Sukses

Kasus Penembakan Habib Bahar Masih Diproses, Hasil Visum Jadi Bukti

Kepolisian masih terus berupaya untuk memastikan kasus penembakan Habib Bahar bin Smith oleh orang tak dikenal (OTK). Pihak aparat juga telah menyerahkan hasil visum kepada dokter forensik yang menangani.

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian masih terus berupaya untuk memastikan kasus penembakan Habib Bahar bin Smith oleh orang tak dikenal (OTK). Pihak aparat juga telah menyerahkan hasil visum kepada dokter forensik yang menangani.

"Dokter yang menerangkan hasil visum dan dituangkan dalam BA sehingga menjadi alat bukti," ujar Kapolres Bogor, AKBP Imam Imanuddin saat dikonfirmasi, Minggu (21/5/2023).

Imam menerangkan bahwa dugaan peristiwa penembakan yang dialami Habib Bahar hingga saat ini masih terus berjalan. Sejauh ini sudah ada pemeriksaan dengan barang bukti terkait dan keterangan saksi.

"CCTV dan saksi-saksi terus kami lakukan konfirmasi, kami terus melakukan secara scientific crime investigation," ujar Imanuddin.

Imanuddin juga meminta kepada semua pihak bersabar untuk memastikan apakah peristiwa yang menimpa penceramah fenomenal tersebut betul adanya.

Informasi dihimpun, pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin itu ditembak pada Jumat, 12 Mei 2023 antara pukul 08.00 atau 09.00 WIB.

Saat itu, Habib Bahar bin Smith sedang mengendarai mobil, lalu merasa ada yang aneh pada mobilnya, kemudian memeriksa kondisi mesin mobilnya. Saat dia keluar mengecek mesin mobil terjadilah penembakan.

Laporan atas dugaan kasus penembakan terhadap Habib Bahar bin Smith sudah masuk ke pihak kepolisian.

"Kami sudah menerima laporan yang disampaikan Habib Bahar kepada pihak kepolisian, dan saat ini kami sedang menindaklanjuti laporan tersebut," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin saat dikonfirmasi, Senin (15/5/2023).

Iman mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim penyelidikan dan penyidikan untuk menangani laporan tersebut. Kepolisian juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Kami sudah olah TKP dan akan meminta keterangan terhadap saksi-saksi yang mengetahui kejadian tersebut," ujar Iman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Belum Temukan Jejak Peristiwa Penembakan Habib Bahar bin Smith

Polisi belum menemukan adanya selongsong proyektil atau bukti lain yang mengarah ke insiden penembakan Habib Bahar Bin Smith. Selain ada luka yang dialami Bahar saat melaporkan kasus penembakan ke polisi.

"Tidak ditemukan ada proyektil rekan Sayyid Bahar datang ke Polsek hari Sabtu, saat sudah diobati dan luka tertutup perban dan (sesuai keterangannya) peristiwanya Jumat," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo kepada wartawan, Senin (15/5/2023).

Sebagaimana laporan polisi yang dibuat ke Polsek Kemang, untuk selanjutnya ditangani ke Polres Bogor dengan nomor LP/--/B/V/2023/SPKT/POLSEK KEMANG/POLRES BOGOR/POLDA JABAR.

Atas hal itu, Ibrahim melanjutkan, ke depannya Habib Bahar bin Smith akan kembali diperiksa untuk mendalami kasus ini. Namun, dia tak merinci kapan sosok penceramah ini kembali dimintai keterangan.

"Kemudian yang kedua memang tidak ada saksi dari insiden itu. Semua informasi yang didapat dari keterangan-keterangan awal, itu akan kita lakukan penelusuran dulu. Termasuk juga karena visum belum keluar, makanya kita masih menunggu hasil visum (Bahar Smith)," kata Imanuddin.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.