tuturnya.

Keberpihakkan lingkungan bagi calon pemimpin nasional, kata Sutikno merupakan syarat mutlak. Menurutnya saat ini ancaman terhadap kelestarian alam semakin nyata. Utamanya dari dampak perubahan iklim.

“Intensitas bencana alam baik berupa bencana hidrometeorologi maupun gempa bumi dalam beberapa tahun semakin tinggi. Belum lagi dengan kenaikan suhu global yang sudah di atas rata-rata,” katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemimpin Harus Punya Concern terhadap Lingkungan

Fenomena ini, kata Sutikono, jika tidak disikapi serius oleh pemerintah bersama komunitas global akan memberikan dampak sangat berbahaya bagi rakyat. Maka syarat pemimpin nasional ke depan adalah mereka yang mempunyai concern besar terhadap upaya meminimalkan dampak perubahan iklim.

“Kami menilai Gus Imin mempunyai concern besar terhadap isu ini, bahkan beliau hadir secara langsung di forum COP di Madrid untuk berupaya bersama komunitas internasional menurunkan dampak perubahan iklim,” katanya.

Di sisi lain, ia menilai tak banyak tokoh nasional yang punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan seperti Gus Imin. Sebab itu ia optimistis masa depan Indonesia akan tetap hijau dan lestari jika dipimpin oleh Gus Imin.

"Faktanya jarang banget tokoh yang peduli lingkungan, yang banyak itu malah pro pembalakan liar, hutan kita dirusak. Nah, saya kira Gus Muhaimin ini jawaban konkret untuk masa depan lingkungan kita, masa depan Indonesia agar tetap hijau dan menjadi paru-paru dunia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.